window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan!

Yongki Sanjaya · 14 Sep, 2021 14:30

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan! 01

Pamor Isuzu MU-X seolah tenggelam di antara dominasi Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Padahal dari sisi harga, Isuzu MU-X i-Series lebih terjangkau ketimbang Toyota Fortuner 2.4 G. Padahal Fortuner ini sudah 'murah' karena mendapat diskon PPnBM, sedangkan MU-X tidak.

Lantas, kenapa produk SUV besutan Isuzu ini lebih pantas dimiliki? Jawabannya sederhana, karena harga lebih murah tapi fiturnya tak kalah mewah dibandingkan merek tetangga. Sebagai merek kawakan, Isuzu jelas tidak bisa dianggap remeh soal kualitas produknya.

Untuk saat ini Isuzu MU-X cuma tersedia dalam satu varian yaitu MU-X A/T i-Series, dengan harga Rp475.000.000. Sementara itu, Fortuner 2.4 G AT diesel dijual seharga Rp518.400.000, selisihnya mencapai Rp43,4 jutaan lho. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Isuzu MU-X ini tak mendapat relaksasi PPNBM karena merupakan produksi Thailand. Selain itu, Isuzu juga menjadi merek lawas dan sudah memiliki jaringan purna jual yang tersebar luas.

Lantas, apa saja poin menarik yang ada di Isuzu MU-X i-Series ini? Mari kita bahas lebih detil.

Mesin Diesel Tangguh di Isuzu MU-X i-Series, Bisa Pakai Solar Bersubsidi

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan! 01

Mesin Isuzu MU-X meskipun modern tapi masih bisa memakai bahan bakar Solar B20. Sebab, tidak semua SPBU telah menyediakan solar non subsidi untuk mendukung mesin diesel commonrail. 

Tidak perlu khawatir melakukan perjalanan ke kota-kota pelosok, karena mesin Isuzu MU-X mampu menyesuaikan dengan bahan bakar yang ada di Indonesia. Isuzu telah membekali MU-X dengan filter ganda dan Diamond Like-Carbon pada sistem bahan bakarnya.

Isuzu MU-X 4x2 i-Series didukung mesin Turbo Diesel Isuzu 4JKl-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail. Tenaga yang dihasilkan sebesar 136 PS dan torsi flat 320 Nm/1.800-2.800 rpm. Mesin MU-X ini juga didukung sistem Turbocharge lntercoolcd VGS (Variable Geometry System).

Fitur Modern di Interior Isuzu MU-X i-Series, Bikin Betah Selama Perjalanan

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan! 02

Faktor lainnya yang membuat MU-X ini menarik untuk dipilih ialah ketersediaan fiturnya yang cukup oke. Pada sisi pengemudi terdapat pengaturan setir yang bisa diatur tingkat ketinggian. Pada palangnya terdapat tombol untuk audio dan cruise control di sisi kiri. Pengaturan mode Hill Descent Control juga ditempatkan di dashboard sisi kanan pengemudi. 

Instrument cluster digital digunakan untuk MID, sedangkan untuk speedometer dan takometer masih bergaya analog. Untuk fitur hiburan didukung sistem audio 8 inci terintegrasi di area dashboard, dengan koneksi USB, Aux, Bluetooth, dan memiliki fitur tambahan Radio dan DVD. Menariknya, Isuzu MU-X i-Series memiliki fitur speaker di 8 titik dan bahkan ada di bagian atap.

Pengaturan jok pengemudi telah memakai sistem elektrik, sedangkan untuk penumpang depan masih manual. Kemudian akses ke jok baris ketiga tetap nyaman dan mudah karena menggunakan one-touch tumble.

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan! 03

Untuk fitur dukungan berkendara, terdapat Cruise Control yang sudah ada untuk tipe terbawah keluarga Isuzu MU-X ini. Cruise control cukup membantu saat berada di tol yang lenggang, tinggal aktifkan dan mobil akan menjaga kecepatan di tingkat yang kita inginkan. 

Hal yang sedikit disayangkan yaitu untuk buka tutup masih manual tanpa ada tombol untuk buka tutup bagasi secara elektrik. Fitur ini ada di tipe tinggi Isuzu MU-X yang sudah tak lagi dijual oleh Isuzu Astra Motor Indonesia.

Harga Murah, Fitur Keselamatan di Isuzu MU-X i-Series Cukup Oke

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan! 04

Walaupun dijual dengan harga paling murah di antara para kompetitornya, namun Isuzu MU-X i-Series sudah proporsional soal fitur keselamatan. MU-X disokong kantung udara ganda dan sabuk keselamatan tiga titik di tiap baris. Pada bagian rem, Isuzu MU-X sudah menggunakan rem cakram pada seluruh rodanya.

Fitur keselamatan cukup lengkap dengan adanya fitur-fitur ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Control), TCS (Traction Control System), dan juga HSA (Hill Start Assist) dan HDC (Hill Descent Control). 

HSA dan HDC membantu pengemudi dengan cara mengontrol rem untuk tetap pada kecepatan rendah saat melalui jalanan menurun. Ini membuat Isuzu MU-X semakin aman untuk dikendarai di medan sulit sekalipun.

Toyota Fortuner 2.4 G AT Diesel, Harga Mahal Apakah Lebih Unggul?

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan! 05

Hal yang membuat Toyota Fortuner cukup laku di pasaran karena mesinnya yang punya tenaga lebih besar. Mesin diesel pada Fortuner berkode 2GD-FTV dengan kapasitas 2.393 cc, 4 silinder. 

Mesin ini sudah memakai variable nozzle turbo (VNT), yang membuat tenaga yang dikeluarkan mencapai 149,4 ps @3.400 rpm dengan torsi maksimal 400 Nm @1.600-2.000 rpm.

Diesel menjadi mesin yang paling banyak dipilih oleh konsumen, karena bertenaga besar dan diklaim lebih hemat bahan bakar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya varian Fortuner yang hadir dengan mesin diesel.

Bagaimana dengan kelengkapan fitur di Fortuner tipe bawah ini, apakah cukup lengkap?

Karena 2.4 G ini masuk sebagai tipe basic, artinya fitur yang ada tak selengkap VRZ atau SRZ. Interiornya masih memakai bahan fabric untuk pembungkus jok, sedangkan tipe diatasnya memakai kulit.

Pada instrumen dashboard pengemudi, terdapat ada New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display. Makin nyaman berkendara, karena Fortuner 2.4 G dibekali spion anti silau. 

Fitur modern yang ada di tipe bawah ini terbilang lengkap, antara lain wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel. Head unit with 9 Inch Screen Display yang memiliki konektivitas Miracast dan SDL, voice command, surround monitor siap memanjakan pengendara selama perjalanan.

Fitur Keselamatan di Fortuner 2.4 G Lebih Oke

Mending Pilih Isuzu MU-X i-Series Daripada Toyota Fortuner 2.4 G, Harga Lebih Murah Rp43 Jutaan! 06

Surround monitor tidak hanya dapat membantu ketika parkir saja, tapi juga menghadirkan beberapa fitur. Sebut saja Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area jalur New Fortuner.

Tidak cuma itu, Fortuner 2.4 G juga memiliki Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC). Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) membuatnya mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat.

Kesimpulan

Selisih harga yang lebih dari Rp40 jutaan membuat Isuzu MU-X jadi terlihat murah bila dibandingkan Toyota Fortuner tipe basic ini. Dengan segala kekurangan yang dimiliki MU-X, kita bisa sangat memaklumi karena selisih harganya lumayan jauh. 

Bila dibandingkan, Fortuner hanya sedikit lebih unggul dari sisi teknologi head unit dan fitur keselamatan. SUV andalan Toyota ini bahkan belum memiliki cruise control yang membuat pengemudi lebih santai saat berkendara jarak jauh di jalan tol. Styling interiornya jelas kalah  mewah karena memakai material fabric pada joknya. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil