window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado

Yongki Sanjaya · 25 Jun, 2022 15:00

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado 01

Saat kita melihat sosok Toyota Land Cruiser, ada juga yang hadir dalam versi Prado. Secara penampilannya hampir mirip, namun ada perbedaan aksen eksterior dan interior sehingga disangka Prado ini adalah tipe dari Land Cruiser. Lantas, apa sih bedanya Toyota Land Cruiser dan Prado ini?

Sebagian masyarakat sering kali menyebut SUV Toyota Prado sebagai Toyota Land Cruiser Prado. Tapi pada pasar tertentu, Toyota Prado dan Toyota Land Cruiser adalah dua model yang berbeda.

Sebagai contoh yaitu Toyota Prado di pasar Amerika Utara, yang bukan bagian dari jajaran Toyota Land Cruiser. Namun pada pasar negara tertentu, Toyota Land Cruiser turut dijual dalam varian Toyota Prado.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bila melihat sejarahnya, Prado meluncur sejak 1985, sedangkan Toyota Land Cruiser lahir 1951. Lantas, mana yang benar antara kedua premis di atas? 

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado 01

Secara umum ada 2 macam Land Cruiser yang berbeda, yaitu Land Cruiser untuk model station wagon yang ukurannya besar. Dan untuk model yang lebih kecil disebut Land Cruiser II yang di Jepang diberi nama Prado. 

Itu tadi sekilas perbedaan antara Land Cruiser dan Prado. Berikut ini penjelasan mendalam soal perbedaan antara kedua model tersebut.

Perbedaan Konsep Antara Toyota Land Cruiser dan Prado, Tidak Selalu Satu Basis yang Sama

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado 02

Banyak orang yang beranggapan kalau Land Cruiser dan Prado layaknya Alphard dan Vellfire atau mungkin dulu seperti Vitara dan Escudo. Ternyata tidak sesederhana itu perbedaan antara kedua model ini. 

Perbedaan yang mendasar dari dua mobil ini ada pada ukuran dan juga kapasitas dapur pacu. Toyota Prado umumnya memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil dan ukuran kendaraan yang juga lebih kecil dibandingkan dengan Toyota Land Cruiser.

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado 03

Secara desain, Toyota Prado dan Toyota Land Cruiser bisa dibedakan. Land Cruiser memiliki desain yang lebih besar dan tegas lagi premium, sedangkan Prado memiliki desain yang lebih sporty dan ukurannya lebih kecil dibandingkan Land Cruiser. Selain itu, perbedaan daari desain Land Cruiser dan Prado juga terlihat dari grill dan fasia depan.

Bagi sebagian negara, Toyota Prado tidak termasuk jajaran Toyota Land Cruiser. Misalnya seperti di kawasan Amerika Utara, Prado lebih dikenal dengan Lexus GX, dimana mobil ini termasuk dalam kelas mobil mewah.

Perbedaan Mesin dan Spesifikasi Toyota Prado dan Land Cruiser

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado 04

Bisa dibilang Toyota Prado merupakan Land Cruiser versi ringkas. Untuk Prado di Indonesia kebanyakan menggunakan mesin bensin yang sama persis dengan Toyota fortuner yaitu 2.7 Liter 2TR-FE VVT-i/Dual VVT- i (4 silinder). 

Sedangkan untuk Land Cruiser menggunakan mesin Diesel dan bensin dengan kapasitas maupun jumlah silinder yang lebih banyak. Untuk Toyota Land Cruiser di Indonesia menggunakan mesin diesel berkode 1VD-FTV V8 32 Valve DOHC dengan kapasitas 4.461cc.

Selain mesin tadi, jamak kita temukan Land Cruiser didukung mesin 6 dan 8 silinder lain, seperti 1KZ, 1FE atau jajaran mesin besar lainnya yang jadi andalan Land Cruiser untuk mendukung kemampuannya yang tangguh saat adventure. 

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Toyota Land Cruiser dan Prado 05

Jadi Power dan Torsi Land Cruiser sekitar 40% sampai 50% lebih besar dari Prado.  Ini sangat penting.  Jika kamu hanya berkendara di jalan beraspal saja, maka memilih Prado adalah hal yang tepat.  

Ini karena Prado sudah terpasang Full-time 4WD. 4WD full-time memberikan kemampuan di tikungan yang stabil.  Ini harus berguna dalam kasus di jalan yang buruk.  Jadi jika anda berkendara di dalam kota, mengendarai Prado sudah cukup.

Perbedaan lain juga tersemat pada Fitur yang dimiliki, sudah pasti Land Cruiser dan Prado memiliki fitur yang berbeda. Prado lebih modern, mewah, dan ramah berkendara di jalan daripada berbagai trim seri 70 yang tersedia seangkatannya.

Kesimpulan

Walau kadang dipasarkan dengan embel-embel nama Land Cruiser, ternyata Prado ini hadir sebagai SUV yang city oriented. Teknologi dan fiturnya cenderung lebih nyaman untuk berkendara di jalan aspal. Terlebih, Prado juga kapasitas mesinnya lebih kecil sehingga kurang perkasa saat harus berjibaku di medan off road yang cadas. 

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Land Cruiser ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil