window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah

Prasetyo · 12 Mei, 2022 12:07

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah 01

  • Keluhan ini disampaikan pengguna Toyota Voxy 2022 di Jepang.
  • Ia merasakan fitur navigasi kurang membantu pengemudi.
  • Selain itu roof monitor juga dirasa sangat berisiko mudah pecah.

All New Toyota Voxy dan Noah 2022 melakukan debutnya di Jepang pada Januari 2022. Sejak saat itu, Noah dan Voxy terbaru ini juga merambah ke beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di Tanah Air, Toyota hanya menghadirkan varian Voxy 2022 yang rilis di bulan berikutnya.

Toyota Voxy 2022 memang sudah banyak dinantikan. Ini lantaran terjadi perubahan desain yang sangat radikal serta disuntikkan banyak fitur baru. Alhasil, konsumen rela antre membeli baik Noah maupun Voxy terbaru.

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah 02

Voxy dirilis Toyota Indonesia pada Februari 2022

Tapi ternyata semua perubahan itu tidaklah sempurna. Keluhan Toyota Voxy 2022 mulai datang dari penggunanya. Misalnya satu pemilik All New Voxy Hybrid tipe SZ di Jepang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Toyota Noah dan Voxy 2022 Rilis di Jepang, Pakai TSS dan Ada Fitur Remote Parking via Ponsel

Baru Sebulan Punya All New Voxy Sudah Muncul Keluhan

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah 01

Headunit monitor Toyota Voxy 2022 versi Indonesia

Dikutip dari Creative311, Kamis (12/05/2022), pengguna All New Voxy hybrid ini baru menerima kendaraannya dari dealer Toyota setempat pada Maret 2022. Ia menceritakan kalau selama lebih kurang sebulan kepemilikannya, mobil tersebut dipakai untuk perjalanan singkat serta sesekali berpergian dengan keluarga.

Ia mengagumi perubahan yang terjadi pada Toyota Voxy 2022 terutama dari segi kenyamanan kursi penumpang belakang. Aksesbilitas untuk anak-anak juga ia rasakan lebih baik dibanding MPV lain. Namun ia menggarisbawahi beberapa sistem pengoperasian di kendaraan tersebut. Karena menurutnya ini lebih baik jadi perhatian serius bagi Toyota.

Sistem Navigasi Kurang Membantu Pengemudi

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah 02

Sistem navigasi dinilai tak menampilkan informasi penting

Pertama yang ia keluhkan tentang kekurangan Toyota Voxy 2022 adalah dari segi fitur navigasi di monitor kendaraan tersebut. Ini karena informasi seperti "berapa jarak untuk tiba di lokasi tujuan", "apakah ada pekerjaan konstruksi atau kendala pada rute yang hendak dilewati", atau "apakah ada fasilitas SPBU di rute yang ditempuh", tidak tertampil pada monitor.

Padahal menurutnya, pada sistem T-Connect Toyota yang lainnya, informasi seperti itu muncul tanpa kendala. "Karena perkiraan waktu kedatangan ini tidak muncul jadi sulit untuk menentukan berapa kecepatan mobil yang dibutuhkan untuk tiba lebih cepat," ucap si pemilik Voxy.

Selain itu, saat menggunakan navigasi, monitor tersebut juga tidak bisa berubah jadi tampilan layar ganda. "Saya pikir tidak masalah untuk memiliki tampilan kecil sebagai pemutar musik ketika menggunakan navigasi," lanjut dia.

Baca juga : All New Toyota Voxy 2022 Resmi Meluncur di Indonesia, Pakai TSS Generasi Terbaru, Harga Naik Rp47 Juta

Pengaturan Menu di Monitor Tidak Ringkas

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah 03

Menu tidak tertampil di satu layar penuh

Selain dari sisi fitur navigasi, si pemilik juga merasakan pengaturan menu pada layar infotainment tidak ringkas. Pasalnya menu seperti Radio, DVD, Bluetooth, USB, Miracast dan lainnya terusun ke bawah. Sehingga untuk memilihnya harus menggulir layar beberapa kali.

Alangkah ada baiknya menu-menu tersebut ditampilkan dalam logo ukuran besar dan muat dalam satu tampilan layar. Sehingga ini akan lebih praktis, terutama bagi pengemudi.

Roof Monitor Rawan Terbentur

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah 04

Roof monitor Toyota Voxy versi Indonesia

Keluhan ketiga adalah terkait keberadaan monitor di plafon kabin. Pada saat posisi terlipat, ternyata layar monitor ini malah menghadap ke luar.

Ada risiko anak-anak atau penumpang dewasa lainnya tidak sengaja memukul layar tersebut. Boleh jadi kejadian ini menimpa pada saat penumpang belakang naik atau turun mobil. Tentunya ini rawan membuat roof monitor mudah pecah.

Toyota Voxy 2022 Dikeluhkan Penggunanya di Jepang, Ada Masalah Fitur Navigasi Hingga Roof Monitor Berisiko Pecah 05

Monitor kabin Toyota Voxy hybrid di Jepang

Nah gimana dengan Anda yang sudah membeli Toyota Voxy 2022 versi Indonesia, adakah masalah yang sama?

Baca juga : FAQ Toyota Voxy 2022: Berubah Banyak Fitur dan Teknologi Tapi Minus Sunroof

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil