window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Tapi Semewah Alphard dan Staria, Mungkinkah GAC GN8 Master Edition juga Masuk Indonesia?

Prasetyo · 4 Okt, 2021 12:38

GAC GN8 Master Edition

Kalau ngomongin MPV mewah pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah Toyota Alphard. Namun belakangan ini muncul pemain baru, Hyundai Staria yang juga tak kalah mewah dari Alphard. Dan ternyata Staria tidak sendirian untuk menantang MPV Premium Toyota itu, Guangzhou Automobile Group (GAC) juga sudah memperkenalkan GN8 Master Edition.

GAC GN8 Master Edition sebenarnya merupakan jelmaan lain dari Trumpchi GM8 Master yang sudah dirilis tahun lalu di Beijing. Entah apa maksud penamaan Master Edition, tapi yang jelas, GAC menawarkan paket MPV 7 penumpang dengan polesan ornamen serba mewah, dan tentunya disuntik beragam teknologi premium bahkan lebih baik dari Trumpchi GM8.

Tampilan Masih Mirip Toyota Alphard

GN8 Master Edition -1

Bagian depan mirip Alphard gen 3

Karena memang ditargetkan guna menggusur dominasi Toyota Alphard, maka penampilan GAC GN8 Master Edition masih ada kemiripan dengan kembaran Toyota Vellfire itu. Terutama di bagian facianya. Lihat saja bentuk lampu utama yang masih ada kemiripan, namun GN8 punya headlamp lebih besar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kemudian gril vertikal besar yang diberi finishing krom juga mungkin masih terinspirasi dari Alphard generasi ketiga. Begitu pula lekuk bemper depan yang juga ada kemiripan, hanya saja pada sudut kiri dan kanannya diberi foglmap LED berbentuk segitiga.

Baca juga : Selisih Rp28 Juta, Ini Bedanya Toyota Vellfire dengan Toyota Alphard

Di Belakang Terlihat Agresif

GAC GN8 Master Edition -1

Tarikan desain bemper belakang terlihat agresif

Uniknya dari GN8 Master Edition adalah antara tampilan depan dan belakang seperti beda konsep. Kalau di depan menonjolkan nuansa luxury, maka tampak belakang lebih menonjol sisi sporty.

Lihat saja bagaimana desain lampu belakang dibuat menyatu antara kanan dan kiri. Dan dibagian tengah itu bukan sekedar garnish, namun menjadi lampu rem yang saling berkaitan dan sudah pakai LED. Kemudian lekuk pintu bagasi juga dibuat cukup tegas. Lantas di bemper ditambah dua diffuser untuk turut memperkuat sisi sporti dari mobil ini.

Interior Mirip Kabin Pesawat Jet pribadi

GAC GN8 Master Edition Interior

Kokpitnya juga futuristik

GN8 Master Edition memang diciptakan untuk para konsumen-konsumen dalam golongan master alias yang sudah sangat kaya raya. Sehingga GAC merasa wajib memberikan yang terbaik. Untuk itulah GN8 diberikan jok tiga baris yang semuanya dibekali armrest dan dilapis kulit kualitas nomor wahid.

Namun yang lebih istimewa ada pada bagian jok baris kedua. Karena sudah pakai fitur pemanas dan ventilasi. Kemudian sandaran kepala dan sandaran kaki juga bsia diatur secara elektrik. Dan supaya penumpang belakang merasa rileks selama perjalanan, sandaran punggungnya juga sudah ada fitur pemijat elektrik.

Fitur Lebih Premium dari Alphard

GAC GN8 Master Edition -4

Kabinnya manjakan penumpang hingga baris ketiga

Bukan cuma dari bangkunya yang dibuat spesial, namun keseluruhan ruang kabin mobil ini juga sangat bernuansa luxury. Misalnya saja atap mobil ini sudah sebagian besar terbuat dari kaca berkat keberadaan panoramic sunroof.

Lalu sistem AC pun telah mengadopsi sistem 3 Zone sehingga pengemudi, penumpang depan, serta penumpang belakang bisa mengatur suhu secara personal. Kemudian sistem AC ini pun dilengkapi air purifier yang bisa mengurangi peredaran debu, kuman, dan virus di kabin mobil.

GAC GN8 Master Edition -5

Pesaing baru Toyota Alphard

Lantas di sekeliling interior juga ada LED ambient light yang pilihan warnanya ada 32 macam untuk disesuaikan dengan selera pemilik atau suasana hatinya. Lantas di bagian tengah dasbor juga layar infotainment yang telah mendukung Apple CarPlay. Sumber hiburan ini pun sudah terpasang dengan 8 sepaker kualitas premium dari Harman Kardon.

Baca juga : Bedah Fitur Unggulan Hyundai Staria 2021 yang Bikin Pemilik Alphard Nangis

Harganya Lebih Murah dari Alphard, Staria dan Odyssey

Untuk sumber tenaganya, GAC GN8 Master Edition menggunakan mesin bensin berkapasitas 2.0-liter dengan tambahan Turbocharger. Mesin tersebut diklaim sanggup menghasilkan tenaga 199 PS dengan torsi 320 Nm. Tenaga itu kemudian disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan sequential.

GAC GN8 Master Edition -6

Berpeluang masuk ke Indonesia?

GAC menawarkan GN8 edisi Master ini dengan harga cukup Rp830 jutaan. Jauh lebih murah dibanding harga Toyota Alphard termurah di Indonesia yang ada di kisaran Rp1 miliar. Juga masih lebih murah dari harga Hyundai Staria Signature 9 dan Honda Odyssey yang sama-sama dibanderol Rp888 juta.

Mungkinkah Masuk juga ke Indonesia?

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal tulisan ini, kalau GN8 Master Edition merupakan jelmaan lain Trumpchi GM8 di Cina. Mobil ini berubah nama ketika dipasarkan di Filipina. Itu berarti GAC pun mulai memasarkan mobil ini untuk negara-negara lain di Asia.

Apakah itu berarti ada kemungkinan Indonesia juga jadi target pasar Trumpchi GM8? Mengingat belakangan ini brand Tiongkok terus agresif masuk ke pasar dalam negeri seperti Chery dan Great Wall Motors (GWM) yang akan membawa Haval.

Baca juga : 3 Mobil Cina Ini Mirip Banget Toyota Alphard, Harganya Ada yang Setara Avanza

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil