window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia

Prasetyo · 29 Nov, 2021 11:15

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 01

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hybrid sudah mulai diedarkan di Jepang. Sesuai namanya, Raize dan Rocky hybrid merupakan tipe yang berbeda dibanding dua model Raize-Rocky yang dipasarkan di Indonesia. Karena untuk yang terbaru ini sudah menggunakan teknologi e-Smart Hybrid.

Sistem ini berarti menggabungkan antara mesin mesin 1.200 cc WA-VEX dengan motor listrik. Teknologinya mirip dengan yang dipakai pada Nissan e-Power. Alasannya, dengan memakai mekanisme seperti itu, akan didapatkan efisiensi bahan bakar yang semakin baik, namun biaya pengembangan dan produksinya tidak terlalu besar. Sehingga harga mobil masih bisa ditekan tidak terlalu tinggi.

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 02

Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid

Tetapi untuk membedakan dengan unit bermesin bakar tanpa motor listrik, Daihatsu juga memberikan diferensiasi dari segi estetika. Baik di eksterior maupun interior. Loh kenapa cuma Daihatsu, apakah itu berarti Toyota Raize hybrid dengan non hybrid tak ada beda? Ya tetap ada bedanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah kalau penasaran seperti apa sosok Toyota Raize e-Smart Hybrid dan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid, kami akan ungkap beberapa perbedaannya dibanding Rocky-Raize yang ada di Indonesia saat ini.

Baca juga : Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Logo Daihatsu Rocky Hybrid Juga Pakai Aksen Biru

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 01

Logo Daihatsunya juga biru seperti mobil hybrid Toyota

Karena sejatinya Rocky-Raize adalah proyek pengembangan yang sebagian besar dilakukan Daihatsu, maka yang kita akan bahas lebih dulu Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid ya. Dan kalau diperhatikan, tetap ada beberapa detil yang membedakannya dengan model non hybrid.

Di depan, yang paling mencolok adalah keberadaan logo Daihatsu yang menggunakan aksen biru. Tentunya ini selaras dengan logo-logo mobil hybrid Toyota yang juga pakai aksen biru. Jadi kalau mau lihat ciri khas mobil listrik Daihatsu, maka bisa dilihat dari logo yang warna biru ini. Dan bukan tak mungkin kalau di tahun-tahun berikutnya, kita akan makin sering melihat mobil Daihatsu berlogo biru seperti ini.

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 02

Logo e-Smart Hybrid baik di Rocky atau Raize

Sementara itu dari bentuk lampu utama, gril, dan foglamp, masih sama dengan tipe non hybrid. Begitupun pada Toyota Raize hybrid yang tak jauh berbeda dengan model non hybrid-nya.

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 03

Pakai velg 17 inci dengan baut lima

Lanjut ke bagian samping, Anda bisa melihat desain velg Daihatsu Rocky hybrid mapun Toyota Raize hybrid yang berbeda dengan non hybrid. Warnanya two tone, serta kini pakai baut roda berjumlah lima, bukan lagi 4.

Baca juga : Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan?

Interior Toyota Raize e-Smart Hybrid juga Ada Nuansa Biru

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 04

Layout dasbornya juga masih serupa model non hybrid

Elemen berikatnya yang berbeda dari Daihatsu Rocky hybrid dan Toyota Raize hybrid adalah di sisi interior. Kalau melihat layout dasbor dan kontur jok serta lekuk trim pintunya, jelas masih menyerupai model non hybrid. Tapi coba perhatikan lebih detil.

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 05

Tombol start engine kini biru

Di tombol Start/Stop engine misalnya, kini pakai warna biru. Kemudian tampilan meter clusternya juga berubah. Karena pada display tertampil indikator Charging, ECO, dan Power.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Pakai Smart Pedal

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 06

Meter cluster Rocky-Raize hybrid

Perubahan lainnya yang bisa ditelisik dari kedua model hybrid terbaru yang menggunakan DNGA ini adalah pada sistem berkendaranya. Pengemudi disediakan sistem Smart Pedal. Yaitu sebuah mekanisme pengendaraan yang mirip teknologi One Pedal Drive pada Nissan Kicks e-Power.

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 07

Sudah ada EPB, Auto Hold, dan S-PDL

Jadi pengemudi cukup menekan satu pedal gas selama berkendara. Jika ia ingin berkaselerasi, tinggal berikan tekanan yang lebih kuat pada pedal gas tersebut. Sementara ketika hendak deselerasi, maka lepas kaki dari pedal gas. Pada kondisi deselerasi ini pula baterai listrik akan mengisi daya.

Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia 08

Sistem e-Smart Hybrid mirip e-Power dari Nissan

Untuk sumber tenaganya, tipe e-Smart Hybrid besutan Daihatsu ini mengkombinasikan antara mesin 1.200 cc WA-VEX yang menjanjikan tenaga 82 PS dan torsi 105 Nm. Kemudian dtambah motor listrik yang sanggup memuntahkan tenaga puncak mencapai 106 PS dengan torsi 170 Nm. Soal konsumsi BBM Daihatsu Rocky hybrid diklaim bisa mencapai 34,8 km/liter.

Baca juga : Galeri Foto: Simak Detail Honda SUV RS Concept, Debut Calon Penantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil