window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu MPV FWD, New Wuling Cortez EX Lebih Baik dari Toyota Avanza G CVT TSS?

Enda · 29 Mar, 2022 19:00

New Wuling Cortez vs Toyota Avanza

New Wuling Cortez EX Vs Toyota Avanza G CVT TSS?

Menempati kelas Medium MPV, varian teratas New Wuling Cortez, yakni EX dengan diskon PPnBM Wuling dibandrol Rp310.650.000. Di segmen Low MPV, Toyota Avanza G CVT TSS yang juga merupakan varian termahalnya tersebut kini diniagakan Rp293.400.000.

Baca juga: FAQ New Wuling Cortez: Apakah Semakin Nyaman dengan Harga Tembus Rp300 Jutaan?

Melihat daripada keduanya, New Wuling Cortez EX ditawarkan lebih mahal Rp17,2 juta. Dengan harga baru lebih mahal, apakah mobil keluarga jenama Tiongkok tersebut bisa lebih baik dari Avanza G CVT TSS?

Captain Seat Vs Sofa Mode

New Wuling Cortez vs Toyota Avanza

Sofa mode Toyota Avanza 2022

Melihat daripada konfigurasinya, New Wuling Cortez mampu dimuati hingga tujuh orang sekaligus. Pada baris keduanya sendiri mampu menampung dua orang dengan menggunakan jok model captain seat yang dilengkapi multipurpose seat tray untuk meletakan barang bawaan, makan hingga minuman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan adanya fitur ini penumpang akan merasa lebih nyaman jika sedang berpergian keluar kota. Pasalnya joknya sendiri telah dilengkapi arm rest yang bisa memberikan gaya rileks terhadap penumpangnya.

Bagaimana dengan Toyota Avanza? Dibangun menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang dikembangkan berdasarkan konsep kualitas tinggi harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien, sebenarnya Toyota Avanza kini juga tak kalah nyaman dengan Cortez.

Meski tidak menggunakan captain seat, mobil ini telah dibekali fitur sofa mode yang mana dapat memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh.

Sistem Hiburan New Wuling Cortez Lebih Besar dan Lengkap

New Wuling Cortez vs Toyota Avanza

New Wuling Cortez punya head unit lebih besar dengan fitur lengkap

Toyota Avanza kini dilengkapi New Striking Full Dashboard Design yang disertai panel instrumen untuk memberikan berbagai informasi melalui New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID. Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang dengan mudah pengguna menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap.

Bicara sistem hiburannya, mobil ini disematkan head unit 9 inci yang mendukung konektifitas USB dan Bluetooth. Sebagai informasi, varian teratasnya steering switch control yang bisa memberikan kemudahan terhadap penggunannya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana menggunakan tombol pada setir.

Lain dari itu Avanza G CVT TSS juga memperoleh fitur canggih berupa T Intouch sama seperti yang ditawarkan Veloz Q CVT dan Q CVT TSS. Fitur ini berguna menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota. T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil.

Mengenai New Wuling Cortez, mobil ini dibenamkan head unit berukuran 10.25 inci dengan 6 buah speaker yang memiliki kompetensi sebagai koneksi mirrorlink tanpa kabel, USB fast charging, internet connectivity, navigasi sampai dengan pengaturan kendaraan.

Bukan cuma itu, sistem hiburannya juga dilengkapi Wuling Indonesian Command (WIND) dan juga mengaplikasikan Internet of Vehicle (IoV). Untuk WIND sendiri memberi kemudahan menjalankan beberapa fitur yang ada hanya dengan menggunakan perintah suara.

IoV Technology sendiri dapat menghubungkan mobil dengan pemiliknya melalui internet dan akses berbagai fitur canggih IoV dengan konektivitas dari smartphone ataupun sistem hiburannya. Berkat dua inovasi ini New Cortez bisa dikatakan sebagai pionir Smart MPV .

Sama seperti Toyota Avanza G CVT TSS, Cortez EX telah disematkan AC double blower, digital AC control, Auto AC, keyless entry, start/stop engine button, serta illuminating LED. Namun varian tertas Cortez terasa lebih nyaman dan mewah berkat adanya sunroof yang bisa dibuka menggunakan tombol dan remot serta electric seat adjuster pada jok pengemudi.

Baca juga: Selisih Rp22,9 Juta, Pilih Toyota Avanza TSS 2022 atau Daihatsu Xenia A.S.A 2022? Adu Riuh BSM vs LDW

Toyota Avanza G CVT TSS Memperoleh Fitur Keselamatan ADAS

New Wuling Cortez vs Toyota Avanza

Fitur keselamatan Toyota Avanza G CVT TSS lebih lengkap

Fitur keselamatannya New Wuling Cortez EX dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake- force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA), Electric Parking Brake (EPB), Automatic Vehicle Holding (AVH), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), front & Rear Parking sensor.

Bukan cuma itu, salah satu produk flagship Wuling ini juga dibekali ISOFIX & Child Safety Lock, front and rear disc brake, Electric Parking Brake, sistem deselerasi ABS, EBD, BA, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Dual SRS Airbag (Front & Side), Emergency Stop Signal (ESS), TCS (Traction Control System), Anti-Theft Alarm, Seat Belt Reminder, dan terakhir Faitgure driving warning.

Dibandingkan dengan Cortez EX, Toyota Avanza G CVT TSS mempunyai fitur lebih lengkap. Sebagai keselamatan standarnya mobil ini tersematkan 6 airbags (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai), Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak sampai disitu, mobil ini juga diperkuat dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA).

Tak hanya itu, guna memberikan perlindungan lebih baik terhadap penggunannya, Avanza berhasil mendapat tambahan fitur keselamatan ADAS yang dinamai Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada Avanza sendiri mencakup Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert.

New Wuling Cortez Lebih Bertenaga

New Wuling Cortez vs Toyota Avanza

Pakai turbo tenaga dan torsi New Wuling Cortez lebih besar

Urusan jantung pacu New Wuling Cortez EX lebih bertenaga dibandingkan Toyota Avanza G CVT TSS. Hal ini terjadi lantaran Cortez telah dibekali mesin 1.5L turbo 4 silinder segaris DOHC, turbocharged DVVT Euro 4 berkapasitas 1.451 cc dengan teknologi Turbocharger by Honeywell yang dapat memeras tenaga hingga 142 PS @5.200 rpm dan torsi 250 Nm 1.600-3.600 rpm yang dikawinkan transmisi CVT.

Bicara Avanza, Low MPV andalan Toyota ini dibenamkan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i diketahui dapat melecutkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Sama seperti Cortez, Avanza juga menggunakan transmisi CVT yang dilengkapi dengan split gear baru. Untuk sistem penggeraknya, keduanya sama-sama mengandalkan penggerak roda depan (FWD).

Kesimpulan

Ditawarkan lebih mahal Rp17,2 juta dari Toyota Avanza G CVT TSS, rasanya New Wuling Cortez EX layak kalian pilih jika mengincar performa, kenyamanan, serta gaya berkendara. Namun apabila kalian membutuhkan sebuah mobil keluarga dengan harga lebih terjangkau, jaringan service lebih banyak, serta fitur keselamatan lengkap, Toyota Avanza G CVT TSS adalah pilihan tepat.

Baca juga: Masih Setia dengan RWD, Spesifikasi Wuling Confero S Apakah Lebih Andal Dari Toyota Avanza 2022?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil