window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga

Samuel Tito · 1 Nov, 2020 16:00

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 01

Toyota Calya hadir demi memenuhi kebutuhan akan suatu mobil keluarga di Indonesia terus berkembang. Hal itu seiring dengan perkembangan ekonomi masyarakat. Hasilnya, segmen konsumen baru bermunculan dengan kebutuhan berbeda. Hal tersebut mendorong Toyota untuk kembali menghadirkan produk seperti Toyota Calya yang sesuai dengan ekspektasi segmen barunya.

Sebelumnya, pecinta merek Toyota mendapatkan pilihan Toyota Avanza pada tahun 2003. MPV berjuta umat ini masuk dengan penawaran produk yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia. Setelah itu, Toyota mencoba memperluas jangkauan konsumen dengan meluncurkan model MPV baru di Indonesia.

 Segmen yang dibidik adalah keluarga baru yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau namun sarat nilai sebagai ciri khas Toyota, dan lahirlah Toyota Calya pada tahun 2016.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kendaraan modern tentunya memiliki tampilan yang menarik di jalan raya. Hal tersebut dibuktikan oleh Calya dengan tampilan depan yang agresif dan modern. Sentuhan di bagian belakang, lampu dengan bentuk L terbalik menjadi ciri khas Toyota dalam mencitrakan mobil sporty.

Toyota menyegarkan Calya dengan memberikan berbagai penyempurnaan agar selalu tampil up-to-date dan memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia. Dengan semangat Ever Better Cars dan Let's Go Beyond, pemilik dapat merasakan peningkatan nilai Calya yang tidak hanya dapat mendukung aktivitas sehari-hari, tetapi juga menjadi mitra di setiap momen bersama keluarga.

Eksterior Toyota Calya 2020

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 01

Secara umum, ubahan terbesar pada mobil ini ada pada tampilan depan Toyota Calya 2020. Bisa dibilang, seluruh fasad depan mobil ini masih baru. Mulai dari desain bumper depan yang memiliki lekukan lebih agresif dibanding model facelift sebelumnya.

Ditambah lagi, dipadukan dengan bilah gril depan hitam horizontal, lampu depan depan dilengkapi dengan bohlam tipe full LED (Light Emitting Diode) yang bersinar putih dan cukup terang.

Melihat sisi eksterior mobil Toyota Calya 2020, sekilas tidak ada perubahan yang signifikan. Paling banter, Anda hanya bakal mengira kalau ubahan Calya terbaru ini hanya pada pelek 14 inci dengan motif mesin anyar.

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 02

Bahkan, untuk tipe Toyota Calya versi atau tipe tertinggi ini, spionnya bisa dilipat secara elektrik dengan menekan sebuah tombol. Perubahan sederhana itu sangat berguna. Apalagi saat mobil melintas di jalan yang sempit.

Perubahan tampilan belakang mobil Toyota Calya 2020 memang tidak terlalu terlihat, karena sebagian besar masih sama dengan Calya sebelum facelift. Hanya saja, untuk tipe G kini ornamen di atas dudukan plat nomor yang tadinya chrome mengkilat, kini menggunakan garnish dark chrome yang jauh lebih elegan.

Interior Toyota Calya 2020

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 03

Untuk tata letak dasbor, sebenarnya baik Toyota Calya 2020 dengan Calya sebelumnya mendapatkan penyegaran modelnya masih sama. Hanya saja, desain dashboard multilayer berwarna lebih gelap dibanding sebelum facelift dan khusus untuk tipe G, terdapat konsol multifungsi di bawah tuas transmisi.

Perbedaan yang paling mencolok adalah, kini Toyota Calya 2020 sudah mendapatkan head unit dengan layar sentuh dengan kemampuan kekinian seperti USB, DVD, Aux in, bluetooth, dan tentunya memutar lagu. Juga kenop kontrol AC sekarang menjadi model kenop.

Khusus untuk Toyota Calya 2020 tipe G, sudah terdapat kantong belakang jok yang praktis untuk menyimpan barang-barang tertentu. Selain itu, di bagian bawah jok penumpang depan terdapat under tray.

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 04

Ini bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan seperti sendal atau barang bawaan yang basah seperti payung atau sepatu yang penuh dengan kotoran, agar kabin khususnya karpet tidak cepat kotor.

Salah satu keunggulan utama Toyota Calya adalah memiliki tempat duduk yang nyaman di kelasnya dan dapat memuat 7 penumpang termasuk pengemudi. Keunggulan ini tidak terkecuali pada Toyota Calya 1.2 G. 2020

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 05

Semua kursi di mobil ini dilengkapi dengan headrest dan seatbelt 3 titik, sayangnya hanya penumpang baris kedua dan ketiga yang bisa mengatur sandaran kepala secara manual.

Seolah tak mau ketinggalan dengan rival Eropa terbarunya yang dirakit di India, kini Toyota Calya 2020 juga melengkapi LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) terbaru ini dengan head unit dengan pengoperasian layar sentuh.

Tak hanya itu, berbagai fitur kekinian juga bisa dimainkan, seperti koneksi Bluetooth yang semakin menambah pilihan sumber musik untuk menemani perjalanan Anda.

Fitur Keselamatan Toyota Calya

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 06

Untuk fitur keselamatan, sepertinya mobil-mobil yang diproduksi oleh Toyota tidak perlu diragukan lagi, tidak terkecuali pada Toyota Calya 2020 ini. Karena dari New Calya tipe E sudah dibekali rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang mampu mencegah penguncian rem, lalu ada sensor parkir, kunci dengan sistem immobilizer hingga jok ISOFIX untuk anak-anak. 

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 07

Mesin berkode 3NR-VE dengan karakter mesin persegi yang natural (dimana dimensi diameter piston dan langkah piston sama) tetap dipertahankan. Karakter ini menghasilkan output tenaga dan torsi yang merata per rpm (baca detailnya di kotak!).

Begitu juga dengan pilihan transmisi manual 5 kecepatan atau transmisi otomatis 4 kecepatan tidak ada perubahan apapun. Nampaknya PT Toyota Astra Motor masih sangat percaya diri dengan kombinasi tersebut. Bahkan, kami berharap PT TAM akan memberikan transmisi yang lebih halus seperti CVT dan perpaduan suspensi baru agar lebih kokoh.

Spesifikasi Toyota Calya 2020

Toyota Calya 2020 Tambah Fitur Baru, Pantas Dibeli Sebagai Mobil Keluarga 08

Berikut spesifikasi Toyota Calya 2020.

Mesin Toyota Calya 2020
Seri mesin 3NR-VE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i
Pasokan Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Rasio Kompresi 10,3 : 1
Tenaga Maksimum 86,5 Hp (88 Ps) @ 6,000 rpm
Torsi Maksimum 107,9 Nm (11,0 Kgm) @ 4,200 rpm
Kapasitas Silinder 1,197 cc
Bore X Stroke 72,5 mm X 72,5 mm
Tipe Transmisi Otomatis 4 Percepatan Dan Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Kesimpulan

Model terbaru dari Toyota Calya 2020 ini memang jadi patut untuk dipertimbangkan. Terlebih Toyota Calya sekarang ini telah dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap. Tentu hal ini membuat nilainya bertambah. Jadi, bagi Anda keluarga kecil yang butuh mobil 7 penumpang kompak, mobil ini dapat menjadi pilihan menarik untuk dibeli.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil