window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar

Enda · 4 Agu, 2021 20:00

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 01

Toyota Fortuner baru vs Toyota Land Cruiser VX80 bekas

Bicara sebuah SUV tangguh dan mewah di era 90-an, Toyota Land Cruiser VX80 sempat hadir antara medio 1995-1998. Melihat sedikit sejarahnya, Land Cruiser seri 80 ini meluncur pertama kali pada tahun 1989 untuk menggantikan 60 series yang hanya dijual secara khusus di pasar Amerika Utara dan Eropa.

Selanjutnya, Generasi dari Toyota Land Cruiser VX80 ini distop produksinya pada 1997 di seluruh dunia dan digantikan dengan 90 series atau yang biasa kita kenal dengan Land Cruiser Prado.

Toyota Land Cruiser VX80 menjadi SUV tangguh sekaligus mewah dieranya. Status mobil ini dengan seiring bertambahnya usia justru memiliki harga bekas yang semakin melambung tinggi.

Selain ketangguhan serta kemewahan yang dimiliki, hal lain dikarenakan populasi Land Cruiser VX80 saat ini yang semakin langka sehingga menjadikan mobil ini diburu banyak kolektor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Melansir salah satu situs jual beli mobil bekas, rata-rata Toyota Land Cruiser VX80 bekas saat ini dibandrol dengan harga yang fantastis menembus angka setengah miliar rupiah. Harga yang ditawarkan tersebut sepadan dengan harga baru Toyota Fortuner tipe G AT bermesin diesel penggerak 4x2.

Baca juga: Komponen Speedometer Toyota Fortuner GR Sport Bocor di Marketplace, Meluncur Sebentar Lagi?

Menang Atraktif dan Dinamis, Toyota Fortuner Kalah Gagah dari Toyota Land Cruiser VX80

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 01

Toyota Land Cruiser VX80

Sebagai ciri khas kendaraan era 90-an, Toyota Land Cruiser VX80 memiliki desain sederhana agak membulat, dengan guratan garis sederhana yang menghiasi beberapa lekukan di tubuhnya.

Desainnya mengingatkan kita pada sosok Kijang Rangga tapi ini versi bongsornya. Dengan begitu, membuat mobil ini tetap terlihat gambot dan macho.

Melihat lebih dekat daripada tampilan luarnya, bagian fascia khususnya pada grillnya tersebut dikelilingi dengan list krom yang dapat menampilkan kesan mewah. Tidak seperti mobil sekarang ini seperti Toyota Fortuner yang menggunakan bumper plastik, Land Cruiser VX80 mengandalkan bumper kekar dengan lubang ditengahnya yang terbuat dari campuran besi dan logam untuk memberikan pendinginan ke mesin serta intercoolernya secara maksimal.

Oh iya, sebagai ciri khas SUV, Land Cruiser VX80 juga memiliki over fender, side moulding serta foot step yang terlihat kekar juga dapat memberikan perlindungan terhadap bodynya.

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 02

Toyota Fortuner G AT

Sebagai kendaraan SUV masa kini, Toyota Fortuner memang terlihat lebih berkarakter, atraktif dan dinamis dengan bentuk lebih membulat dibandingkan Land Cruiser VX80. Mobil ini juga berhasil disematkan lampu utama projector dengan bentuk pipih, grille yang berkarakter, under guard lebar, dan LED DRL dibawahnya.

Seperti yang diketahui, mobil ini juga dilengkapi over fender serta foot step sebagai ciri khasnya. Mengikuti gaya desain yang dianutnya sebagai SUV masa kini, pada bagian buritannya dibuat berotot menyesuaikan bentuk keseluruhannya untuk memberikan kesan yang tangguh dan macho.

Interior Toyota Land Cruiser VX80 Termewah di Zamannya

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 03

Interior Toyota Land Cruiser VX80

Toyota Land Cruiser VX80 ini memiliki Interior dengan ukuran yang spesial dan mewah di zamannnya. Meski secara tampilan bentuknya terlihat sederhana, berbagai macam tombol pengaturan untuk menjalankan beragam fitur pada mobil ini diletakan secara berkelompok yang membuatnya menjadi lebih ergonomis.

Untuk memberikan kesan prestisius dan rasa nyaman berkendara, pada jok serta door trimnya ini dibungkus bahan kulit sintetis dengan tekstur yang lembut, halus dan tidak mudah rusak. Perlu kalian ketahui, busa jok pada mobil ini juga tebal yang dapat memberikan kenyaman berkendara kepada setiap penggunannya. Di bagian depan, pengaturan posisi duduk pengemudi akan merasa dimudahkan karena sudah dilengkapi tombol elektrik.

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 04

Interior Toyota Fortuner G AT

Melihat Toyota Fortuner G AT, sisi bagian dalam SUV ini didominasi dengan warna hitam yang mana pada joknya memakai bahan fabric dilabur warna dark grey. Seatnya ini terasa cukup nyaman ketika digunakan berpergian jauh. Namun sayang, pengaturan jok eletrik pada varian Fortuner ini tidak bisa kalian jumpai, kecuali di tipe TRD dan VRZ.

Baca juga: Toyota Venturer Vs Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Mewah?

Fitur Unggulan Toyota Land Cruiser VX80, Mobil Setengah Tua yang Jago Off-Road

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 05

Toyota Land Cruiser VX80 jago diajak off-road

Bepergian jauh menggunakan Toyota Land Cruiser VX80 kalian tidak akan merasa mudah lelah. Pasalnya, mobil ini sudah dibekali Head Unit double-din di cluster tengahnya, AC with Rear Blower dan ditambah fitur keselamatan berupa ABS, dual airbags, dan pendingin minuman pada konsol box.

Selain itu, mobil ini juga hadir dengan sistem penggerak 4 roda dengan fitur 4x4 part time sehingga pengemudi bisa mengatur pemakaian 4x4 untuk off-road atau 4x2 sesuai dengan kebutuhan. Perlu diketahui untuk melakukan aktivasi sistem gerak 4x4 pada mobil ini menggunakan shift knob kecil di samping transmisi manual 6-percepatan atau matic 4-percepatan untuk dapat mengoperasikan transfer case dengan pilihan High gear dan Low gear.   

Toyota Fortuner Tipe G Fiturnya Lumayan Oke

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 06

Fitur keselamatan Toyota Fortuner G AT

Sebagai SUV masa kini, Toyota Fortuner G AT disematkan sistem infotaiment berupa head unit 9 inci yang telah mengadopsi teknologi Miracast, Smart Phone Connection dan voice command namun belum dilengkapi dengan fitur NFC. Automatic Traction Control (A-TRC), Vehicle Stabilty Control (VSC), Trailer Sway Control (TSC), Vehicle Stabilty Control (VSC)

Selain itu Fortuner juga disematkan Variable Fluid Control (VFC) pada power steeringnya untuk memudahkan pengguna mengendalikan kendaraan ketika melaju di kecepatan tinggi, termasuk saat bermanuver di medan berat.

Melihat fitur keselamatannya, varian terendahnya ini sudah menganut Dual Airbags dan Knee Airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) serta Traction Control (TRC).

Namun cukup disayangkan, varian G AT yang dibandrol Rp500 jutaan ini belum dilengkapi dengan sistem penggerak 4x4.

Toyota Land Cruiser VX 80 Dibekali Mesin Berkapasitas Besar yang Sanggup Mengkonsumsi Solar Busuk

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 07

Mesin diesel 1HD-T turbo direct injection pada Toyota Land Cruiser VX 80

Toyota Land Cruiser VX 80 di Tanah Air hadir dengan dua pilihan mesin diesel, yakni 1HD-T turbo dan 1HZ. Mesin berkodekan 1HD-T turbo 

berkapasitas 4.164 cc 6 silinder segaris dengan sistem bahan bakar direct injection ini diketahui dapat memuntahkan tenaga puncak hingga 164 PS @3.600 rpm serta torsi mencapai 361 Nm @1.400 rpm.

Sedangkan mesin 1HZ 6 silinder segaris non-turbo berkapasitas 4.200 cc dengan teknologi SOHC yang digunakannya tersebut dapat meletupkan tenaga 131 PS @3.800 rpm dengan torsi 271 Nm @2.200 rpm.

Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar 08

Mesin 2 GD FTV commonrail pada Toyota Fortuner

Toyota Fortuner sendiri diketahui menggunakan mesin diesel berkodekan 2 GD FTV 4-silinder segaris, 14 valve DOHC 2.393 cc. Tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel berteknologi commonrail tersebut mampu memeras tenaga 149.6 PS @3.400 rpm dengan torsi mencapai 400 Nm @1.600-2.000 rpm.

Untuk membuatnya dapat berjalan, mesin diesel yang digunakan Fortuner tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic sebelum ditranslasi ke penggerak roda belakang.

Sebagai informasi, mesin yang ada pada Toyota Land Cruiser VX 80 ini masih menggunakan teknologi direct injection. Dengan begitu pengguna secara bebas menggunakan solar kualitas rendah seperti Bio Solar tanpa khawatir merusak peranti yang ada didalamnya. Berbeda dengan Fortuner yang sudah menganut teknologi commonrail, mobil ini tidak disarankan untuk menggunakan solar dengan kualitas rendah.

Kesimpulan

Toyota Land Cruise VX80 saat ini ditawarkan dengan harga bekas setara Toyota Fortuner G AT 4x2 baru. Untuk mengincar tampilan modern, atraktif, dinamis dan kenyamanan serta kemudahan dalam hal perawatan, Toyota Fortuner merupakan pilihan yang tepat.

Berbeda jika kalian pecinta off-road dan kolektor yang sekaligus menjadikan mobil bahan investasi, Toyota Land Cruise VX80 adalah pilihan yang bijak. Mengingat, hampir setiap tahunnya harga bekas mobil ini terus beranjak naik.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil