window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tak Hanya Avanza-Xenia, Ini Mobil di Indonesia dengan Mesin 1NR-VE

Enda · 4 Okt, 2022 08:00

Mesin 1NR-VE

Seperti yang kita tahu sebagian kepemilikan Daihatsu sudah dimiliki oleh Toyota. Dengan begitu jangan heran apabila kedua perusahan jenama Negeri Matahari Terbit ini memiliki kesamaan produk baik model dan juga mesin.

Selain 2NR-VE, jantung mekanis kedua pabrikan yang cukup populer digunakan pada beberapa produknya adalah 1NR-VE. Mesin ICE (Internal Combustion Engine) berkombusi injeksi multi-titik yang juga memiliki katup variabel untuk kedua camshaft ini mempunyai karakter yang bandel, irit bahan bakar dan mudah dalam perawatan.

Secara spesifik mesin kompak dengan menampilkan teknologi Dual VVT-i tersebut memiliki konfigurasi 4 silinder segaris, 16 valve DOHC berkubikasi 1.329 cc. Sebagai penerus mesin K3-VE, 1NR-VE memiliki desain piston yang berbeda dengan bentuk lebih kecil dan lebih ringan daripada K3-VE. Mesin berteknologikan dual VVT-i tersebut dirancang dengan area kontak lebih kecil dan menggunakan karbon ceramide, material canggih yang biasa digunakan dalam teknik Formula One guna mengurangi gesekan saat mesin hidup.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, mesin ini juga dilengkapi resirkulasi gas buang yang didinginkan untuk mengurangi memompa kerugian dan mengurangi emisi NOx.

Memiliki teknologi modern yang mampu menghemat penggunaan bahan bakar seklaigus mengurangi kadar emisi Nox, berikut deretan produk baru Toyota dan Daihatsu di Indonesia yang menggunakan mesin 1NR-VE.

Baca juga: Dianggap tangguh, Ini Mobil Suzuki di Indonesia yang Pakai Mesin K15B. Nomor 5 Paling Baru!

1. Toyota Avanza

Mesin 1NR-VE

Toyota Avanza E

 

Generasi ketiga Toyota Avanza dengan platform DNGA menggunakan mesin 1NR-VE untuk varian E manual maupun CVT. Pada model anyarnya mesin ini diletakan secara transverse (melintang) yang menandakan bahwa puataran mesin kemudian diarakhan ke penggerak roda depan.

Sebenarnya mesin 1NR-VE untuk mobil ini sudah digunakan di facelift pertama pada generasi keduanya yang memiliki julukan Grand Avanza. Di Toyota Avanza 2022, jantung mekanis 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang digunakan sanggup meletupkan tenaga hingga 97,9 PS @6.000 rpm serta torsi 121 Nm @4.200 rpm.

Baca juga: Menghitung Biaya Isi BBM Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Kalau Pakai Pertamax

2. Daihatsu Xenia

Mesin 1NR-VE

Daihatsu Xenia

Jika pada Avanza mesin 1NR-VE hadir di varian terendah, E, di Daihatsu Xenia mesin ini dipakai pada varian M, X dan R. Melihat daripada spesifikasinya, untuk tenaga dan torsi yang dihasilkan Xenia 1.3L sama seperti Avanza.

Di atas kertas, enjin 1NR-VE 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc nya mampu memeras tenaga sebesar 97,9 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 121 Nm @4.200 rpm.

Dengan mesin 1NR-VE, Daihatsu Xenia memiliki performa lebih baik, responsif, akselerasi yang halus, dan penggunaan BBM lebih efisien dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan Xenia hadir dengan pilihan transmisi CVT yang dilengkapi dengan split gear baru.

Dengan begitu rasio gigi lebih lebar sehingga menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis. Selain transmisi CVT, mobil ini juga hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

3. Daihatsu Sirion

Mesin 1NR-VE

Daihatsu Sirion

Model teranyar Daihatsu Sirion diluncurkan di Indonesia pada Juni 2022. Sama seperti generasi sebelumnya, city car kompak ini mengandalkan mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc.

Menyoal performa yang dihasilkan, untuk tenaganya berada di angka 95 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 121 Nm @4.200 rpm. Untuk tingkat percepatannya, pada versi faceliftnya ini ADM hanya menawarkan transmisi D-CVT menggantikan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan sebelumnya.

Mobil yang di Negeri Jiran dinamai Perodua Myvi ini untuk transmisi D-CVT yang digunakan memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, yang bisa memberikan sensasi berkendara secara lebih halus saat perpindahan kecepatan.

Selain itu, pada teknologi ini rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi.

Selain menyuguhkan pengalaman berkendara lebih halus, sekaligus responsif, penggunaan transmisi D-CVT juga memberikan angka penggunaan BBM yang lebih efisien. Mengenai varian yang dijajakan Sirion 2022 hadir dalam dua pilihan, yakni X dan R.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Daihatsu Sirion 2022 X dan R

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil