Adu SUV RWD Harga Rp300 Jutaan, Toyota Rush Baru Lebih Oke dari Fortuner Bekas?

Enda · 10 Mei, 2022 14:00

Toyota Rush vs Fortuner

Dengan budget Rp300 jutaan yang dipergunakan untuk membeli mobil idaman, saat ini tentunya kalian akan dihadapkan banyak opsi. Salah satunya mobil baru jenis SUV berpenggerak roda belakang (RWD). Dengan harga segitu, pilihannya ada pada Toyota Rush S AT GR Sport yang dibandrol Rp301 juta.

Jika bicara SUV RWD kondisi bekas di harga yang beda tipis, pilihanya terdapat Toyota Fortuner G VNT TRD lansiran 2015 yang ditawarkan mulai dari Rp305 juta. Sama-sama mampu menampung hingga tujuh orang sekaligus, apakah Toyota Rush baru lebih menjanjikan dari Fortuner bekas, atau justru sebaliknya? Agar tidak bingung, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Inilah 7 Tips Membeli Toyota Fortuner Bekas, Mobil Idaman Pria Maskulin

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Toyota Rush Baru Jadi Pilihan yang Bijak, Dijamin Garansi dan Asuransi

Toyota Rush S AT GR Sport

Toyota Rush S AT GR Sport

Membeli mobil baru atau bekas tentu akan dihadapi banyak kelebihan dan kekurangannya. Sebelum meminang Toyota Fortuner G VNT TRD kondisi bekas, kalian diwajibkan melakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari body, interior, kaki-kaki, hingga mesin.

Hal ini perlu dilakukan guna memastikan mobil yang hendak dibeli tidak pernah mengalami tabrakan secara fatal, bekas terendam banjir, serta mendapati kondisi kaki-kaki sehat dan mesin dalam keadaan normal. Setelah membeli mobil bekas, jangan lupa untuk melakukan service ringan seperti mengganti pelumas atau cairan lainnya untuk menjaga keawetan serta performa mesin.

Berbeda jika membeli Toyota Rush baru, kalian akan mendapatkan garansi pabrikan dan tidak perlu khawatir mobil tersebut bekas terendam banjir atau nabrak. Selain itu juga tidak diharuskan mengganti pelumas secara langsung. Yang harus diperhatikan setelah membeli mobil baru, kalian hanya perlu melakukan service secara rutin sesuai dengan jadwal yang ditentukan.  

Sama-sama RWD, Toyota Rush Baru Kalah Tangguh dari Fortuner Bekas

Toyota Fortuner G VNT TRD

Toyota Fortuner lebih tangguh ketimbang Rush

Menggunakan platform unibody yang juga dipakai Avanza gen-2, sasis pada Toyota Rush ini dibuat menyatu dengan body yang berfungsi untuk mengurangi bobot kendaraan sehingga menghasilkan performa yang baik. Dengan platform ini, Toyota Rush masih terlihat jangkung seperti SUV umumnya berkat penggunaan velg R17 ditambah ground clearancenya yang tinggi mencapai 220 mm.

Bicara soal ketangguhan, Toyota Fortuner kondisi bekas lansiran 2015 jauh lebih unggul ketimbang Rush baru. Hal tersebut dikarenakan untuk sasisnya Fortuner mengadopsi platform jenis ladder frame yang kuat dan lentur disaat melewati jalan berkontur.

Menggunakan velg berukuran R17, untuk ground clerancenya mobil ini juga lebih tinggi ketimbang Rush yang mana menurut spesifikasi berada di angka 221 mm sehingga lebih cocok digunakan melintasi segala medan.  

Toyota Rush S AT GR Sport

Dimensi Toyota Rush lebih kecil

Sebagai informasi, secara dimensi Toyota Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.706 mm. Sedangkan Fortuner gen-1 facelift mempunyai panjang 4.705 mm, lebar 1.840 mm, serta tinggi 1.850 mm. Dengan dimensi yang lebih besar, tentunya Fortuner mampu memuat barang dengan jumlah lebih dan terasa nyaman.

Toyota Rush Kaya Akan Fitur Ketimbang Fortuner

Toyota Rush S AT GR Sport

Fitur Toyota Rush paling komplit

Menyoal fitur yang ada pada Toyota Rush S AT GR Sport, mobil ini telah dibekali dengan sistem hiburan berupa head unit layar sentuh 7 inci yang telah dilengkapi interinet dengan multitasking support (Miracast/Weblink with Radio/USB/CD), smartphone remote APP, Ipod/Iphone connectivity dan weblink (waze support) yang dipadukan 8 surround sound speaker.

Fitur lainnya, pada mobil ini kalian bisa menjumapi adanya auto retractable yang bekerja secara otomatis saat menekan tombol buka dan kunci pada remote, driver seat height adjuster, start/stop button, audio & phone handsfree steering switch dan auto A/C with digital display.

Untuk fitur keselamatannya sendiri 6 airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), seatbelt di semua titik, seatbelt warning untuk semua kursi, side impact beam, child safety lock, ISOFIX, rear parking camera, front corner sensor, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Dari segi keamanannya sendiri dilengkapi Integrated key with alarm, dengan Key Free System.

Baca juga: Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas?

Toyota Fortuner G VNT TRD

Fitur Toyota Fortuner G VNT TRD kalah lengkap dari Rush S AT GR Sport 

Lalu bagaimana dengan Toyota Fortuner G VNT TRD? Seperti yang diketahui didalamnya mobil ini telah dibenamkan fitur berupa head unit layar sentuh 8 inci dimana telah mendukung format DVD, mp3, USB, weblink, miracast, koneksi iPod/iPhone, bluetooth, dan 8 speaker.

Untuk pengaturan AC juga menggunakan model digital yang mana terintegrasi dengan AC di baris kedua dan ketiganya. Guna memudahkan penggunanya, mobil ini mendapatkan spion retractable, start/stop button, audio & phone handsfree steering switch, power outlet di semua baris, serta integrated key with alarm, dengan key free system.

Oh iya, untuk posisi berkendara, Fortuner ini juga bisa diatur menyesuaikan keinginan duduk pengemudi mulai dari reclining, sliding dan ketinggian.

Mengenai fitur keselamatan yang diterimanya, Fortuner terdapat dual SRS airbag, ABS dan EBD. Di bagian kerangka body mobil telah menggunakan GOA dan Head Impact Protection yang akan melindungi penumpangnya ketika terjadi benturan dari luar. Selain itu juga terdapat parking sensor serta rear parking camera yang

Performa Toyota Fortuner Jauh Lebih Buas dari Rush

Toyota Fortuner G VNT TRD

Mesin diesel 2KD-FTV Toyota Fortuner

Toyota Rush Rush S AT GR Sport mengandalkan mesin bensin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Secara spesifkasi, jantung pacunya yang tersematkan mampu merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, varian ini mengandalkan transmisi otomatis 4-percepatan. Sedangkan dibawahnya terdapat pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Bicara Toyota Fortuner G VNT TRD, mobil ini menggunakan mesin diesel berkodekan 2KD-FTV 2.5 liter D-4D Common Rail with VN Turbo (VNT) and Intercooler berkapasitas 2.500 cc. Untuk tenaga yang dihasilkan berada di angka 144 PS @3.400 rpm dan torsi maksimum sebesar 347 Nm @1.600 hingga 2.800 rpm. Mengenai transmisinya, mobil ini dihadirkan dengan dua pilihan, transimisi otomatis ECT Super 4 percepatan dan tranmisi manual 5 percepatan.

Kalian yang menyukai kecepatan, performa mesin diesel pada Fortuner ini sangat mudah untuk ditingkatkan. Dengan hanya melakukan remap ECU, tenaga yang dihasilkannya bisa melonjak hingga 15%.

Kesimpulan

Dengan budget yang sama, untuk sebuah mobil SUV berkapaitas 7 penumpang, kalian bisa memilih Toyota Rush S AT GR Sport baru jika tidak ingin repot melakukan perbaikan serta khawatir mobil bekas nabrak atau terendam banjir. Namun apabila kalian menginginkan sebuah SUV yang macho, tangguh dan bertenaga, Toyota Fortuner G VNT TRD produksi tahun 2015 bisa menjadi pilihan tepat saat ini.

Sebelum membeli Toyota Fortuner bekas, kalian diharuskan untuk mengecek secara lebih detail kondisi kendaraan secara menyeluruh. Jika dirasa ragu, kalian bisa menggunakan jasa inspeksi untuk memastikan bahwa unit mobil bekas yang hendak dibeli benar-benar dalam kondisi baik dan siap jalan.

Baca juga: Sering Dianggap Inferior, Ini Alasan Daihatsu Terios Lebih Pantas Dimiliki Ketimbang Toyota Rush

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Toyota Rush 1.5 G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru