window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Simak Kelebihan dan Kekurangan MPV Mewah Toyota Alphard

Alex · 11 Mei, 2020 20:00

Simak Kelebihan dan Kekurangan MPV Mewah Toyota Alphard 01

Toyota Alphard merupakan MPV mewah yang sangat tersohor di Indonesia. Mobil ini penjualannya terbilang sangat laris-manis untuk ukuran sebuah mobil mewah. Harga mobil Alphard terbilang fantastis dengan penampilannya yang juga mendukung.

Mobil Alphard hanya memiliki 3 varian. Harga mobil Alphard berkisar dari Rp 1.05 Milyar hingga Rp 1.95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard di tahun 2020 ini.

Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire. Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bahkan Toyota Alphard seolah sudah menjadi simbol kesuksesan seseorang. Desainnya yang mewah, fiturnya beragam hingga kenyamanan di dalam kabinnya yang sangat menjanjikan jadi daya tarik mobil ini.

Mobil Alphard yang saat ini dijual di tanah air sendiri merupakan generasi ketiga. Sudah beberapa tahun eksis dan mengulang kesuksesan seperti generasi-generasi sebelumnya, PT Toyota Astra Motor pun memberi penyegaran ringan alias facelift belum lama ini pada Alphard.

Penyegaran ringan yang didapat pada bulan Februari 2020 itu terfokus pada improvisasi di sektor infotainment dan penunjang keselamatan Toyota Alpard. 

Baca juga : 5 Hal Mengenai Toyota Alphard MPV

Simak Kelebihan dan Kekurangan MPV Mewah Toyota Alphard 01

Kini Toyota Alphard memiliki fitur keselamatan aktif yang terkelompok dalam Toyota Safety Sense. Fitur ini mencakup Pre-Collision System (PCS),Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Automatic High Beam (AHB). Selain itu ditambahkan juga fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) dari yang sebelumnya enam titik (dua di depan dan empat di belakang), menjadi delapan titik (empat depan dan empat belakang).

Sedangkan pada infotainment mobil Toyota Alphard juga semakin memanjakan penumpang. Pada head unit membesar jadi 9 inci (varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV) atau 10.5 inci (varian 3.5 Q), model sebelumnya 8 inci. Selain media informasi utama, Rear Seat Entertainment juga menggunakan layar yang lebih besar 13 inci (varian mesin 2.500 cc) atau 13,3 inci (varian mesin 3.500 cc).

Walau itu semua membuat Toyota Alphard semakin superior untuk memikat konsumen, namun bukannya mobil Alphard ini tanpa kekurangan. Maka dari itu berikut kami sajikan sejumlah kelemahan sekaligus keunggulan dari Toyota Alphard.

Baca juga : Mengupas Fitur Safety Canggih Milik Toyota Alphard Terbaru

Kelebihan Mobil Alphard

1. Jok Belakang Nyaman

Jika kebanyakan MPV ataupun mobil dengan tiga baris bangku, tak memfokuskan kenyamanan pada tempat duduk paling belakang, tentu tidak dengan Toyota Alphard. Kenyamanan dan kelegaan yang siap memanjakan penumpang baris paling belakang mobil Alphard ini tak perlu diragukan. Bahkan bangkunya pun bisa disetel maju atau mundur dan kemiringan sandaran alias reclining.

2. Kabin juga makin nyaman

Dibanding dengan Alphard generasi kedua, kenyamanan kabin bisa hadir pada jok. Anda akan merasa lebih empuk duduk di mobil ini. Sepertinya Toyota Alphard telah mengimprovisasi keempukan jok pada mobil Alphard model baru ini.

Simak Kelebihan dan Kekurangan MPV Mewah Toyota Alphard 02

3. Punya varian hybrid

Tak sekedar mengutamakan kemewahan dan kenyamanan, ternyata ToyotaAlphard juga tampak berusaha mengedepankan aspek ramah lingkungan. Toyota Alphard sendiri ditawarkan Toyota Indonesia dalam dua jenis mesin. Ada Toyota Alphard dengan mesin 2.500 cc hybrid dan ada pula yang bermesin 3.500 cc non-hybrid.

4. Ada wireless charger

Sebagai mobil yang eksis di era digital tentunya penting untuk memudahkan para penumpangnya dalam mengisi daya smartphone. Terdapat fitur wireless charger di dalam konsol tengah Toyota Alphard yang siap memberikan kemudahan penumpangnya.

5. Fleksibilitas yang baik

Memiliki kabin yang sangat lapang, penumpang dimudahkan mengaksesnya dengan pintu geser alias sliding door yang bisa terbuka dan tertutup secara elektris. Ground clearance MPV ini yang hanya 160 mm juga memudahkan untuk penumpang anak kecil maupun lansia untuk menaikinya. Bangku baris kedua Toyota Alphard yang mudah digeser-geser juga memudahkan untuk mengakses bangku paling belakang.

Baca juga : Perbandingan Konsumsi BBM Alphard dan Vellfire, Sama Borosnya

Kekurangan Toyota Alphard

1. Radius putar

Dengan dimensi mobil Toyota Alphard tidak kecil, Anda harus terbiasa dengan radius putar yang juga tak kecil. Wheelbase Toyota Alphard sendiri mencapai 3.000 mm atau sepanjang 3 meter. Sedangkan demi menghasilkan kabin yang lapang, lebar mobil ini mencapai 1.850 mm dan panjang keseluruhan Alphard hampir sepanjang 5 meter!

2. Minim slot USB

Walau punya fitur canggih wireless charging, sayang sekali sulit untuk menemukan slot USB di mobil Toyota Alphard ini. Slot USB di dekat monitor merupakan satu-satunya yang ada di kabin Toyota Alphard. Dengan demikian para penumpang akan kesusahan untuk mengisi daya gadget.

Simak Kelebihan dan Kekurangan MPV Mewah Toyota Alphard 03

3. Sandaran kaki hilang

Pada Toyota Alphard generasi kedua, selain ada penopang paha yang bisa aktif secara elektris di bangku baris kedua, ada pula sandaran kaki yang menumpang pada bagian belakang bangku di depannya. Sayangnya sandaran kaki itu tak ada di generasi terbaru ini.

4. Biaya servis

Untuk konsumen Toyota Alphard mungkin besaran biaya servis bukan jadi masalah berarti. Namun sebagai informasi, biaya servis berkala mobil mewah ini tak bisa dibilang murah. Servis pertama saja Anda wajib mengeluarkan dana Rp 810.500, belum termasuk pajak dan sudah termasuk gratis jasa servis. Sedangkan saat gratis jasa sudah habis, Anda akan dikenai biaya termurah Rp 2.032.100 untuk servis berkala. Servis berkala 11.000 km bahkan sampai Rp 4.433.000.

5. Identik taksi

Karena banyaknya permintaan akan armada mobil mewah dengan muatan banyak, tak heran Alphard dipilih beberapa perusahaan taksi di kota-kota besar. Bahkan jumlahnya terbilang tak sedikit. Hal ini mungkin akan jadi pengaruh ke citra Alphard secara umum sebagai andalan armada taksi.

Kesimpulan Kekurangan dan Kelebihan Mobil Alphard

Bisa dibilang Toyota Alphard merupakan satu-satunya pilihan MPV mewah di range harga Rp 1 sampai kurang dari Rp 2 miliar. Mobil Toyota Alphard tentunya akan lebih nikmat jika Anda cenderung disupiri dan duduk di bangku baris keduanya yang sangat nyaman. Jika Anda belum punya supir pribadi, nampaknya harus terbiasa dengan karakter mobil Toyota Alphard yang berdimensi bongsor yang tidak luwes diajak bermanuver.

Baca juga : Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1?

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil