window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Fortuner Facelift Lebih Dulu Rilis di Vietnam, Indonesia Menyusul?

Joe · 17 Sep, 2020 18:14

Toyota Fortuner Facelift Lebih Dulu Rilis di Vietnam, Indonesia Menyusul? 01

Toyota Fortuner Facelift Lebih Dulu Rilis di Vietnam, Indonesia Menyusul?

Beberapa waktu santer kabar bahwa Toyota Vietnam akan segera menjual facelift dari Toyota Fortuner ke konsumennya.

Hal tersebut terbukti dengan adanya pengumuman dari Toyota Vietnam yang kini resmi memperkenalkan Toyota Fortuner facelift di sana, Kamis (17/9/2020).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelumnya, SUV yang menggunakan model rangka berbentuk seperti tangga atau yang kerap disebut dengan ladder frame ini sudah melakoni world premier di Thailand pada Juni 2020.

Melalui peluncuran Toyota Fortuner facelift ini menjadikan Vietnam sebagai negara kedua setelah Thailand yang menjual model terbaru dari SUV dengan ladder frame ini di pasar Asia Tenggara.

Jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner yang rilis di Negeri Gajah Putih, Toyota Vietnam menambahkan varian baru di line upnya.

Versi terbaru dari Toyota Fortuner ini akan hadir dengan 7 varian dengan tiga pilihan mesin serta transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

Toyota Fortuner Facelift Lebih Dulu Rilis di Vietnam, Indonesia Menyusul? 01

Dua di antaranya adalah tipe Toyota Fortuner Legender yang merupakan model premiumnya yang ditawarkan dengan mesin diesel 2.400 cc berpenggerak 4x2 dan 2.800 cc berpenggerak 4x4.

Berbeda dari model di Thailand yang menggunakan pelek berukuran 20 inci, Toyota Fortuner Legender di Vietnam menggunakan dengan pelek berukuran 18 inci.

Ada juga model facelift 2.4 4x2 dengan opsi transmisi manual dan otomatis bermesin diesel 2.400 cc.

Lalu ada tipe 2.8 4x4 dengan mesin diesel 2.800 cc bertransmisi otomatis.

Dan yang terakhir ada varian dengan mesin bensin 2.700 cc bertransmisi otomatis dengan pilihan penggerak 2WD atau 4WD.

Khusus untuk tipe dengan mesin bensin baru datang pada Oktober mendatang.

Kabarnya, mesin bensin yang akan digunakan pada Toyota Fortuner facelift di Vietnam ini diimpor dari Indonesia.

Hal tersebut artinya mesin bensin itu sama dengan yang digunakan pada Toyota Fortuner di Indonesia.

Soal performa, mesin diesel 2.400 cc dengan kode 2GD-FTV pada Toyota Fortuner facelift memiliki 4 silinder segaris yang dapat menghasilkan tenaga 147 dk dan torsi 400 Nm.

Lalu untuk mesin diesel berkode 1GD-FTV 2.800 cc yang juga menggunakan 4 silinder pada SUV ladder frame ini.

Mesin diesel ini mengalami peningkatan tenaga dibanding sebelumnya.

Kini tenaganya naik 74 dk menjadi 201 dk dengan torsi maksimal 500 Nm yang sebelumnya hanya sekitar 420-450 Nm.

Kedua mesin diesel tersebut sama dengan yang digunakan pada Toyota Fortuner facelift saat diperkenalkan di Thailand.

Sedangkan untuk mesin bensin 2.700 cc berkode 2TR-FE 4 silinder yang diimpor dari Indonesia, belum ada data mengenai performanya.

Toyota Fortuner Facelift Lebih Dulu Rilis di Vietnam, Indonesia Menyusul? 02

Lalu untuk segi eksterior, antara Toyota Fortuner facelift versi Vietnam dan Thailand sama saja.

Mobil dengan kapasitas tujuh penumpang tampil dengan bumper depan tampil lebih agresif dengan banyak sudut tajam dibanding generasi sebelumnya.

Grillenya pun terbagi dua atas bawah dengan sentuhan black glossy mempertegas kesan macho.

Toyota Fortuner Facelift Lebih Dulu Rilis di Vietnam, Indonesia Menyusul? 03

Lalu pada lampu depan Toyota Fortuner facelift mengandalkan dua buah LED proyektor dan fog lamp yang juga sudah LED lengkap dengan daytime running light (DRL) sequential yang membuatnya terlihat modern.

Sementara di bagian buritan, selain bumper baru yang lebih agresif terdapat pula lampu belakang baru yang sedikit mengingatkan pada desain mobil-mobil Nissan dengan aksen V-Motion.

Khusus untuk Toyota Legender di Thailand menggunakan pelek model baru palang 5 dual tone.

Namun sayang update tersebut tak dibawa pada Toyota Fortuner Legender yang ditawarkan di Vietnam.

Toyota Fortuner Facelift Lebih Dulu Rilis di Vietnam, Indonesia Menyusul? 04

Selain tampilan, fitur-fitur umumnya juga bisa dibilang mirip dengan model yang ada di Thailand.

Seperti layar entertainment 8 inci yang bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta fitur navigasi, sampai pintu belakang dengan kick sensor.

Begitu juga dengan fitur keselamatan 7 airbag untuk semua tipe, kamera 360 derajat, rem Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), brake assist (BA) system, Vehicle Stability Control (VSC), hingga emergency brake signal.

Lalu khusus untuk tipe 2.8 4x4 mendapatkan fitur Toyota Safety Sense yang meliputi Pre-Collision System, Lane Departure Alert, sampai Dynamic Radar Cruise Control.

Dengan mulai menyebarnya Toyota Fortuner facelift ini di pasar Asia Tenggara membuat kabar hadirnya mobil terbaru merek dengan logo tiga oval ini di Indonesia semakin santer.

Lantas kapan?

Joe

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil