window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebelum Toyota Yaris Cross Hadir, Toyota Indonesia Pernah Jual Yaris Heykers ala Crossover

Yongki Sanjaya · 11 Mei, 2023 16:30

Sebelum Toyota Yaris Cross Hadir, Toyota Indonesia Pernah Jual Yaris Heykers ala Crossover 01

Toyota dalam waktu dekat akan merilis model baru yang disinyalir sebagai Toyota Yaris Cross. Kiprah crossover dengan basis dari hatchback sebelumnya pernah juga dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor dalam wujud Yaris Heykers.

Toyota Yaris Heykers diluncurkan oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM) pada 2016. Sejatinya, model Heykers ini memang merupakan terobosan baru dari Toyota Toyota di Indonesia menggarap crossover dari bodi hatchback. 

Yaris Heykers menggabungkan kepraktisan ala hatchback dan daya jelajah yang luar biasa layaknya SUV.  Mobil ini dikerjakan oleh tim desain TAM  di bawah naungan Donny Adhi Yuwono sebagai Chief Designer TAM Design. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 

SUV Penerus Toyota Rush Bakal Bernama Raize Space?

Dari Pick Up Sampai SUV, Ini Mesin Tangguh 2NR-VE yang dipakai Toyota dan Daihatsu di Indonesia

Mobil Hybrid Toyota Buatan Indonesia: Veloz, Yaris Cross, atau Raize Space?

Terdapat berbagai penyesuaian dari sisi desain maupun komponen agar Yaris standar bisa lebih perkasa ala SUV. Dimulai dari penambahan aksesoris berupa over fender tebal berwarna hitam di bagian atas fender. Pada bumper depan juga terdapat penambahan protection moulding yang menyatu dari area lampu hingga bagian bawah bemper. 

Sebelum Toyota Yaris Cross Hadir, Toyota Indonesia Pernah Jual Yaris Heykers ala Crossover 01

Kemudian  di bagian atap mobil Heykers disematkan roof rail yang berfungsi untuk mengakomodir lebih banyak barang bawaan. Ground clearance setinggi 184 mm karena menggunakan suspensi TRD Indonesia dan velg berukuran 16 inci yang dibalut ban ukuran 195/55R16. Bila dibandingkan dengan Yaris biasa taau tipe TRD, maka versi standarnya hanya memiliki ground clearance 149 mm. 

Fitur Multimedia di Toyota Yaris Heykers Ikut Mendapat Upgrade

Sebelum Toyota Yaris Cross Hadir, Toyota Indonesia Pernah Jual Yaris Heykers ala Crossover 01

Melihat suasana kabin di Yaris Heykers sebenarnya tidak ada berbedaan signifikan dibandingkan versi standar, termasuk pada driving experience. Upgrade signifikan pada Yaris Heykers ada pada kelengkapan fitur multimedia. Head unit Heykers menggunakan produk yang sama dengan Toyota Sienta yang dilengkapi dengan fitur Miracast,  Bluetooth dan konektivitas untuk USB, AUX, SD Card.

Toyota Yaris Heykers Pakai Mesin Baru Pada Masanya

Sebelum Toyota Yaris Cross Hadir, Toyota Indonesia Pernah Jual Yaris Heykers ala Crossover 02

Improvisasi berikutnya yang dilakukan oleh TAM terdapat pada sektor dapur pacu baru untuk Yaris Heykers. Tidak seperti Yaris Lele yang memakai mesin  1NZ-FE yang legendaris, Yaris Heykers telah memakai mesin 1.500 yang sama seperti Sienta dan Yaris Joker. Mesin berkode 2NR-FE   16-valve DOHC menghasilkan tenaga 107 Ps @ 6.000 rpm dan torsi 14,3 Kgm @ 4.200 rpm.

Sebagai informasi, Yaris Heykers juga menjadi ajang riset TAM untuk transmisi baru yang akan digunakan pada Yaris Joker generasi berikutnya. Pada Yaris Heykers telah memakai transmisi otomatis CVT menggantikan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Tujuan memakai CVT agar Yaris Heykers mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 30%. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil