Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental

Enda · 22 Apr, 2021 20:00

Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental 01

Tampilan depan Toyota Avanza

Memperhatikan faktor kenyaman dan keamanan, membuat beberapa orang lebih memilih untuk menyewa atau merental mobil ketimbang menunggangi transportasi umum. Cara ini sering dilakukan untuk dapat berpergian ke suatu tempat bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Pada umumnya, mobil yang sering digunakan untuk usaha rental ini bermodelkan LMPV dengan kapasitas daya tampung tujuh penumpang serta memiliki dimensi yang cukup besar. Melihat model kendaraan yang dimaksud, biasanya pengusaha rental hanya mengandalkan Toyota Avanza untuk dapat terus menjalankan usahanya.

Sebenarnya banyak pilihan mobil selain Toyota Avanza yang cocok digunakan untuk usaha rental. Berikut kami berikan informasi mengenai beberapa model mobil yang cocok digunakan untuk usaha rental.

Baca juga: Deretan LMPV Terlaris Maret 2021, Avanza Terlaris dan Honda Mobilio Menjatuhkan Daihatsu Xenia

1. Toyota Kijang Innova

Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental 02

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang juga cocok digunakan untuk usaha rental. Memiliki dimensi yang lebih besar dari Toyota Avanza, Kijang Innova sendiri dapat menampung hingga delapan penumpang didalamnya. Alasan lain Toyota Kijang Innova cocok digunakan untuk usaha ini karena dibenamkan mesin dengan tingkat durabilitas yang tinggi.

Mengenai spesfikasinya, varian bensinnya dibenamkan mesin 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc yang dapat menghasilkan tenaga 139 PS @5.600 rpm di angka torsi 183 Nm @4.000 rpm. Sedangkan varian dieselnya yang berkodekan 2 GD FTV 4-silinder, 4-silinder, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.393 cc mampu memuntahkan tenaga 149 PS @3.400 rpm dan torsinya mencapai 359 Nm @1.200-2.600 rpm.

Kedua mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan. Untuk menggerakan mobil, putaran mesin yang dihasilkan tersebut ditranslasi melalui penggerak roda belakang (RWD).

Sistem penggerak RWD hingga kini menjadi andalan masyarakat Indonesia karena dengan mudah dapat melintasi berbagai medan yang berkontur.

Mengetahui harganya saat ini, Toyota Kijang Innova dibandrol mulai dari Rp321.1 juta sampai dengan Rp417.2 juta.

2. Honda Mobilio

Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental 03

Honda Mobilio

Honda Mobilio bisa menjadi opsi ketika kalian hendak menjalani usaha rental. Selain terbilang cukup nyaman, biaya perawatan serta konsumsi BBM mobil ini juga bisa diandalkan.

Bicara mengenai tenaganya, performa yang dihasilkan mobil ini terbilang cukup responsif. Hal ini dikarenakan mesin berkodekan L15Z1 SOHC berteknologi i-VTEC+DBW 4-silinder 1.496 cc yang dibenamkan mobil ini terbesar dikelasnya, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 118 PS @6.600 rpm serta torsi 145 Nm @4.600 rpm.

Untuk usaha rental, kami sarankan untuk memilih varian transmisi manual saja. Mengingat transmisi otomatisnya sudah menganut teknologi CVT yang mana jika mengalami kerusakan akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Bicara harga barunya, Honda Mobilio ditawarkan mulai dari Rp197.6 juta hingga Rp250 juta.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM, Honda Mobilio Kalahkan Mitsubishi Xpander

3. Suzuki Ertiga

Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental 04

Suzuki Ertiga

Model selanjutnya adalah Suzuki Ertiga. Pesaing utama Toyota Avanza ini sangat bisa diandalkan untuk berkeja keras. Ertiga sendiri Sejak mendapatkan mesin baru K15B, mampu mencatat angka konsumsi BBM 16,73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual, Berdasarkan ujicoba tes BT2MP.

Secara spesifikasi, mesin K15B dengan penggerak roda depan (FWD) yang digunakannya ini menganut teknologi DOHC VVT 1.462 cc yang dapat merilis tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm @4.400 rpm.

Mesin dengan tingkat durabilitas tinggi tersebut ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk usaha rental, kalian bisa memilih salah satu dari kedua transmisi yang disuguhkan.

Melihat harga barunya, LMPV tulang punggung pabrikan otomotif berlogo ‘S’ ini dipatok mulai dari Rp199.4 juta sampai dengan Rp241.3 juta.

Perlu kalian ketahui, Suzuki Ertiga ini mempunyai sedikit kelemahan di bagian kaki-kaki depannya. Apabila kalian berencana meminang Ertiga untuk kebutuhan usaha rental, pastikan sesering mungkin melakukan pengecekan secara rutin.

4. Toyota Avanza

Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental 05

Toyota Avanza

Sebagai mobil sejuta umat, Toyota Avanza sangat cocok digunakan untuk usaha rental. Selain mempunyai mesin dengan durabilitas yang sangat baik, mobil ini menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD) yang membuatnya dengan mudah melahap berbagai trek jalan berkontur.

Disamping itu, biaya perawatan mobil ini juga terbilang sangat terjangkau. Kalian juga tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan suku cadang. Pasalnya, ketersedian spare part mobil ini sangat melimpah dan mudah ditemukan diseluruh penjuru nusantara.

Sebagai informasi, Toyota Avanza ditawarkan dengan dua pilihan mesin 1.3L dan 1.5L. Varian 1.3L memiliki kubikasi 1.329 cc 1NR-VE IL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-I mampu menghasilkan tenaga 96.5 PS @ 6.000 rpm dan torsi 120 Nm @4.200 rpm. Sedangkan varian 1.5L memiliki kubikasi 1.496 cc 2NR-VE IL, 4 Cylinder, 16V, DOHC, Dual VVT-I melecutkan tenaga 104 PS @6.000 rpm di angka torsi 136 Nm @4.200 rpm. Keduanya sama-sama ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Bicara harga saat ini, Avanza ditawarkan mulai dari Rp187.6 juta sampai dengan Rp216.5 juta.

5. Daihatsu Xenia

Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental 06

Daihatsu Xenia

Selain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia sangat cocok digunakan untuk usaha rental. Memiliki spesifikasi yang secara umum sama dengan Avanza, Xenia sendiri ditawarkan lebih murah dari saudara kembarnya. Mengetahui harga barunya saat ini, LMPV andalan Daihatsu ini dibandrol mulai dari Rp184.5 juta sampai dengan Rp225.9 juta.

Oh iya, alasan lain Daihatsu Xenia dipilih sebagai mobil rental selain ketangguhan yang dimilikinya, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang efisien. Penggunaan dalam kota, Xenia mampu menempuh jarak hingga 13 km/l. Ketika dibawa berpergian keluar kota, dengan kecepatan yang konstan, Xenia mampu meraih jarak hingga 17 km/l.

Baca juga: Mengapa Daihatsu Xenia Masih Sangat Diminati Hingga Saat Ini, Karena Murah dan Mudah?

Komentar