Di Jakarta Dielus-elus, Ini 5 Mobil Mahal yang Kerap Dipakai Angkutan Umum di Papua

Enda · 13 Jul, 2022 09:00

Angkot Papua

Tidak seperti Jakarta yang mayoritas jalan aspalnya mulus, di wilayah Indonesia bagian timur seperti Papua untuk kondisi jalannya hingga kini masih banyak yang berlumpur rawan longsor dan berbatu. Untuk itu warga di sana saat ingin berpergian ke tempat lain harus melewati kontur jalan yang ekstrim.

Jika di Jakarta angkutan umum yang digunakan sejenis minibus perkotaan seperti Daihatsu Gran Max dan Suzuki Carry, di Papua kendaraan umum yang dipakai berbasikan SUV serta minibus berladder frame yang biasanya dipakai oleh para pejabat atau pengusaha disini guna mendukung aktifitas sehari-hari.

Biasanya mobil mewah yang digunakan sebagai taksi ini melayani perjalanan di wilayah pegunungan Papua, Merauke - Bovendigoel, Nabire - Paniai dan Sorong - Tambrauw, Papua. Untuk tarifnya sendiri angkutan umum pedalaman ini ditawarkan dengan harga bervariatif mulai dari Rp350 ribu rupiah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Bukan cuma penumpang, di Papua, angkutan umum mewah juga kerap digunakan untuk muatan hasil bumi, sembako dan hewan perliharaan. Ingin tahu apa saja mobil mewah yang sering digunakan sebagai angkutan umum di Papua? Berikut deretannya.

1. Toyota Fortuner

Angkot Papua

Toyota Fortuner

Pertama mobil yang kerap digunakan sebagai angkutan umum di wilayah pedalaman papua adalah Toyota Fortuner. Sebagai SUV 7-seater bersasiskan ladder frame, Fortuner bukan cuma tangguh, tapi juga memiliki tingkat durabilitas tinggi.

Bicara harganya, di Jakarta Toyota Fortuner saat ini ditawarkan mulai dari Rp543 juta. Untuk jantung pacunya mobil ini dihadirkan dalam tiga model, bensin 2.7L, solar 2.4L dan solar 2.8L yang dipadukan dengan dua transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic.

Bukan cuma mengandalkan penggerak roda belakang (RWD), Fortuner juga ditawarkan pilihan penggerak 4x4 dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model putar.

Baca juga: Tampang Nyentrik Ala Angkot Kota Padang, Ngetem Bareng Rasa Kontes Modifikasi

2. Mitsubishi Pajero Sport

Angkot Papua

Mitsubishi Pajero Sport

Pesaing dari Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport juga kerap dipakai sebagai angkutan umum di Papua. Soal harga, mobil ini diniagakan mulai dari Rp529,6 juta OTR Jakarta.

Mempunyai ketangguhan di medan off-road berkat penggerak roda belakang serta keempat rodanya, Pajero Sport dibekali dengan mesin diesel 2.4L 4N15 MIVEC Turbocharger dan 2.5L 4D56 Commonrail Turbocharger. Untuk transmisinya ditawarkan otomatis 8-percepatan, manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

3. Toyota Innova

Toyota Innova

Angkutan umum di wilayah pedalaman Papua bukan cuma menggunakan mobil jenis SUV. Di sana mobil MPV 7-seater seperti Toyota Innova juga dipakai sebagai kendaraan penumpang umum.

Di Jakarta banyak digunakan sebagai mobil keluarga, rental serta kendaraan operasional perusahaan, Innova saat ini dibandrol dari Rp369,6 juta. Untuk sistem penggeraknya Innova hanya mengandalkan roda belakang untuk membuatnya dapat berjalan. Oh iya, Innova ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.0L dan 2.4L diesel yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic.

Baca juga: 5 Mobil Lawas yang Identik Sebagai Angkot, Toyota Kijang Kapsul Termasuk?

4. Mitsubishi Triton

Angkot Papua

Mitsubishi Triton

Versi double cabin dari Pajero Sport, Mitsubishi Triton menjadi salah satu model dengan populasi terbanyak di Papua yang dipakai sebagai angkutan umum. Memiliki bak yang cukup bisa diandalkan untuk membawa muatan hasil bumi, sembako dan hewan perliharaan, mobil ini memiliki spesifikasi yang sama dengan Pajero Sport di sektor jantung pacu, transmisi dan sistem penggeraknya.

Jantung mekanisnya menggunakan mesin diesel 2.4L 4N15 MIVEC Turbocharger dan 2.5L 4D56 Commonrail Turbocharger dengan transmisi otomatis 8-percepatan, manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Mempunyai ketangguhan di medan off-road, mobil ini menggunakan sistem penggerak roda belakang dan 4x4.

Oh iya, sebagai informasi di Jakarta Mitsubishi Triton dibandrol mulai Rp529,6 juta.

5. Toyota Hilux

Angkot Papua

Toyota Hilux

Sama seperti Mitsubishi Triton yang mempunyai kesamaan dengan Pejero Sport, Toyota Hilux juga memiliki banyak kemiripan dengan Fortuner. Mempunai bak yang juga tangguh dan kokoh mobil ini mampu dimuati segala jenis barang bawaan sehingga tak heran apabila di Papua dipakai sebagai angkutan umum.

Mengenai spesifikasinya Hilux D-Cab hanya ditawarkan mesin diesel 2.4L yang dipadukan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic dengan sistem penggerak RWD dan 4x4 (part time) with differential lock. Soal harga Toyota Hilux D-Cab saat ini diniagakan Rp510,2 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Selain Daihatsu Gran Max, Deretan Mobil Ini Juga Identik Digunakan Untuk Angkot

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru