Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT?

Enda · 15 Agu, 2021 09:00

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 01

Toyota Yaris GR Sport vs Toyota Vios G

Bermain di segmen hatchback kompak, belum lama ini Toyota Yaris GR Sport secara resmi diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor untuk menggantikan varian TRD Sportivo sebagai trim teratasnya. Sebagai informasi untuk varian termahalnya, yakni Yaris GR Sport CVT menurut situs resminya kini dibandrol dengan harga PPnBM Rp284 juta.

Melihat harga bandrolnya berada di angka Rp280 jutaan, untuk segmen small sedan Toyota Indonesia mempunyai Toyota Vios G CVT yang merupakan tipe tertingginya ini dipatok dengan harga PPnBM Rp283,3 juta. Memiliki selisih harga hanya Rp700 ribuan, antara Yaris GR Sport CVT dengan Vios G CVT mana yang lebih cocok digunakan sebagai mobil perkotaan?

Baca juga: Masih Tertarik Beli Sedan? Ini Fakta Menarik Seputar Toyota Vios

Toyota Yaris GR Sport Lebih Proper Digunakan Untuk Aktifitas Sehari-hari

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 02

Toyota Yaris GR Sport lebih proper untuk aktifitas sehari-hari

Jika melakukan perbandingan antara Toyota Yaris GR Sport dengan Toyota Vios G, menurut kami Yaris GR Sport lebih proper digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm, mobil ini terlihat lebih pendek dibandingkan dengan Vios G yang mana mempunyai panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm. Dengan begitu Yaris GR Sport tentunya akan terasa lebih mudah dikendarai dalam menembus kamacetan di kota-kota besar.

Eksterior Toyota Yaris GR Sport Jauh Lebih Sporty dan Atraktif

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 01

Toyota Yaris GR Sport terlihat lebih sporty dibandingkan Toyota Vios G

Hanya dengan menambahkan Rp700 ribuan, kalian bisa mendapatkan Yaris GR Sport dengan penampilan yang jauh lebih sporty ketimbang Vios G.

Bicara mengenai tampilan eksterior Toyota Yaris GR Sport, pada bagian fascianya ini dibalut dengan New Electrifying Front Looks, dengan list hitam yang menggantikan warna merah sebelumnya antara bumper dengan body kit didepannya. Di wajahnya ini tetap mewariskan Attractive New Front Grille and Bumper, New Striking LED Headlamp Design, dan New LED Fog Lamp Design.

Pada bagian samping Yaris GR Sport terdapat ubahan pada decal sticker TRD Sportivo yang digantikan GR Sport dengan desain lebih ngeblok. Melihat pada burtitan, bumper Yaris GR Sport tetap mewariskan varian TRD Sportivo sebelumnya dengan bentuk yang atraktif dan sporty berkat tambahan diffuser di bagian bawahnya. Ubahan terjadi hanya pada list di bumper yang awalnya merah menjadi hitam serta logo GR Sport di sebelah kanannya.

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 02

Toyota Vios G terlihat stylish dan youthful

Toyota Vios kini terlihat stylish dan youthful. Sebagai andalan Toyota di kelas small sedan, mobil ini memiliki eksterior yang terlihat dinamis namun masih kalah sporty dengan Yaris GR Sport. Meski demikian, mobil ini juga terlihat eyes catching dan berotot berkat diaplikasikannya lekukan serta garis tegas di seluruh tubuhnya tersebut.

Khususnya di bagian fascianya yang atraktif dan meruncing, pada lampu untamanya ini sudah menganut LED light guide yang dipadukan dengan DRL headlamp.

Dibawahnya, kalian bisa menjumpai air dam berukuran besar berpenampilan bold pada bumpernya yang sporty dan atraktif. Agar terlihat lebih dinamis, pada bagian samping mobil ini diaplikasikan dengan desain velg yang sama persisi digunakan Yaris GR Sport, berukuran 195/50 R16 dual-tone model kipas.

Baca juga: Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder

Interior Vios G Tampil Mewah, Yaris GR Sport Bergaya Sporty

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 03

Interior Toyota Yaris GR Sport terkesan sporty

Melihat bagian dalam kabin Toyota Yaris GR Sport, trim ini tak ada ubahan yang berarti dari varian TRD Sportivo. Seperti yang bisa dilihat, interiornya ini didominasi dengan warna hitam yang dipadukan list silver dibeberapa bagiannya untuk menyuguhkan kesan sporty dan araktif pada mobil ini.

Seperti yang bisa dilihat, Yaris GR Sport berhasil dibekali New Advanced Infotainment System with Smartphone Connection layar sentuh 7 inci dengan HD display untuk memutar DVD, Radio FM/AM, SUV, Aux, dan Bluetooth, yang dilengkapi fitur iPod Ready, Miracast, Web link, dan remote apps melalui smartphone.

Pada varian ini juga telah dilengkapi dengan New Rear Parking Camera yang akan semakin memudahkan pengguna untuk memarkirkan kendaraannya.

Di lingkar kemudinya ini, sudah disematkan tombol pengaturan audio dan TFT Switch yang memudahkan penggunannya untuk mengatur channel pada sistem hiburan serta mengetahui informasi tentang kendaraan.

Oh iya, di balik lingkar kemudinya ini kalian bisa menemukan fitur paddle shift yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan tingkat percepatan secara manual dengan ergonomis.

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 04

Tampilan dashboard Toyota Vios G terasa mewah

Dibandingkan Yaris GR Sport, interior Toyota Vios G ini lebih menawarkan kesan nyaman, dinamis dan futuristis dengan sentuhan warna beige dan hitam serta aksen silver yang menyelimuti bagian dalamnya.

Meski demikian, sistem infotaiment pada trim teratas Vios ini sama seperti yang digunakan Yaris GR Sport. Dimana head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang disematkan sudah mendukung konektivitas AM/FM, USB, Bluetooth, Aux, serta kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Pada sistem infotaimentnya ini, kalian juga bisa melakukan pengaturan melalui tombol yang terdapat di lingkar kemudinya. Selain itu, salah satu tombolnya juga bisa digunakan untuk melakukan setting terhadap kendaraan langsung yang ditampilkan melalui TFT MID pada meter clusternya. Sama seperti Yaris GR Sport, Vios G ini mendapatkan fitur paddle shift yang diletakan di belakang setrinya tersebut.

Melihat sistem pendingin udara yang digunakan sama seperti Yaris GR Sport, dimana mobil ini mendapat tampilan digital dengan Auto AC untuk melakukan pengaturan suhu udara secara otomatis. Dengan begitu pengguna mobil tidak perlu lagi mengatur AC secara manual ketika berkendara yang tentunya meningkatkan kepraktisan berkendara.

Kapasitas Bagasi Toyota Vios G Menggungguli Toyota Yaris GR Sport

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 05

Kapasitas bagasi Toyota Yaris GR Sport sebesar 326 liter

Mengetahui kapasitas bagasi, Toyota Vios jelas lebih unggul ketimbang Yaris GR Sport. Seperti yang diketahui semua varian Vios saat ini memiliki volume bagasi mencapai 506 liter yang mana bisa dimuati lima tas berukuran besar.

Bicara kapasitas bagasi mobil city car bergaya Hatchback, Toyota Yaris GR Sport memiliki ruang bagasi berukuran 326 liter. Dengan kapasitas yang dimilikinya, Yaris GR Sport dapat dimuati tiga koper dan satu tas ransel.

Ketika sedang membawa barang dengan kapasitas cukup banyak, kalian juga tidak perlu khawatir. Pasalnya kursi belakangnya tersebut bisa dilipat, sehingga memberikan ruangan yang lebih luas dari bagasi umumnya.

Toyota Vios G CVT dan Yaris GR Sport CVT Disematkan Fitur Keselamatan yang Sama

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 06

Fitur keselamatan Toyota Yaris GR Sport CVT dan Toyota Vios G CVT sama

Pada sisi fitur safety Toyota Yaris GR Sport maupun Toyota Vios G CVT, dilengkapi dengan 7 buah airbags sebagai tingkat perlindungan utamanya.

Selain itu, ada juga Vehicle Stabilly Control (VSC), Brake Assist (BA), Traction Control (TRAC), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Anti Lock Braking System (ABS) dan Smart Stop Technology (SST).

Untuk mengecek besarannya tekanan angin pada ban, mobil ini juga dilengkapi dengan Tire Pressure Monitor System (TPMS).

Bicara tentang sistem pengereman, keduanya juga sudah dilengkapi ABS (Anti Lock Breaking System) di semua variannya yang dikombinasikan dengan EBD ( Electronic Breaking Distribution dan BA atau (Brake Assist). Ada juga fitur Hill-Start Asisst (HSA) yang dapat mencegah mobil mundur seketika ketika berada diposisi jalan yang miring.

Keduanya Menggunakan Jantung Pacu Serta Transmisi yang Sama

Budget di Bawah Rp300 Juta, Pilih Toyota Yaris GR Sport CVT atau Toyota Vios G CVT? 07

Toyota Yaris GR Sport CVT dan Toyota Vios G CVT sama-sama memakai mesin 2NR-VE 1.500 cc

Sama seperti Toyota Vios G CVT, Yaris GR Sport CVT ditanamkan mesin 2NR-VE In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i secara melintang yang mempunyai tingkat durabilitas cukup baik yang dilengkapi mode Eco dan Sport. Menurut spesifikasi, jantung mekanis yang digunakan keduanya ini berkubikasi 1.496 cc mampu melucutkan tenaga hingga 107 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm @4.200 rpm. Baik Yaris GR Sport CVT maupun Vios G CVT ini menggunakan transmisi otomatis CVT 7-percepatan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari keduanya, dengan selisih harga baru hanya Rp700 ribu menurut kami Toyota Yaris GR Sport CVT lebih cocok dipilih dibandingkan Toyota Vios G CVT. Hal ini dikarenakan Yaris GR Sport sendiri diketahui memiliki tampilan yang lebih sporty, atraktif dan proper.

Namun apabila kalian mengutamakan kendaraan kompak perkotaan yang mampu memuat barang lebih banyak, tampilan interior yang mewah, Vios G CVT bisa jadi pilihan tepat.

Baca juga: Toyota Yaris TRD CVT vs Mitsubishi Xpander Cross Premium AT, Mana yang Cocok Sebagai Mobil Keluarga Muda Harga Rp 300 Jutaan?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vios E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru