window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Toyota Yaris Lele, Bukan Terlaris Tapi Hatchback Terluas di Kelasnya

Enda · 27 Des, 2022 16:30

Toyota Yaris lele

Nama Toyota Yaris mendapat respon positif di pasar otomotif Tanah Air sejak diluncurkan pada 2006. Untuk generasi keduanya yang memiliki julukan Toyota Yaris lele, mobil ini diluncurkan tahun 2014 dengan status CKD yang memuat kandungan komponen lokal sebanyak 60 persen.

Di segmen hatchback kompak, Yaris lele mampu bersaing secara ketat dengan Honda Jazz GK5 berkat keunggulan yang ditawarkan. Untuk pasaran harga bekas Toyota Yaris lele saat ini berada di angka Rp150 jutaan.

Ingin tahu lebih dekat dengan Yaris lele? Simak beberapa point hal menarik terkait mobil ini melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • 2014 Toyota YARIS G 1.5

    Rp 141,43 Juta
    Rp 2,56 Juta
    /bulan

    71.045 km

    9,5 tahun

    Banten

  • 2016 Toyota YARIS E 1.5

    Rp 162,90 Juta
    Rp 2,95 Juta
    /bulan

    64.188 km

    7 tahun

    Jakarta

  • 2018 Toyota YARIS S TRD 1.5

    Rp 215,34 Juta
    Rp 3,89 Juta
    /bulan

    43.572 km

    5,5 tahun

    Jakarta

Baca juga: Bekasnya Seharga Daihatsu Ayla Baru, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen-3

1. Toyota Yaris Lele Tampil Lebih Sporty dan Aerodinamis

Toyota Yaris lele

Dijuluki sebagai Toyota Yaris lele, generasi kedua mobil ini di bagian wajahnya seolah mempunyai sepasang kumis yang mirip lele. Tak hanya itu, jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Yaris gen 2 secara bentuk juga terkesan lebih sporty dan aerodinamis. 

Bicara fascianya, mobil ini telah dilengkapi dengan sepasang headlamp yang sudah dilengkapi HID projector dengan fitur auto-leveling dan LED DRL. Selain itu pada bumpernya mendapatkan sepasang foglamp yang dapat membantu pencahayaan ketika berkendara di malam hari.

Memiliki tingkat kearodinamisan berkendara yang lebih baik, mobil ini mempunyai bonnet lapang dengan atap yang dibuat rendah. Secara desain keseluruhan juga tampak sporty, mobil ini dirasa lebih proper bila dibandingkan Yaris bakpao.

Sebagai infromasi, untuk spionnya mobil ini berhasil tersematkan fitur electric mirror, retractable serta lampu sein pada covernya.

2. Kabin Luas, Toyota Yaris Lele Cocok Menjadi Family Hatchback

Toyota Yaris lele

Toyota Yaris lele untuk dimensinya lebih lebar dan panjang dari pendahulunya sehingga membuat penggunanya merasa nyaman dan tidak sempit jika digunakan oleh keluarga kecil dengan kapasitas 5 orang.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.115 mm, lebar 1.700 mm, serta tinggi 1.475 mm. Untuk wheelbasenya lebih panjang 110 mm dibanding model sebelumnya, sehingga membuat mobil ini dinobati sebagai hatchback terluas di kelasnya. Memiliki keleluasan kabin tentunya dapat memberikan kenyamanan berkendara terlebih saat perjalanan jauh.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Mobil Perkotaan Andalan Toyota

3. Fitur Toyota Yaris Gen 2 Jempolan

Toyota Yaris lele

Mengenai fitur yang ada didalamnya, Toyota Yaris lele dibekali sistem hibruan berupa head unit 7 inci yang terhubung dengan audio switch control steering.

Sistem hiburannya telah mendukung format DVD/MP3/WMA, USB serta konetivitas Bluetooth sebagai konektivitas tambahan. Pada varian TRD dan tipe G diberikan fitur tambahan yakni Toyota Navigation (GPS) dan koneksi internet pada headunit melalui WiFi.

Sistem pendingin udaranya, mobil ini telah mengadopsi tampilan digital dengan dual zone autoclimate. Guna memberikan kenyamanan secara lebih kepada setiap penggunanya, didalamnya mobil ini berhasil dipadukan dengan defogger, power window, serta MID (Multi Information Display) pada panel instrumentnya.

Perlu diketahui Yaris lele terasa nyaman berkat dimensinya yang lebar dan ergonomis berkat dilengkapi pengaturan sliding, folding dan high adjuster.

Guna memberikan kenyaman secara lebih, mobil ini hadir dengan arm rest, beberapa laci penyimpanan barang dan cup holder, yang berfungsi untuk menyimpan barang berukruan kecil dan meletakan botol minuman saat melakukan perjalanan.

Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini sudah dilengkapi struktur rangka GOA (Global Outstanding Assessment), dual airbags, ABS + EBD, BA (Brake Assist), dan rem cakram di semua roda.

Pada sabuk pengamannya lengkap dengan pretensioner dan force limiter, serta Whiplash injury Lessening (WIL).

Oh iya, Toyota Yaris lele hadir dalam tiga varian, E, G dan TRD Sportivo. Sebagai bentuk kemanaan berkendara, varian G ke atas dilengkapi immobilizer, engine start/stop serta kayless entry yang memudahkan pengguna saat ingin membuka dan mengunci pintu.

4. Andalkan Mesin 1NZ-FE yang Repsonsif dengan Durabilitas Tinggi

Toyota Yaris lele

Toyota Yaris lele dibekali mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris, DOHC 16 valve 1.497 cc. Jantung pacu ini juga dipakai oleh Vios serta Limo gen satu hingga tiga yang digunakan untuk taksi.

Untuk mesin 1NZ-FE sendiri terbukti memiliki tingkat durabilitas tinggi. Terbukti dengan pemakaian di atas 300 ribu kilometer mesinnya sangat tangguh dan masih terasa begitu responsif. Di atas kertas, jantung pacu ini sanggup meletupkan tenaga hingga 109 PS pada 6.000 rpm dengan tenaga puncak mencapai 141 Nm di putaran 4.200 rpm.

Supaya dapat bergerak, mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan. Karakter yang dihasilkan, jantung pacunya memiliki performa baik dan terasa responsif pada tarikan atasnya.

5. Konsumsi BBM Toyota Yaris Tembus 16 Km/liter

5 Hal Menarik Toyota Yaris Lele, Bukan Terlaris Tapi Hatchback Terluas di Kelasnya 05

Memiliki durabilitas tinggi serta performa cukup buas pada putaran atas, mesin 1NZ-FE juga terbilang irit dalam hal penggunaan bahan bakar.

Beberapa pengetesan yang pernah dilakukan, untuk pemakaian dalam kotanya mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 12 km/liter, dan 14-16 km/liter untuk penggunaan luar kotanya.

Oh iya, selain irit bahan bakar, terasa responsif pada tarikan atasnya, Toyota Yaris lele juga mudah dalam hal perawatan. Untuk spare partnya kalian tidak perlu merasa khawatir, di pasaran suku cadang mobil ini sangat melimpah dan mudah ditemui di seluruh penjuru nusantara dari yang ori hingga KW.

Baca juga: Harga Bekas Toyota Yaris Lele Menggoda, Seberapa Murah Cicilan Bulanannya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil