Toyota Land Cruiser 300 Dirilis, Pakai Mesin V6 Turbo dan Bodinya Jauh Lebih Ringan
Prasetyo · 11 Jun, 2021 10:30
0
0
Toyota Land Cruiser 300 akhirnya resmi dirilis setelah lama diisukan dan beredar foto-fotonya. Dijuliki 300 Series, Toyota Land Cruiser generasi terbaru ini menggunakan platform GA-F dari Toyota. Platform ini merupakan bagian dari Toyota New Global Architecture (TNGA).
Meskipun masih ditujukan untuk kebutuhan off-road, namun beberapa penyempurnaan generasi terbaru Land Cruiser ini tetap mengalami penyempurnaan. Menurut Toyota, tujuan penyempurnaan ini adalah untuk menciptakan pengalaman berkemudi yang lebih menyenangkan disemua jenis jalan.
Bobot Land Cruiser 300 Lebih Ringan 200 Kg
Toyota Land Cruiser 300 2022 mengguakan konstruksi body-on-frame yang didesain ulang. Menurut pabrikan Jepang itu, langkah tersebut sukses memangkas bobot kendaraan sekaligus membuat lebih rigid.
Toyota mengklaim, Land Cruiser terbaru lebih ringan 200 kilogram (kg) dibanding pendahulunya. Selain itu, Toyota juga merancang agar Land Cruiser anyar ini memiliki distribusi bobot yang lebih baik, pusat gravitasi yang lebih rendah, serta struktur suspensi yang juga ditingkatkan kemampuannya.
Kemampuan Off-road Lebih Baik Tapi Tetap Nyaman di Jalan Aspal
Selain perbaikan estetika dan stuktur rangka, Toyota Land Cruiser 300 juga mengalami peningkatan kemampuan off-road. Antara lain dengan peningkatan wheel articulation untuk tetap menjaga ban mencengkram kuat ke permukaan tanah setiap saat.
Kemudian ada juga penambahan komponen Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) yang diklaim menjadi mobil pertama di dunia dengan sistem ini. Garis pandang pengemudi juga ditambah dengan hadirnya Multi-Terrain Monitor.
Sementara fitur Multi Terrain Select memungkinkan sistem komputasi di mobil mengubah mode berkendara sesuai jenis permukaan jalan yang terdeteksi.
Toyota Land Cruiser Tak Lagi Pakai Mesin V8
Hal yang selanjutnya diubah Toyota adalah dari sisi mesin. Jika pada Land Criuiser 200 Series masih memakai mesin V8, maka ini tidak terjadi di 300 Series.
Unit Toyota Land Cruiser 300 menggunakan tiga pilihan mesin. Pertama mesin bensin 3.5-liter V6 twin-turbocharged, lalu ada mesin diesel 3.3-liter V6 Twin-Turbo, dan mesin bensin V6 N/A.
Mesin yang pertama sanggup menghasilkan tenaga 415 PS dengan torsi puncak 650 Nm. Sedangkan mesin dieselnya bertenaga 309 PS dengan torsi 700 Nm. Sementara khusus varian mesin bensin V6 N/A (Naturally Aspirated) belum diumumkan kemampuannya karena hanya ditujukan buat pasar di negara-negara tertentu.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika Toyota ingin agar Land Cruiser 300 tetap nyaman digunakan diseluruh medan jalan, maka berbagai kelengkapan fitur pun digunakan demi menciptakan tujuan tersebut.
Antara lain dipasangnya fitur Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini termasuk sensor untuk menghindari tabrakan pejalan kaki saat siang atau malam hari, serta ada dua fitur tambahan lain.
Yang pertama adalah mendeteksi jika ada kendaraan yang datang ketika melintas di persimpangan jalan. Juga kemampuan mendeteksi pejalan kaki atau pesepeda yang menyebrang jalan saat kendaraan berbelok di tikungan.
Fitur tambahan yang kedua adalah Emergency Steering. Fitur ini untuk membantu pengemudi menghindar dari tabrakan dengan mempertahankan lajur kendarana.
Tentunya pada TSS ini juga ada fitur Parking Support Brake. Yaitu kemampuan mengerem otomatis jika kendaraan bergerak saat keluar dari parkiran dan mendeteksi ada kendaraan lain atau pejalan kaki yang melintas di belakang mobil.
Sayangnya untuk harga Toyota Land Cruiser 300 belum diumumkan.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.