window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati

Enda · 10 Okt, 2020 17:00

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 01

 

Selain Mitsubishi Pajero, nama Toyota Fortuner kerap kali tercantum dalam list utama catatan calon konsumen yang hendak meminang kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) 7-seater.

Toyota Fortuner seolah semakin diminati setelah PT. Toyota Astra Motor memberikan banyak penyegaran pada 2016 lalu. Lalu keunggulan apa yang dimiliki SUV ini sehingga terus diminati hingga sekarang?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dari pada penasaran, simak terus ulasannya.

Disematkan beragam fitur

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 01

Tidak hanya sekedar merubah tampilan agar dapat lebih diterima masyarakat Tanah Air, Toyota Fortuner juga telah dilengkapi dengan lampu utama berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector dan fog lamp yang dilapisi dengan aksen krom.

Dengan adanya teknologi tersebut, tingkat visibilitas pengemudi saat berkendara pada malam hari di jalan yang gelap, ataupun berkendara ketika hujan, akan semakin terbantu.

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 02

Bergeser kebagian belakang, Toyota Fortuner berhasil mendapatkan pintu bagasi elektrik. Yang mana untuk membuka dan menutup pintu disaat membawa barang, pengguna tidak perlu kerepotan. Cukup hanya memberikan sapuan kaki di bawah bumper belakang, pintu bagasi akan terbuka secara otomatis.

Saat bicara sistem hiburan, Toyota Fortuner sudah dilengkapi Head Unit dengan layar sentuh 8 inci yang telah mendapatkan format MP3, radio, USB, DVD, serta Miracast. Di bawahnya terdapat pengaturan sistem pendingin udara menggunakan tampilan digital ditambah fitur Auto Climate Control.

Tidak hanya sistem hiburan yang memberikan keasyikan berkendara, pengemudi juga dapat merasakan kenyaman berkendara. Bagaimana tidak, Toyota Fortuner sudah dilengkapi Reclining, Sliding dan Height Adjuster. Posisi lingkar kemudi juga bisa diatur secara Tilt dan Telescopic. Khsusus varian otomatik, di balik setir ditanamkan Paddle Shift guna memberikan tantangan berkendara.

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 03

Bicara fitur keselamatan, Toyota Fortuner berhasil tersematkan Dual-SRS Airbag, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). sedikit informasi, keseluruhan tipe Toyota Fortuner yang ditawarkan berhasil mendapatkan pengereman model Disk-Brake dikeseluruhan roda.

Ada juga fitur keselamatan aktif Toyota Fortuner lainnya: Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Downhill Assist Control (DAC), Emergency Brake Signal (EBS), dan Active Traction Control (A-TRC). 

Mesin yang tangguh

Untuk memberikan opsi terhadap calon konsumennya, Toyota menawarkan Fortuner dalam dua pilihan mesin, bensin 2.7L dan diesel 2.4L. Secara data spesifikasi, mesin bensin berkodekan 2TR-FE inline-4 Dual VVT-I 2.694 cc ini mampu menghasilkan tenaga hingga 160 Hp @3.400 Rpm dan torsi 242 Nm @4.000 Rpm.

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 04

Varian mesin diesel Toyota Fortuner yang digunakan sebenarnya sama persis dipakai Toyota Innova diesel. Di mana mesin berkodekan 2GD-FTV inline-4 Diesel Common Rail Turbo VNT 2.393 cc mampu memuntahkan tenaga 147 Hp @3.400 Rpm, diangka torsi mencapai 400 Nm @1.600-2.000 Rpm.

Terdapat pilihan transmisi 4x4 hingga 6-percepatan

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 05

Laju dari pada Toyota Fortuner akan terasa cepat ketika dipacu di jalan bebas hambatan. Selain didukung mesin berkubikasi besar dengan teknologi terkini, transmisi yang dipakai memiliki tingkat 6-percepatan. Tidak hanya manual, transmisi otomatik juga memiliki tingkat percepatan yang sama. Pilihan transimisi penggerak 4x4 four-wheel drive juga ditawarkan pada mobil ini. Hanya saja sistem penggerak dikeseluruhan roda hanya terdapat di trim VRZ.

Dapat diandalkan

Menggunakan suspensi bermodelkan Double Wishbone dengan Koil Spring dan Stabilizer / 4-Link dengan Lateral Rod / 4-Link with Lateral Rod, membuat bantingan mobil Toyota Fortuner ini terasa begitu stabil. Meski memiliki karakter sedikit lebih keras, bicara handling serta ketangguhan melibas jalan yang berbatu, mobil ini bisa diandalkan.

Terlebih sistem penggerak 4x4 pada trim VRZ turut didukung Differential-lock. Pengoperasiannya pun cukup mudah, hanya dengan memutar knob Easy 4x4 Switch.

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 06

Dengan begitu saat fitur diaktifkan, kedua bannya terkunci berputar dalam kecepatan sama. Dalam hal ini, mobil akan mendapatkan traksi lebih maksimal.

Kesimpulan

Selain Tampilan, Ternyata Ini Jawabannya Mengapa Toyota Fortuner Begitu Diminati 07

Toyota Fortuner semakin memanjakan setiap orang yang ada di dalamnya, terlebih ketika pihaknya memberikan penyegaran dan penambahan fitur pada generasi keduanya ini yang terkesan lebih agresif.

Namun kabarnya Toyota Fortuner akan kembali mendapatkan penyegaran berupa tambahan fitur serta tampilan, ketika pemberitaan mengenai Toyota Fortuner terbaru akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil