window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pengalaman Berkendara Toyota Camry VS Honda Accord

Anissa · 2 Agu, 2020 09:00

Pengalaman Berkendara Toyota Camry VS Honda Accord 01

Mobil Toyoya Camry adalah salah satu model mobil yang mengisi segmen sedan premium di Indonesia. Mobil sedan yang satu ini sudah cukup lama berada di dunia otomotif. Di Indonesia, mobil ini pertama kali hadir pada tahun 1998 sebagai penerus Toyota Corona Absolute yang pada saat itu telah berhenti diproduksi.

Sebagi mobil sedan premium, mobil Toyota Camry sangat identik dengan kemewahan. Maka tidak heran jika pengalaman berkendara yang diberikannya juga terasa sangat nyaman dan mewah. Tetapi ternyata, Toyota Camry bukanlah satu-satunya mobil yang memberikan pengalaman berkendara seperti ini.

Mobil Toyota Camry tersedia dalam 3 varian,yakni mobil Toyota Camry 2.5 V A/T, Toyota Camry 2.5 G A/T, dan Toyota Camry Hybrid A/T. Harga Toyota Camry berkisar dari Rp 642 juta, Rp 675 juta hingga Rp 842 jutaan. Ini merupakan harga Camry 2020. Kepopularitas mobil Toyota Camry sangat tinggi, saat ini masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas. Harga Camry bekas bervarian dan tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam segmen sedan premium, mobil Honda Accord disebut-sebut sebagai saingan utama Toyota Camry. Selain karena kedua mobil ini memiliki dimensi bodi yang tidak jauh berbeda, performa yang dihasilkan oleh kedua model mobil ini juga hanya memiliki perbedaan yang tipis.

Bicara soal pengalaman berkendara, Honda Accord juga tidak kalah mewah dengan Toyota Camry, tetapi di antara kedua model mobil ini, manakah yang kira-kira lebih unggul?

Pengalaman Berkendara Toyota Camry

Sebelum berbicara lebih dalam tentang pengalaman berkendara dari mobil Toyota Camry, mari kita bahas soal mesinnya terlebih dahulu. Mesin yang digunakan Toyota Camry adalah mesin 4 silinder berkapasitas 2,5 liter yang dipadukan dengan transmisi otomatis.

Pengalaman Berkendara Toyota Camry VS Honda Accord 01

Performa yang dihasilkan mesin ini juga bisa dibilang cukup baik. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat tabel spesifikasi berikut ini.

Toyota Camry
Mesin 2AR-FE, 4 silinder segaris
Transmisi Transmisi Otomatis 6 Percepatan Sequential
Kapasitas Mesin 2,5 liter (2.494 cc)
Power Output 180 HP @ 6.000 rpm
Torsi 234 Nm @ 4.100 rpm
Sistem Penggerak Front Wheel Drive

Rasio kompresi Toyota Camry sendiria ialah sebesar 10,8:1 untuk varian tertingginya. Angka rasio kompresi yang cukup tinggi ini memungkinkan suhu pembakaran yang sama dicapai dengan lebih sedikit bahan bakar, sehingga pembakaran lebih efisien. Alhasil, tenaga yang dikeluarkan lebih besar, tetapi tetap hemat bahan bakar.

Performa Toyota Camry yang baik ini didukung dengan penggunaan suspensi depan Mac Pherson Strut dan suspensi belakang Dual Link. Penggunaan suspensi ini membuat Toyota Camry memiliki kestabilan yang baik dan mampu meredam guncangan pada jalan yang bergelombang atau tidak rata. Dimensinya yang lebih rendah juga meningkatkan sisi aerodinamis dan mengoptimalkan proses akselerasi.

Untuk menjamin keselamatan saat berkendara, Toyota Camry dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Fitur keselamatan aktif Toyota Camry antara lain Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, sensor parkir, Rearview Camera, Vehicle Stability Control System, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitoring System (BSM).

Sementara untuk keselamatan pasifnya, Toyota Camry memiliki Dual Front SRS Airbags, Front Side Airbags, Curtain Airbags, dan Knee Airbags. Tidak hanya itu, pada mobil ini juga disematkan Child Safety Locks dan ISOFIX untuk menjamin keamanan penumpang anak-anak.

Pengalaman Berkendara Toyota Camry VS Honda Accord 02

Sebagai fitur hiburan dan konektivitas, Toyota Camry mengandalkan Integrated multimedia touch screen berukuran 9 inci berupa head up display dengan sistem audio terkini dari JBL. Kursi di barisan belakangnya juga sudah dilengkapi kemampuan reclining./p>

Selain itu, mobil ini juga memiliki pengaturan AC triple zone. Demi memberikan pengalaman berkendara yang semakin mewah, disematkan pula beberapa fitur termutakhir, seperti fitur touchscreen convenient rear seat control dan electric sunroof.

Pengalaman Berkendara Honda Accord

Sebagai jantung mekanisnya, mobil sedan Honda Accord mengandalkan mesin 4 silinder yang dikawinkan dengan transmisi CVT wit Earth Dream Technology. Transmisi ini disebut bisa memaksimalkan performa kendaraan. Hal ini terbukti benar, karena keluaran tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin mobil  Honda Accord lebih besar dibanding Toyota Camry, meskipun kapasitas mesinnya lebih kecil.

Agar lebih jelas, mari kita lihat spesifikasinya pada tabel berikut ini.

Honda Accord
Mesin 4 silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW
Transmisi Transmisi Otomatis CVT with Earth Dream Technology
Kapasitas Mesin 1,5 liter (1.498 cc)
Power Output 187 HP @ 5.500 rpm
Torsi 260 Nm @ 1.600-5.000 rpm
Sistem Penggerak Front Wheel Drive

Rasio kompresi mobil Honda Accord adalah 10,5:1, sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Toyota Camry. Meskipun demikian, ternyata tenaga dan torsi yang dimiliki Honda Accord ini mengungguli Toyota Camry. Hal ini menunjukkan bahwa pembakaran pada mesin Honda Accord lebih efisien.

Suspensi depan yang digunakan oleh mobil Honda Accord sama dengan Toyota Camry, yakni suspensi MacPherson Strut. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, mobil ini menggunakan suspensi multi link.

Mobil Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian. Harga mobil Honda Accord dibanderol dengan biaya sebesar Rp 734 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Accord di tahun 2020.

Pengalaman Berkendara Toyota Camry VS Honda Accord 03

Sama seperti pesaingnya di atas, Honda Accord juga memiliki berbagai fitur keselamatan aktif seperti Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, sensor parkir, Rearview Camera, Vehicle Stability Control System. Bedanya, Honda Accord memiliki fitur Hill Start Assist.

Fitur keselamatan pasif yang dimiliki Honda Accord juga hampir sama dengan Toyota Camry. Sedan premium besutan Honda ini dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Child Safety Locks, serta ISOFIX.

Tidak hanya itu, terdapat pula beberapa fitur tambahan yang mendukung keamanan dan kelancaran berkendara. Ada fitur Cruise Control yang bisa membawa kendaraan melaju secara konstan tanpa menginjak pedal gas terus menerus.

Pengalaman Berkendara Toyota Camry VS Honda Accord 04

Ada pula fitur Drive by Wire yang dapat memberikan sistem kemudi secara bertahap untuk melakukan perpindahan transmisi maupun pengoperasian AC demi menghasilkan performa maksimal. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur Lane watch yang dapat meningkatkan visibilitas pada bagian samping kendaraan dan meminimalisir blind spot.

Untuk fitur hiburannya, mobil sedan Honda Accord mengandalkan Advanced Capacitive Touchscreen Display berukuran 8 inci. Selain itu, sistem navigasi juga tidak absen disematkan pada mobil ini.

Kesimpulan

Jika kita melihat pada aspek performa mesin New Accord dan Toyota Camry, Honda Accord jelas mengungguli performa mobil Toyota Camry. Adapun harga jual Toyota Camry ataupun Honda Accord membuktikan bhawa keduanya merupakan mobil premium. Tetapi jika kita lihat pada pengalaman berkendara yang diberikan mobil Honda Accord dan Toyota Camry ini secara keseluruhan, setiap modelnya memiliki keunggulannya masing-masing. Yang pasti, kedua mobil ini dijamin akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan mewah dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil