window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cuma Selisih Rp300 Ribu, Wuling Cortez CT Tipe S MT Lebih Worth It Ketimbang Toyota Avanza E MT

Enda · 2 Mar, 2022 19:04

Wuling Cortez Vs Toyota Avanza

Wuling Cortez CT S MT vs Toyota Avanza E MT
  • Toyota Avanza tipe E transmisi manual (M/T) harganya mirip Wuling Cortez CT S MT.
  • Wuling Cortez sebenarnya masuk ke segmen Medium MPV, sementara Toyota Avanza LMPV.
  • Kenyamanan pun Toyota Avanza kalah dari Wuling.

Wuling Cortez CT dan Toyota Avanza bermain di segmen yang berbeda. Secara kelas, Cortez dihadirkan untuk melawan langsung kedigdayaan Innova. Sedangkan Avanza masuk dalam kategori Low MPV, melawan adiknya, yakni Confero.

Meski secara segmen berbeda, bicara menyoal harga baik Wuling Cortez CT maupun Toyota Avanza terbilang bersaing. Sebagai contoh, dengan subsidi diskon PPnBm dari Wuling, untuk tipe S MT Cortez kini dibandrol Rp217,5 juta. Mengetahui harga baru Toyota Avanza E MT yang mendapat diskon PPnBM dari pemerintah, mobil ini diniagakan Rp217,2 juta.

Sedikit menarik kesimpulan, keduanya hanya memiliki selisih harga baru Rp300 ribuan.

Baca juga: Lebih Mahal dari Indonesia, Toyota Avanza 2022 Versi Filipina Malah Miskin Fitur

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lebih Mahal Rp300 Ribu, Wuling Cortez CT S MT Terasa Lebih Nyaman?

Wuling Cortez Vs Toyota Avanza

Wuling Cortez terasa lebih nyaman ketimbang Toyota Avanza

Secara dimensi, Wuling Cortez lebih besar dibandingkan dengan Toyota Avanza. Hal ini tentunya membuat Cortez terasa lebih nyaman ketika digunakan berpergian bersama keluarga.

Menurut data di atas kertas, Cortez memiliki panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, tinggi 1.755 mm dan whellbase 2.750 mm. Sedangkan Toyota Avanza mempunyai panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.655 mm serta jarak sumbu roda 2.750 mm.

Dengan dimensi lebih besar, terbukti Wuling Cortez terasa lebih nyaman saat digunakan. Terlebih mobil ini juga terasa lebih empuk dibanding Avanza ketika melewati jalan berkontur berkat disematkannya supensi berjeniskan McPherson strut di depan dan semi-independent di bagian belakang.

Namun ada yang unik untuk Avanza saat ini. Pasalnya mobil ini punya tiga baris kursi fleksibel bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Jarak antara penumpang baris pertama dan keduanya mencapai 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Sedangkan gerak maju mundur pada baris keduanya mencapai 240 mm.

Sebagai informasi, Wuling Cortez CT S MT mampu dimuati hingga 8-penumpang sekaligus, tidak seperti Toyota Avanza E MT yang hanya dapat menampung 7-penumpang dalam sekali melakukan perjalanan.

Lebih Murah dari Cortez CT S MT, Fitur Toyota Avanza E MT Lebih Lengkap?

Wuling Cortez Vs Toyota Avanza

Fitur Toyota Avanza cukup lengkap

Meski memiliki status varian termurah di keluarga Cortez, varian CT S MT nya berhasil dibekali dengan remote open windows and trunk dan Anti-theft system. Fitur ini memungkinkan penggunannya membuka keempat jendela mobil dengan hanya menekan tombol remote. Tentu fungsi utamanya dapat mengurangi hawa panas setelah mobil diparkir di bawah sinar matahari langsung.

Tak sampai disitu, mobil ini juga berhasil diaplikasikan fitur seperti MID 3,5”, head unit dengan format USB, radio, aux-in, seatbelt adjuster, AC double blower, power window with protection, central door lock, electric mirror, electric tailgate lock dan follow-me-home headlamp.

Bicara varian terendah, Toyota Avanza, untuk sistem hiburannya menggunakan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format USB dan Bluetooth. Meski begitu, tampilan head unitnya sudah model floating. Lainnya, kalian juga bisa menjumpai adanya layar MID untuk mengetahui informasi seputar kendaraan, AC double blower, seatbelt warning, power window, central door lock dan electric mirror.

Baca juga: Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez

Fitur Keselamatan Toyota Avanza E MT Kalah Lengkap dari Wuling Cortez CT S MT?

Wuling Cortez Vs Toyota Avanza

Fitur keselamatan Toyota Avanza lebih lengkap dari Wuling Cortez

Seperti yang bisa dilihat untuk Toyota Avanza E MT kini tersematkan dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya itu, faktor keselamatan kini lebih diperkuat dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Bicara sektor keselamatan pada varian terendah Wuling Cortez, mobil ini mendapatkan ABS, EBD, seatbelt for all rows, ISOFIX, auto door lock, Emergency Stop Signal (ESS), serta rem model cakram di seluruh rodanya.

Wuling Cortez CT S MT Dibenamkan Mesin 1.5L Turbo Kepunyaan Almaz dengan Performa Besar

Wuling Cortez Vs Toyota Avanza

Mesin 1.5L turbo yang disematkan di Wuling Cortez

Varian terendah Wuling Cortez dibekali dengan mesin 1.5L turbo kepunyaan Almaz. Secara data, pabrikan menyematkan jantung mekanis 4 silinder segaris DOHC, turbocharged DVVT berkapasitas 1.451 cc dengan teknologi Turbocharger by Honeywell.

Mesin yang ditanamkan secara melintang di balik bonnetnya yang lebar tersebut mampu menghasilkan tenaga setara 142 PS @5.200 rpm dan torsi 250 Nm 1.600-3.600 rpm yang disalurkan ke roda depan. Putaran tenaga yang dihasilkan tersebut kemudian diatur menggunakan transmisi manual 6-percepatan.

Menyoal Toyota Avanza E MT, mobil ini ditawarkan mesin 1.3L 1NR-VE 1.329 cc DOHC 4 silinder segaris dual VVT-i yang mampu memeras tenaga sebesar 98 PS @6.000 rpm dan torsi 121 Nm @4.200 rpm. Sama seperti Cortez yang struktur mesinnya diletakan secara melintang dengan mengandalkan penggerak roda depan, untuk tingkat percepatannya Avanza menggunakan transmisi manual 5-speed.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga baru hanya Rp300 ribuan, jika kalian mencari kenyamanan berkendara dan performa, Wuling Cortez CT S MT jauh lebih bisa diandalkan. Namun apabila kalian lebih memperhatikan harga purna jual yang relatif stabil serta layanan after sales lebih banyak, menjatuhkan hati pada Toyota Avanza adalah pilihan tepat.

Baca juga: Barangnya Sama Saja, Berikut 5 Alasan Daihatsu Xenia 2022 Lebih Layak Dipilih Daripada Toyota Avanza 2022

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Cortez CE 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil