Sering Dianggap Inferior, Ini Alasan Daihatsu Terios Lebih Pantas Dimiliki Ketimbang Toyota Rush

Enda · 19 Apr, 2022 17:30

 

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios dan Toyota Rush pada dasarnya adalah produk yang sama diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Sebagai produk kolaborasi antara Daihatsu dengan Toyota di segmen Low SUV 7-seater, generasi kedua Terios-Rush diluncurkan di penghujung 2017 dengan membawa penampilan yang jauh lebih atraktif, tangguh, sekaligus sporty.

Meski Terios dan Rush merupakan produk yang sama, pesaing utama Mitsubishi Xpander Cross serta Suzuki XL7 ini memiliki beberapa perbedaan sebagai ciri khas dari masing-masing brand. Bukan hanya tampilan, diketahui harga yang dijajakan dari keduanya pun memiliki diferensiasi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Seperti yang diketahui per April 2022 ini, Daihatsu Terios diniagakan mulai dari Rp232.300.000 hingga Rp287.400.000. Sedangkan Toyota Rush sendiri dibandrol dengan harga lebih mahal, yaitu Rp277.600.000 sampai Rp301.000.000.

Memiliki selisih harga baru hingga belasan juta rupiah, berikut alasan kenapa Daihatsu Terios lebih pantas dipinang ketimbang Toyota Rush.

Baca juga: Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

1. Tak Hanya Lebih Murah, Daihatsu Terios Punya Banyak Varian

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios punya banyak varian

Sama seperti beberapa produk Daihatsu lainnya, Terios juga memiliki varian lebih banyak ketimbang saudara kembarnya. Diantaranya; X MT IDS, X MT DLX IDS, X AT DLX IDS, R MT IDS, R MT DLX IDS, R AT IDS, R AT DLX IDS, R MT Custom IDS dan terakhir R AT Custom IDS. Berberda dengan Toyota Rush, saat ini Low SUV pabrikan tiga oval tersebut hanya ditawarkan dalam empat tipe, yakni; 1.5 G MT, 1.5 G AT, 1.5 S MT GR Sport dan 1.5 S AT GR Sport.

Mempunyai varian yang lebih banyak, tentunya konsumen bisa memilih model menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

2. Tampilan Luar Daihatsu Terios Terkesan Lebih Sporty dan Dinamis

Daihatsu Terios

Tampilan luar Daihatsu Terios terkesan lebih sporty dan dinamis

Secara tampilan menurut kami Daihatsu Terios terkesan lebih sporty dan dinamis ketimbang Toyota Rush. Seperti yang bisa dilihat pada varian teratasnya memiliki berbagai bentuk aksesoris. Seperti contoh pada bagian fascia dan buritannya dilengkapi dengan aksen krom, kemudian adanya penambahan side skirt yang dicat warna perak dan body kit serta decal berupa garis tegas berwarna merah dan silver yang menjulang dari depan hingga ke belakang.

Daihatsu Terios

Tak ketinggalan, guna meningkatkan kesan prestisus dan tangguh, mobil ini memperoleh under guard di sisi depan dan belakang yang dilabur dengan warna  silver. Selain itu di bagian belakangnya Terios juga mendapatkan garnish berukuran besar dengan warna hitam glossy yang dikombinasikan list krom pada bagian atasnya.

3. Fitur Daihatsu Terios dan Toyota Rush Apakah Sepadan?

Daihatsu Terios

Toyota Rush sedikit lebih lengkap

Bicara fitur, Daihatsu Terios berhasil tersematkan sistem hiburan infotaiment 2 DIN Touchscreen Audio 7” (2 USB, Aux in, Tuner, Mirroring), Front&2nd Row Speakers, Speed Sensing Auto Door Lock, Back Sonar dan Rear Parking Camera.

Selain itu juga terdapat Meter Cluster with MID, Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch, Retractable Outer Mirror, Tweeter & 3rd Row Speaker, Driver Seat Height Adjuster, 2nd Row & 3rd Row Power Outlet, Front Corner Sensor, Auto A/C with Digital Display, Auto on Headlamp dan Arround View Monitor. Untuk fitur keamanannya, mobil ini telah dibekali Integrated key with alarm, dengan Key Free System.

Bagaimana dengan Toyota Rush? Seperti yang bisa dilihat mobil ini turut dibenamkan sistem hiburan infotaiment 2 DIN Touchscreen 7”. Namun bedanya varian teratasnya sudah dilengkapi Interinet dengan Multitasking Support (Miracast/Weblink with Radio/USB/CD), Smartphone Remote APP, Ipod/Iphone Connectivity dan Weblink (waze Support) yang dipadukan 8 Surround Sound Speaker.

Lainnya pada mobil ini kalian bisa menjumpai adanya New Auto Retractable yang bekerja secara otomatis saat menekan tombol buka dan kunci pada remote, Driver Seat Height Adjuster, Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch dan Auto A/C with Digital Display. Sama seperti Terios, untuk keamanannya varian termahal Rush sudah dilengkapi Integrated key with alarm, dengan Key Free System.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama dan Baru, Lebih Irit yang Mana?

4. Fitur Keselamatan Standar Daihatsu Terios dan Toyota Rush Sama

Daihatsu Terios

Daihatsu Terios dan Toyota Rush dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC)

Bicara mengenai fitur keselamatan, baik Daihatsu terios maupun Toyota Rush memiliki kesamaan. Seperti yang bisa dilihat keduanya sendiri telah dibenamkan SRS airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter, 2nd Row Seatbelt (3 points ELR x2 + 2 Point NR x1), 3rd Row Seatbelt (3 points (ELR x 2).

Selain itu juga terdapat side impact beam, child safety lock, 2nd Row Headrest x2, 3rd Row Headrest x2, Front & Rear Stabilzer, Seatbelt Warnilng Lamp & Buzzer (driver side), rear parking camera, front corner sensor, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Hanya saja untuk Rush sendiri semua model yang dijajakan memiliki enam kantong udaranya yang dapat memberikan perlindungan terhadap penumpang secara optimal ketika mengalami benturan cukup kencang.

Sebagai informasi, Daihatsu Terios dan Toyota Rush tersematkan fitur berupa Eco Idle. Fitur ini sendiri dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Dengan begitu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Eco Idle yang terdapat pada Terios maupun Rush terbukti mampu menghemat penggunaan bahan bakar 5-10% dibandingkan model sebelumnya. Mekanisme untuk mengaktifkan cara kerjanya ketika speed 0 atau posisi mobil berhenti, tuas persenilng ada di D untuk matic, dan menginjak pedal rem.

5. Daihatsu Terios dan Toyota Rush Menggunakan Mesin dan Transmisi yang Sama Persis

Daihatsu Terios

Mesin 2NR 1.5L pada Daihatsu Terios dan Toyota Rush

Sama seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush juga dibenamkan mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Secara spesifkasi, jantung pacunya yang tersematkan mampu merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, baik keduanya sama-sama dihadirkan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Baca juga: Mesin Sama, Daihatsu Xenia Kok Bisa Lebih Responsif Ketimbang Terios?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru