Hasilnya, akselerasi Honda PCX 160 2022 terbukti lebih gesit, tapi tak terlalu superior dari kompetitornya itu.
Misalnya untuk 0-60 km/jam, cuma selisih 0,03 detik saja antara 5,92 detik berbanding 5,95 detik.
Lalu untuk 0-80 km/jam Honda PCX 160 mencatatkan 10,58 detik sementara Yamaha NMax 155 di 10,86 detik saja.
Jarak semakin melebar pada putaran atas dengan Honda PCX 160 mencatatkan waktu 19,46 detik untuk 0-100 km/jam.
Lantas Yamaha NMax 155 butuh waktu 20 detik pas untuk mencapai kecepatan tersebut.
Nah perkara top speed pun begitu, karena ternyata keduanya punya kecepatan puncak yang setara.
Dari spidometer, Honda PCX 160 bisa melesat sampai 115 km/jam dan dari Racebox terbaca 110,2 km/jam.
Kemudian untuk Yamaha NMax 155 kecepatan tertinggi mencapai 117 km/jam, namun pada Racebox tercatat 110 km/jam.
Tapi karena akselerasinya ada beda, maka saat sama-sama mencapai top speed, Honda PCX 160 akan di depan Yamaha NMax 155.
Data Akselerasi
Honda PCX 160
Yamaha NMax 155
0-60 km/jam
5,92 detik
5,95 detik
0-80 km/jam
10,58 detik
10,86 detik
0-100 km/jam
19,46 detik
20 detik
0-100 m
8,15 detik
8,18 detik
0-201 m
12,71 detik
12,79 detik
0-402 m
20,34 detik
20,52 detik
Topspeed Spidometer
115 km/jam
117 km/jam
Topspeed Racebox
110,2 km/jam
110 km/jam
Konsumsi BBM (MID)
39,3 km/liter
42 km/liter
Konsumsi BBM (full to full)
42 km/liter
37 km/liter
Kesimpulan
Artinya bisa disimpulkan, secara akselerasi Honda PCX 160 unggul berkat penggunaan mesin barunya yang memang lebih bertenaga.
Meski begitu selisih dengan Yamaha NMax pun tak terlalu terpaut jauh, sehingga bisa dikatakan secara performa relatif mirip.
Untuk harga, Honda PCX 160 2023 kini dibanderol Rp 32,670 juta (CBS) dan Rp 36,085 juta )(ABS) on the road Jakarta.
Kemudian Yamaha NMax 155 dilepas mulai dari Rp 31,615 juta (Standard), lalu Rp 32,875 juta (Connected) dan Rp 35,750 juta (Connected/ABS), on the road Jakarta.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil