window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kulik Spek Mesin Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Tenaga Beda Tipis!

Harry · 9 Agu, 2023 10:00

Kulik Spek Mesin Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Tenaga Beda Tipis! 01

Pilih Honda PCX 160 atau Yamaha NMax 155?
  • Tenaga dan torsi beda tipis.
  • Akselerasi unggul Honda PCX 160.

Motor matic premium seperti Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 masih banyak dicari orang, baik untuk harian atau touring.

Motor ini memiliki dimensi yang lumayan besar, namun masih proporsional untuk rata-rata pengendara Indonesia.

Belum lagi keduanya juga memiliki akomodasi yang terhitung mumpuni untuk membawa barang, dengan bagasi yang lega.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Jika masih kurang pun tersedia pula konsol di bawah setang yang bisa membawa barang kecil, sekaligus mengisi ulang baterai handphone.

Posisi berkendara pun jadi senjata andalan keduanya, untuk memanjakan pengendara, kala riding dengan jarak jauh dan lama.

Dan hal yang tak ketinggalan untuk dibahas adalah soal performa mesin keduanya, yang kerap kali dibandingkan.

Honda PCX 160 Lebih Kuat dari Yamaha NMax 155

Gacoan Honda ini menggunakan teknologi mesin baru eSP+ dipadu kapasitas mesin yang membesar jadi 157 cc, dari sebelumnya 149 cc.

Spesifikasinya pun berubah drastis dengan menggunakan format empat katup mesin, dengan beragam teknologi baru seperti piston oil jet.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX 2020, Skutik Terbaik Dikelasnya?

Kulik Spek Mesin Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Tenaga Beda Tipis! 01

Mesin eSP+ lebih bertenaga.

Karakter mesinnya over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. 

Ini untuk memberi ruang untuk empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.

Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston. 

Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Performa mesin meningkat juga sumbangsih ukuran throttle body yang diperbesar jadi 28 mm, dan desain knalpot baru.

Kulik Spek Mesin Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Tenaga Beda Tipis! 02

Mesin Blue Core Yamaha NMax 155.

Yamaha Nmax 155 dengan mesin 155 cc, 4-tak, SOHC dengan 4 katup mesin serta sokongan teknologi Variable Valve Actuation.

Tenaganya tercatat 15,3 PS diputaran 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. 

Ada selisih tenaga 0,7 PS dan torsi 0,8 Nm diantara keduanya, yang mana Honda PCX 160 lebih bertenaga dari lawan terdekatnya itu.

Perbandingan Akselerasi

Biar gak sekedar pakai feeling, kami juga gunakan Racebox, alat pengukur berbasis satelit sehingga lebih presisi. 

Bahan bakar yang digunakan pun sama-sama RON 92, begitu pula bobot rider yang mengendarai keduanya yakni 75 kg.

Baca juga : Begini Rasanya Menunggangi Honda PCX 160 2022, Lebih Baik Dari Pendahulunya?

Kulik Spek Mesin Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Tenaga Beda Tipis! 03

Pakai mesin baru jadi lebih ngacir.

Hasilnya, akselerasi Honda PCX 160 2022 terbukti lebih gesit, tapi tak terlalu superior dari kompetitornya itu.

Misalnya untuk 0-60 km/jam, cuma selisih 0,03 detik saja antara 5,92 detik berbanding 5,95 detik. 

Lalu untuk 0-80 km/jam Honda PCX 160 mencatatkan 10,58 detik sementara Yamaha NMax 155 di 10,86 detik saja.

Jarak semakin melebar pada putaran atas dengan Honda PCX 160 mencatatkan waktu 19,46 detik untuk 0-100 km/jam. 

Lantas Yamaha NMax 155 butuh waktu 20 detik pas untuk mencapai kecepatan tersebut.

Nah perkara top speed pun begitu, karena ternyata keduanya punya kecepatan puncak yang setara. 

Kulik Spek Mesin Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Tenaga Beda Tipis! 04

Yamaha NMax 155 kalah tipis.

Dari spidometer, Honda PCX 160 bisa melesat sampai 115 km/jam dan dari Racebox terbaca 110,2 km/jam.

Kemudian untuk Yamaha NMax 155 kecepatan tertinggi mencapai 117 km/jam, namun pada Racebox tercatat 110 km/jam. 

Tapi karena akselerasinya ada beda, maka saat sama-sama mencapai top speed, Honda PCX 160 akan di depan Yamaha NMax 155.

Data Akselerasi
  Honda PCX 160 Yamaha NMax 155
0-60 km/jam 5,92 detik 5,95 detik
0-80 km/jam 10,58 detik 10,86 detik
0-100 km/jam 19,46 detik 20 detik
0-100 m 8,15 detik 8,18 detik
0-201 m 12,71 detik 12,79 detik
0-402 m 20,34 detik 20,52 detik
Topspeed Spidometer 115 km/jam 117 km/jam
Topspeed Racebox 110,2 km/jam 110 km/jam
Konsumsi BBM (MID) 39,3 km/liter 42 km/liter
Konsumsi BBM (full to full) 42 km/liter 37 km/liter

Kesimpulan

Artinya bisa disimpulkan, secara akselerasi Honda PCX 160 unggul berkat penggunaan mesin barunya yang memang lebih bertenaga.

Meski begitu selisih dengan Yamaha NMax pun tak terlalu terpaut jauh, sehingga bisa dikatakan secara performa relatif mirip.

Untuk harga, Honda PCX 160 2023 kini dibanderol Rp 32,670 juta (CBS) dan Rp 36,085 juta )(ABS) on the road Jakarta.

Kemudian Yamaha NMax 155 dilepas mulai dari Rp 31,615 juta (Standard), lalu Rp 32,875 juta (Connected) dan Rp 35,750 juta (Connected/ABS), on the road Jakarta.

Data Spesifikasi
  Yamaha NMax 155 2023  Honda PCX 160 2023
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm 1.936 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.340 mm 1.313 mm
Tinggi Jok 765 mm 764 mm
Jarak Terendah 124 mm 135 mm
Kapasitas Tangki 7,1 liter 8,1 liter
Berat

130 (STD & Connectd)

132 (Connected/ABS)

131 kg (CBS)

132 kg (ABS)

     
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 155 cc 156,9 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1 12 : 1
Tenaga Maksimal 15,3 PS @ 8.000 rpm 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,9 Nm @ 6.500 rpm 14,7 Nm 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT Otomatis CVT
     
Tipe Rangka Underbone Double cradle
Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda, dengan tabung Ganda
Ban Depan 110/70-13 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13 130/70-13
Rem Depan Cakram Cakram
Rem Belakang Cakram Cakram


 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });