window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai DNGA, Toyota Agya 2023 Akan Disuntik Teknologi Hybrid dan Listrik

Herdi · 14 Feb, 2023 18:06

Pakai DNGA, Toyota Agya 2023 Akan Disuntik Teknologi Hybrid dan Listrik 01

Setelah 10 tahun, Toyota Agya 2023 akhirnya mengalami evolusi. Ya, All New Toyota Agya kini terlihat lebih sporty, dengan berbagai perubahan disemua sektor.

Namun disela peluncuran Toyota Agya terbaru, muncul pertanyaan kapan mobil Low Cost Green Car (LCGC) tersebut jadi kendaraan elektrifikasi, baik hybrid atau listrik. Mengingat model terbaru ini sudah menggunakan platform anyar Daihatsu New Global Architecture (DNGA) ditambah perkembangan elektrifikasi semakin cepat. 

Baca juga: Toyota Agya 2023 Resmi Diperkenalkan, Spesifikasinya Berubah Total!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Agya GR Sport

World Premiere Toyota Agya GR Sport

Menanggapi hal tersebut, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation Toshihiro Nakaho mengatakan, bahwa saat ini Toyota masih mempertimbangkan penggunaan teknologi hybrid pada Toyota Agya, seperti Toyota Raize di Jepang. 

“Dari sisi teknis, platformnya sama dengan SUV (Sport Utility Vehicle) di kategori A yaitu Raize. Jadi, model itu (All New Agya) punya potensi untuk mengaplikasikan sistem hybrid kepunyaan Raize,” ungkap Toshihiro di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Toyota Agya

Sejumlah manajemen Toyota hadir dalam world premiere Toyota Agya 

Hanya saja Toshihiro tak menampik, untuk mengaplikasikan teknologi hybrid pada lini produk terbaru harus dipikirkan tidak hanya menyoal teknis, tetapi banyak aspek lainnya termasuk biaya. 

"Hatchback ini (Toyota Agya) adalah entry model. Jadi, biaya (harga) tinggi tidak diterima oleh para penggunanya. Isu kedua terkait bagaimana suplai baterainya. Jadi, kami harus mempertimbangkan dari sisi teknis, produksi, hingga profitabilitas,” jelas Toshihiro. 

Baca juga: Suspensi dan Sistem Kemudi Toyota Agya 2023 Berubah, Jadi Lebih Agresif Selap-Selip?

Toyota Agya 2023 Tak Hanya Hybrid, Tapi Juga Listrik

Pakai DNGA, Toyota Agya 2023 Akan Disuntik Teknologi Hybrid dan Listrik 03

Daihatsu Ayla EV

Hal ini juga disampaikan Vice President Director Henry Tanoto, menurut dia tidak menutup kemungkinan ke depan Toyota Agya bisa menggunakan hybrid.  "Tapi coba cek lagi ya. Karena sekarang menuju ke teknologi lebih variasi, kemungkinannya sangat ada," ucap Henry.

Namun Henry sendiri menyatakan, tidak hanya hybrid bahkan secara keseluruhan Toyota juga ingin produknya menuju elektrik atau listrik.

Pakai DNGA, Toyota Agya 2023 Akan Disuntik Teknologi Hybrid dan Listrik 04

Ada Ayla EV kapan muncul Agya EV?

"Tapi kan harus melihat banyak faktor yang harus kita consider, kebutuhan masyarakat, dan lain-lain. Tapi intinya Toyota selalu membuat introduction mobil baru, perubahan-perubahannya, bener-bener memperhatikan kebutuhan masyarakat. Jadi kita harus lihat ke sana," ucap Henry.

Namun detail waktunya Toyota akan merubah Toyota Agya ke hybrid atau listrik, Henry belum bisa menjawabnya. 

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Toyota Agya 2023 vs Generasi Sebelumnya, Ganti Mesin Jadi Lebih Baik?

Pakai DNGA, Toyota Agya 2023 Akan Disuntik Teknologi Hybrid dan Listrik 05

Seperti diketahui, jika benar Agya bisa dibenamkan teknologi hybrid, maka  hal tersebut tentu jadi perubahan yang luar biasa. Pasalnya Toyota sendiri termasuk memiliki banyak memiliki mobil dengan double mesin, seperti Toyota Camry Hybrid, C-HR Hybrid Corolla Cross Hybrid, Altis Hybrid, dan juga Kijang Innova Zenix hybrid.

Bahkan di tahun ini kabarnya Toyota akan kembali menghadirkan mobil hybrid untuk lini produknya. Dikabarkan, calon mobil hybrid Toyota adalah segmen B. Itu artinya kemungkinan besar Toyota Rush. Karena mobil tersebut sudah waktunya mengalami perubahan. 

Pakai DNGA, Toyota Agya 2023 Akan Disuntik Teknologi Hybrid dan Listrik 06

bZ4X mobil listrik pertama Toyota di Indonesia

Adapun untuk mobil listrik, Toyota hanya memiliki satu jenis yaitu Toyota bZ4X. Menariknya, meski dibanderol cukup mahal di atas Rp1 Miliar, namun mobil tersebut dikabarkan sudah banyak mendapatkan pesanan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia