window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Simak Perbedaan New Toyota Rush 2024 Tipe GR Sport dan G

Enda · 3 Apr, 2024 19:05

perbedaan New Toyota Rush 2024 GR Sport dan G

Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Toyota Rush GR Sport 2024 yang merupakan versi penyegaran kedua dari Rush yang sudah diluncurkan sejak 2017.

Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, khusus tipe Rush GR Sport jadi terlihat sedikit lebih mewah berkat improvement yang dilakukan.

Sementara untuk Rush tipe G, ternyata cukup berbeda dengan apa yang ada di tipe GR Sport.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengetahui lebih detil tentang perbedaan New Toyota Rush GR Sport 2024 dengan yang tipe G, simak ulasan berikut ini.

Harga New Toyota Rush terbaru 2024

  • G MT: Rp284.400.000
  • G AT: Rp295.200.000
  • S MT GR Sport: Rp299.750.000
  • S AT GR Sport: Rp310.450.000

Baca juga: Toyota Rush GR Sport Improvement 2024 Resmi Meluncur, Ini Daftar Harganya

Perbedaan New Toyota Rush Tipe GR Sport dan G dari Tampilan Luar

perbedaan New Toyota Rush 2024 GR Sport dan G

New Rush GR Sport

Untuk improvement yang dilakukan Toyota terhadap Rush hanya difokuskan pada tipe teratasnya.

Terlihat di bagian eksterior, New Rush S GR Sport untuk fascia mobil ini memperoleh grill dengan desain baru yang menampilkan kesan lebih modern sekaligus spoty.

Tak hanya itu, grill serta ornamen pada bumper kini dilabur warna Black Glossy Front Grille Ornament yang memberikan nuansa prestisius.

Mengenai bumper, secara bentuk versi penyegarannya terlihat lebih add on dengan menampilkan kesan lebih macho dan tangguh.

Ubahan lainnya pun terlihat di bagian samping, dimana overfender termasuk juga side body moulding, cover spion dan handle pintu yang diberi sentuhan warna hitam mengkilap.

Mengenai side body moulding, secara bentuk juga berbeda dibandingkan model sebelumnya.

perbedaan New Toyota Rush 2024 GR Sport dan G

Rush G

Bicara varian G atau tipe terendahnya, secara tampilan eksterior mobil ini masih mempertahankan model sebelumnya.

Terlihat pada desain grill tanpa adanya lekukan seperti di tipe GR Sport.

Beranjak melihat ke bagian samping, untuk overfender sekaligus side skirt-nya masih menggunakan warna hitam doff, serta tidak dilengkapi side body moulding.

Tak hanya itu, handle pintu serta cover spionnya pun dicat sewarna dengan body.

Mengenai lingkar roda, New Rush S GR Sport menggunakan velg 17 inci kepunyaan Daihatsu Terios R Custom model kipas two-tone dengan desain atraktif.

Untuk varian G, Rush diaplikasikan velg dengan ukuran lebih kecil yakni 16 inci yang secara bentuk terlihat lebih kalem.

Interior New Toyota Rush GR Sport 2024 Didominasi Warna Gelap

perbedaan New Toyota Rush 2024 GR Sport dan G

Interior New Rush S GR Sport

Kini nuansa interior New Rush S GR Sport didominasi dengan warna gelap.

Sebagai ikoniknya, varian ini turut dilengkapi logo GR Sport di beberapa bagian seperti head rest dan setir.

Bicara tipe dibawahnya, untuk nuansa interior yang ditampilkan dikombinasikan dengan dua warna, yakni hitam dan krem.

Perbedaan lainnya pun terletak pada panel instrumentnya.

Sebagai pusat informasi berkendara, New Rush GR Sport hadir dengan tampilan dua dimensi yang jauh lebih atraktif, beda halnya di varian G,untuk desainnya tampil lebih flat.

Meski begitu secara fungsional keduanya sama-sama menampilkan informasi yang dibutuhkan pengemudi.

Menyoal sistem hiburan, tipe teratas Rush kini dibekali head unit layar sentuh 9 inci dengan opening GR logo model floating yang mendukung konektivitas smartphone.

perbedaan New Toyota Rush 2024 GR Sport dan G

Interior Rush G

Pada varian dibawahnya, untuk siste hiburan memiliki ukuran lebih kecil, yakni 7 inci yang mendukung konektivitas internet dengan akses weblink dan serta navigasi Waze. 

Khusus New Rush GR Sport, head unitnya didukung dengan konektivitas smartphone berupa Android Auto dan Apple CarPlay yang dapat memberikan lebih banyak kemudahan sekaligus kenyamanan selama berkendara.

Oh iya, untuk sistem audio yang digunakan Rush G dipadukan dengan 6 speaker, dan 8 surround sound speaker pada varian New GR Sport.

Terasa ergonomis, keduanya sama-sama sudah diplikasikan driver seat height adjuster, start/stop button, audio & phone handsfree steering switch, tilt steering dan auto A/C with digital display.

Bukan cuma itu, terdapat juga AC double blower yang bisa menyalurkan udara sejuk hingga baris paling belakang, serta IDS (Automatic Idling Stop System) yang berfungsi untuk menghemat penggunaan bahan bakar juga hadir pada keduanya.

Baca juga: Lagi, Daihatsu Terios Berhasil Tumbangkan Toyota Rush Sebagai Mobil SUV Terlaris di Indonesia

Fitur Keselamatan Keduanya Sama

perbedaan New Toyota Rush 2024 GR Sport dan G

Fitur VSC pada New Rush S GR Sport dan G

Menyoal keselamatan berkendara, New Rush S GR Sport maupun tipe G dilengkapi dengan 6 airbags dimana dua buah di depan dan empat lainnya bagian samping.

Sebagai fitur keselamatan standar, keduanya memperoleh Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS) yang diketahui dapat memberikan perlindungan pada setiap penggunanya.

Selain itu ada juga kamera parkir mundur dan sensor parkir, emergency stop/brake signal, serta indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpang.

Dari segi keamanan sudah mendapatkan Integrated key with alarm dengan key free system.

Tetap Pakai Mesin 1.500 Cc N/A

perbedaan New Toyota Rush 2024 GR Sport dan G

Mesin 2NR-VE

Baik New Rush GR Sport dan G dibekali mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. 

Di atas kertas secara performa Rush dapat menghasilkan tenaga sebesar 104 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Masing-masing varian ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter yang terkenal tangguh dan mudah dari segi perawatan.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Rush dilengkapi tekonolgi Eco Idle untuk kedua variannya.

Fitur ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar sekaligus menurunkan emisi gas buang.

Eco Idle merupakan fitur Idling Stop System dengan mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang.

Dengan begitu dapat membuat kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Konsumsi BBM Terios-Rush dengan fitur IDS diklaim lebih hemat 5-10%.

Mekanisme kerja fitur Eco Idle yakni ketika mobil berada di posisi berhenti beberapa detik setelahnya akan mematikan mesin secara otomatis.

Teknologi ini memerintahkan pusat pengendali otak ECU guna mematikan mesin mobil. Fitur Eco Idle bisa dinonaktifkan secara manual dengan tombol yang tersedia.

Mesin yang mati tersebut bukan berarti memberhentikan fungsi dari sistem elektrikal.

Ketika mesin berhenti, blower AC tetap pada posisi menyala meskipun kompressor tidak ikut berkerja.

Apabila temperatur kabin di atas 22 derajat celcius, mesin secara otomatis menyala yang menggerakan kompresor AC untuk dapat mendinginkan suhu ruangan kabin.

Baca juga: Segini Konsumsi BBM Toyota Rush dan Alasan kenapa Selalu Jadi SUV Terlaris di Indonesia

Kesimpulan

Setelah mengulas secara tuntas perbedaan New Toyota Rush GR Sport 2024 dengn tipe G melalui ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan New Rush GR Sport memiliki bentuk grill, bumper, serta velg yang berbeda.

Selain itu, overfender, side body moulding, cover spion dan handle pintunya tipe teratas Rush kini juga dilabur dengan warna hitam glossy.

Perbedaan lainnya pun terlihat pada bagian dalam, dimana nuansa interior New Rush GR Sport didominasi dengan warna hitam, sedangkan tipe G dikombinasikan dua warna, yaitu hitam dan krem.

Dari segi fitur unggulan juga New Rush GR Sport disematkan head unit dengan ukuran lebih besar, yang dikawinkan dengan 8 sepaker.

Namun untuk fitur keselamatan berkendara serta performa yang dihasilkan, baik tipe temahal dan termurahnya sama.

@garasi.autofun Cari mobil buat wara-wiri dalem maupun ke luar kota, intip dulu Toyota Rush GR Sport gini! #toyota #reviewmobilbekas #carsome #bekasberkualitas #tipsmobilbekas #mobilseken #rush ♬ Astringent and nimble electric piano jazz (1017112) - Doggie Jazz

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil