window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Viral Toyota Kijang Innova Generasi Baru Lagi Tes Jalan di Thailand, Bodinya Jadi Membengkak

Adit · 22 Feb, 2022 14:02

Viral Toyota Kijang Innova Generasi Baru Lagi Tes Jalan di Thailand, Bodinya Jadi Membengkak 01

Mobil diduga Toyota Kijang Innova terbaru lakukan tes jalan di Thailand
  • Viral foto mobil diduga Toyota Kijang Innova baru lagi tes jalan.
  • Bodinya membengkak dan lebih panjang dibanding Kijang Innova sekarang.

Sebuah foto yang memperlihatkan wujud mobil baru yang diduga Toyota Kijang Innova baru tengah uji jalan viral di media sosial. Layaknya sebuah produk anyar, kendaraan ini ditutupi selubung kamuflase untuk menyamarkan bentuk. 

Usut punya usut, spyshoot diunggah pertama kali oleh Natthaphon Matsarat di grup Facebook Veloz Club Thailand pada 17 Februari 2022 lalu. Mobil diperkirakan tengah melakoni tes jalan di Thailand, karena tampak dari aksara di plat nomornya. 

Viral Toyota Kijang Innova Generasi Baru Lagi Tes Jalan di Thailand, Bodinya Jadi Membengkak 02

Generasi terbaru Kijang Innova disinyalir tes jalan di Thailand

Baca Juga: Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021?

Kendaraan tersebut diyakini sebagai Kijang Innova generasi terbaru, meskipun belum ada keterangan yang valid. Tapi beberapa detailnya menyiratkan model MPV reinkarnasi dari Kijang Kapsul di Indonesia. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dari foto terlihat dimensi mobil tampak lebih membengkak dan memanjang bila dibandingkan Innova yang sekarang diniagakan. Bila dilihat dari depan ke tengah, bentuknya ada sedikit kesamaan dengan MPV yang dimaksud. 

Tapi dari tengah ke belakang, langsung memanjang. Tampak dari pilar C, panel bodi, kemudian jarak overhang buritan lebih panjang dari Kijang Innova sekarang. 

Viral Toyota Kijang Innova Generasi Baru Lagi Tes Jalan di Thailand, Bodinya Jadi Membengkak 01

Perbedaan desain Kijang Innova terbaru dan lama

Detail lain yang terlihat adalah adanya high mount stop lamp, wiper, hingga defogger. Kemudian ada desain lampu yang beda dari housing Kijang Innova sekarang. Kemungkinan berbentuk horizontal seperti mobil baru Toyota terbaru kebanyakan.

Selebihnya belum ada bocoran lanjutan mengenai sosok Kijang Innova terbaru. Hanya saja berdasarkan bocoran yang beredar, sekaligus menyesuaikan visi Toyota di masa depan, besar kemungkinan akan mengaplikasikan platform TNGA, penggerak roda depan, dan opsi mesin hybrid dan bensin. 

Viral Toyota Kijang Innova Generasi Baru Lagi Tes Jalan di Thailand, Bodinya Jadi Membengkak 02

Toyota Kijang Innova yang sekarang dipasarkan di Indonesia

Informasi ini terkuak beberapa waktu lalu dari pernyataan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, yang menegaskan bahwa Toyota Indonesia akan memproduksi Kijang Hybrid. Ini tentunya jadi mobil hybrid pertama buatan Toyota di dalam negeri. 

Baca Juga: Rp80 Jutaan, Pilih Toyota Kijang Innova 2005 atau Toyota Kijang Kapsul 2003?

Toyota Kijang Innova Hybrid nantinya menjadi satu dari sepuluh kendaraan elektrifikasi yang dijanjikan pabrikan akan diproduksi di Indonesia sampai 2025. Sejak 2019 lalu, Toyota berinvestasi Rp28,3 triliun untuk pengembangan dan produksi kendaraan berbasis listrik hingga 2025. 

"Mereka akan membangun atau mengembangkan produk-produk hybrid, plug-in hybrid, dan juga mereka akan membangun satu jenis full electric vehicle di Indonesia yang rencananya akan mulai produksi pada 2023," ujar Agus.

Viral Toyota Kijang Innova Generasi Baru Lagi Tes Jalan di Thailand, Bodinya Jadi Membengkak 03

Produksi Kijang Innova di pabrik Toyota Indonesia.

Toyota Kijang Innova Unit Test Mule

Bila benar model tersebut merupakan Kijang Innova baru, maka kendaraan yang tengah lakoni tes jalan itu disebut Pengamat Otomotif dan Akademisi ITB, Yanne Martinus Pasaribu sebagai unit test mule, bodi kendaraan dikamuflase pengecoh.

"Test mule adalah kendaraan prospektif yang dilengkapi prototipe komponen, yang akan dievaluasi kinerja dan kehandalannya, kemudian untuk menghindari pelacakan dari industri kompetitor dan media, makanya disamarkan," katanya. 

Viral Toyota Kijang Innova Generasi Baru Lagi Tes Jalan di Thailand, Bodinya Jadi Membengkak 04

Salah satu unit test mule yang bertujuan mengaburkan desain mobil yang belum meluncur

Tak heran banyak spyshot yang memperlihatkan produk kendaraan baru yang sedang tes jalan di jalanan umum, lengkap diselimuti selubung hitam, maupun detail-detail desain pengabur visual. Buat model baru, semua akan ditutupi. tapi model penyegaran, biasanya hanya bagian tertentu yang dikamuflase. 

"Itu sebabnya desain-desain eksterior mobil baru dipasang beberapa penutup, yang seringkali dipasang asal-asalan," lanjutnya. Jadi nggak sabar ya nunggu Kijang Innova baru. 

Baca Juga: Tanpa Sunroof, Toyota Voxy 2022 Punya Fitur Mirip Veloz dan Kijang Innova

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil