Lagi, Toyota Innova Zenix Gak Kuat Nanjak, Apa Iya Faktor FWD?
Prasetyo · 1 Agu, 2023 08:00
0
0
Kasus Toyota Innova Zenix gak kuat nanjak kembali ramai di media sosial, banyak yang menyalahkan akibat mekanisme FWD, namun tak sedikit yang memvonis skill pengemudinya.
Toyota Innova Zenix memang alami perubahan yang sangat drastis kalau dibanding generasi sebelumnya yang punya julukan Innova Reborn.
Bagaimana tidak, bukan cuma keseluruhan tampilan luar dan interiornya yang berubah maksimal, namun platform yang dipasang hingga sistem penggerak rodanya pun digubah sampai penyematan teknologi hybrid dengan baterai listrik.
Dari sekian lama perjalanan Toyota Kijang yang selama ini setia pakai sistem gardan dengan penggerak roda belakang (RWD), maka di Innova Zenix sistem penggerak rodanya digeser ke depan (FWD).
Dengan dalih agar kenyamanan pengemudi dan penumpang lebih meningkat, nyatanya penggerak roda depan ini malah dianggap bikin Toyota Innova Zenix gak kuat nanjak.
Benarkah demikian?
Toyota Innova Zenix Menyerah di Tanjakan Batu Jomba
Belum lama ini beredar video yang memperlihatkan bagaimana satu unit Innova Zenix terlihat tak mampu melewati jalanan menanjak.
Diunggah oleh akun @innovacommunity, diperkirakan lokasi kejadian ini ada di tanjakan Batu Jomba, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.
"tanjakan batu jomba, katanya tanahnya ga stabil gerak trus dibenerin rusak lg, tp masa iya insinyur di indonesia ga ada yg bisa ngatasi😂" tulis komentar akun @agum_priyatna.
Adapun unit Innova Zenix hitam tersbeut sepertinya yang tipe mesin hybrid, ini terlihat dari emblem "Hybrid" yang ada di bawah spion liar mobil tersebut.
Bukan yang Pertama Terjadi
Terjalnya medan di tanjakan yang kabarnya kerap memakan korban mobil terjadi kecelakaan itu, bukan kali pertama Toyota Innova Zenix gak kuat nanjak.
Sebab pada awal April 2023 lalu juga terlihat unit MPV 7 penumpang itu kewalahan menghadapi tanjakan viral tersebut.
Tentu saja ketidakmampuan Innova Zenix melibas jalan menanjak tersebut menuai banyak komentar dari warganet.
Banyak komentar yang menilai kalau berubahnya Innova Zenix jadi FWD adalah akar masalah mobil tersebut untuk menghadapi median jalan di Indonesia yang banyak kontur pegunungan.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.