Perbedaan Toyota Calya 2020 dan Daihatsu Sigra 2020, Mana yang Paling Menguntungkan?

Yongki Sanjaya · 4 Nov 2020 14:00

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil dari segmen Low Cost Green Car (LCGC) berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Keduanya adalah hasil dirancang oleh Daihatsu dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota-Astra Motor di Indonesia.

Calya dan Sigra dibangun berdasarkan mobil konsep Daihatsu UFC-3 yang dipresentasikan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di Jakarta. Sekalipun basisnya sama, pada dasarnya Toyota Calya 2020 dan Daihatsu Sigra 2020 punya banyak perbedaan. 

Kalian perlu tahu dimana bedanya, sehingga bisa menentukan mana model yang memberi fitur paling banyak dengan harga paling terjangkau. Dengan begini, uang yang kalian keluarkan jadi semakin terasa manfaatnya. 

Perbedaan Tipe Toyota Calya 2020 dan Daihatsu Sigra 2020

Toyota menyediakan New Calya dalam 8 varian, antara lain E STD M/T, E MT STD, E M/T, E MT, G M/T, G MT, G A/T dan G AT. Dari sekian tipe tadi, hadir dalam 2 jenis transmisi yaitu manual dan otomatis. Berbeda dengan Daihatsu Sigra 2020, Toyota hanya menawarkan Calya dengan satu jenis mesin, yakni mesin 1.200 cc.

Sementara Daihatsu memberikan pilihan yang jauh lebih banyak, mencapai 20 varian untuk New Sigra 2020. Tipe yang tersedia antara lain 1.0 D MT E4, 1.0 D MT MC, 1.0 M MT E4, 1.0 M MT MC, 1.2 X MT E4, 1.2 X MT MC, 1.2 X MT DLX E4, 1.2 R MT E4, 1.2 X MT DLX MC, 1.2 R MT MC, 1.2 R MT DLX E4, 1.2 R MT DLX MC, 1.2 X AT E4, 1.2 X AT MC, 1.2 X AT DLX E4, 1.2 R AT E4, 1.2 X AT DLX MC, 1.2 R AT MC, 1.2 R AT DLX E4 dan 1.2 R AT DLX MC. 

Sigra menawarkan 2 jenis transmisi (Manual dan Otomatis) dan juga 2 jenis mesin yakni mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Ini membuat Sigra memiliki opsi paling banyak untuk calon pembeli. 

Fitur Pendukung di Daihatsu Sigra 2020 Lebih Lengkap Daripada Toyota Calya 2020

Daihatsu cukup royal soal kelengkapan fitur di Sigra 2020 daripada Toyota Calya 2020

Bicara soal fitur pendukung, Daihatsu cukup royal soal kelengkapan di Sigra daripada Toyota Calya 2020. Apa saja fitur pendukung yang ada di Sigra? 

Talang Air

Daihatsu menambahkan fitur talang air di kedua sisinya dan moulding chrome pada bagian bawah pintu Sigra. Sebaliknya, Toyota Calya 2020 tampil polos yang membuatnya terlihat simple dan sederhana. 

Velg

Toyota Calya 2020 maupun Daihatsu Sigra sama-sama menggunakan velg berukuran 14 inci. Namun untuk varian dasar, Sigra memakai ukuran 13 inci. 

Bicara soal kelengkapan, Daihatsu turut menyematkan mud guard pada Sigra yang membuat sisi sampingnya lebih terlindungi dari cipratan air dan lumpur. Untuk Calya 2020, tetap polosan saja tanpa mud guard yang dijual terpisah sebagai aksesoris bolt on. 

Sensor Tambahan

Di sisi lain, Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan front corner sensor. Memang, fitur ini hanya tersedia di varian R. 

Front corner sensor dapat memberikan bunyi peringatan apabila mobil terlalu dekat dengan objek di depannya. Lagi-lagi, Toyota cukup pelit untuk Calya 2020, karena tidak memiliki fitur tersebut di seluruh variannya. 

Garnish dan Body kit

Pada bagian samping, Sigra memiliki detail yang lebih baik dan menarik. Terdapat moulding berwarna krom di bagian pintu bawah. Hal ini membuat Sigra jadi tidak terkesan murahan. 

Tak kurang, ada sentuhan unik dari mobil Daihatsu Sigra 1.2 R MT. Mobil ini mendapat tambahan aksen spoiler belakang yang menjadikan Sigra jadi terlihat lebih sporty.

Fitur Kenyamanan Kabin, Mana Lebih Lengkap? 

Toyota Calya 2020 lebih unggul dari sisi fitur kenyamanan berkendara.

Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, Calya menyediakan headrest bagi 3 penumpang di baris kedua. Patut disayangkan, Sigra hanya memiliki 2 headrest. 

Soal fitur kenyamanan di kabin, Calya lebih unggul karena setirnya telah dilengkapi beberapa tombol untuk mengatur sistem hiburan atau Audio Steering Switch. Sedangkan pada Daihatsu Sigra tidak memiliki fitur serupa yang ditawarkan Calya. Alasannya, untuk membuat LCGC MPV versi Daihatsu ini lebih terjangkau.

Sayangnya mobil Daihatsu Sigra masih belum memiliki fitur ABS pada pengeremannya, jadi pengendara harus berhati-hati dalam melakukan pengereman. Di sisi lain, Toyota Calya 2020 sudah memiliki fitur ABS. Fitur ini mampu membantu pengendara menjaga kontrol kendaraan saat melakukan pengereman mendadak. 

Harga Daihatsu Sigra 2020 vs Toyota Calya 2020

Daihatsu Sigra 2020 dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor dengan rentang harga antara Rp 119,5 juta untuk yang termurah hingga Rp 158,45 juta pada tipe termahal. Sementara itu, PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek menjual Calya 2020 dengan harga Rp 138,85 juta untuk yang termurah dan tipe tertingginya seharga Rp 156,4 juta. 

Kesimpulan

Secara perbandingan harga, Sigra memiliki tipe termurah dengan mesin 1,0 liter. Namun tipe tertinggi harganya lebih mahal dari Toyota Calya 2020. 

Bisa dimaklumi, karena fitur kelengkapan di Daihatsu Sigra sedikit lebih baik daripada kembarannya dari brand Toyota. Sementara untuk Toyota Calya 2020 sedikit unggul dari sisi kenyamanan kabin dan fitur keselamatan berupa rem ABS. 

Jadi untuk kalian yang lebih mencari mobil dengan fungsi alat transportasi tanpa begitu mencari performa, maka Sigra menawarkan tipe yang lengkap dan ada yang terjangkau. Apabila kalian menuntut semua fitur dasar pendukung kenyamanan harus ada, maka Toyota Calya 2020 adalah jawabannya. 
 

Komentar

Mobil Terbaru