window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Hybrid Toyota Buatan Indonesia: Veloz, Yaris Cross, atau Raize Space?

Herdi · 13 Apr, 2023 09:02

Mobil Hybrid Toyota Buatan Indonesia: Veloz, Yaris Cross, atau Raize Space? 01

Toyota Indonesia dikabarkan tengah mempersiapkan kehadiran mobil terbaru yang sudah dilengkapi teknologi hybrid. Mobil terbaru ini akan diproduksi secara lokal di pabrik Toyota Karawang, Jawa Barat, seperti Kijang Innova Zenix.

Persiapan mobil hybrid Toyota ini juga dibenarkan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi. Hanya saja, Anton masih enggan membocorkan model Toyota mana yang akan dibenamkan teknologi hybrid. 

Baca juga: Toyota Siapkan 10 Mobil Listrik di 2026, Indonesia Kebagian?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ilustrasi proses perakitan mobil hybrid Toyota Kijang Innova Zenix

Proses perakitan Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

"Pokoknya tunggu saja (kemunculan mobil Toyota hybrid terbaru)," ungkap Anton di sela acara Journalist Test Drive di Bali pekan lalu.

Mobil Hybrid Toyota Harganya Rp300 Jutaan

Toyota memang masih enggan membeberkan model mobil hybrid terbarunya, dimana yang terakhir kali ada Kijang Innova Zenix. Namun di akhir tahun lalu, disebutkan bahwa calon mobil hybrid Toyota terbaru akan masuk di segmen B, dan harganya terjangkau yaitu Rp300 jutaan.

Baca juga: Rental Mobil Buat Mudik Lebaran, Segini Tarif Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid per Hari

Ilustrasi proses perakitan mobil hybrid Toyota Kijang Innova Zenix

Proses pemasangan baterai Innova Zenix hybrid

Adapun Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, ternyata tidak menampik, jika Toyota ingin menggarap mobil hybrid Rp300 jutaan bahkan kurang. Pasalnya menurut dia segmen mobil di segmen B dengan harga tersebut pasarnya cukup besar dan diminati konsumen baik secara lokal maupun global.

"Kita juga bisa melakukan ekspor ke beberapa wilayah selatan-selatan itu, kan sebenarnya jadi area kita,” ucap Warih.

Baca juga: SUV Penerus Toyota Rush Bakal Bernama Raize Space?

Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross

Lebih lanjut Warih menuturkan, untuk segmen C seperti Fortuner, memang cukup bagus jika dilihat dari bisnis. Hanya saja strategi untuk mobil listrik belum dilakukan ke arah sana. Sama seperti Anton Jimmy, Warih juga enggan membeberkan model mobil Toyota apa yang akan dibenamkan teknologi hybrid di tahun ini. 

Nah, jika kita amati berdasarkan clue mobil hybrid Toyota diambil dari seperti segmen B, harga Rp300 jutaan, diproduksi secara lokal oleh TMMIN dan bisa di ekspor, maka ada beberapa kemungkinan bahwa mobil hybrid yang dimaksud adalah Toyota Veloz. Akan tetapi ada juga yang menyebutkan, jika mobil yang dimaksud adalah Yaris Cross.

Toyota Veloz

Toyota Veloz kini diproduksi langsung oleh TMMIN

Selain itu, beberapa waktu lalu heboh soal kemunculan mobil Toyota bernama Raize Space, yang kabarnya jadi pengganti Toyota Rush. Bahkan sosok Raize Space ini sudah diajukan paten oleh pihak Toyota Motor Corporation Jepang di Indonesia. Tepatnya melalui Direktorat Jenderal Kekayaaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (DJKI Kemenkumham).

Jadi, apakah Veloz Hybrid, Yaris Cross Hybrid, atau Raize Space Hybrid? Gimana menurut Anda?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia