Siapa LSUV 7-Seater Terlaris Selama Agustus 2021? Penjualan Daihatsu Terios Mengejutkan

Evan · 23 Sep, 2021 10:03

Siapa LSUV 7-Seater Terlaris Selama Agustus 2021? Penjualan Daihatsu Terios Mengejutkan 01

Tren penjualan di segmen LSUV khususnya yang tipe 7 penumpang di Tanah Air meningkat pesat dalam dua tahun belakangan. Permintaan konsumen akan mobil keluarga yang lebih tangguh dalam menghadapi segala medan juga memacu pabrikan berlomba untuk mengeluarkan model baru disegmen ini, serta menyegarkan tipe yang sudah ada sebelumnya.

Seperti Honda misalnya, dengan BR-V terbaru yang menargetkan menjadi market leader di tahun 2022. Bicara soal market leader LSUV 7 seater, selama periode penjualan Agustus 2021 dengan PPnBM nol persen, Toyota Rush berhasil mempertahakan gelar mobil terlaris di kelas ini

Demikian berdasarkan data wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang kami terima. Bahkan peta kompetisi untuk Low SUV termasuk varian 7 penumpang termasuk sengit. Karena selisihnya cukup tipis satu sama lain.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Berikut 5 LSUV 7 seater terlaris di Indonesia periode Agustus 2021 dari data GAIKINDO.

Baca juga: Sebentar Lagi Dirilis, Segini Perkiraan Harga All New Toyota Avanza - Daihatsu Xenia 2022

1.Toyota Rush

Siapa LSUV 7-Seater Terlaris Selama Agustus 2021? Penjualan Daihatsu Terios Mengejutkan 01

Paling banyak di model GR Sport

Tiga racikan Toyota pada Rush yaitu mesin tangguh, mampu membawa tujuh penumpang, dan penggerak roda belakang sepertinya ampuh bagi konsumen di Tanah Air. Terbukti dari penjualan bulan Agustus yang menorehkan angka 4.715 unit.

Jumlah ini jauh meninggalkan pesaingnya yang berada di posisi kedua. Angka yang besar ini terbantu karena di bulan yang sama Toyota juga meluncurkan model Rush GR Sport dengan beberapa ubahan di bodykit dan fitur Idling Start-Stop. 

Rush GR Sport sekarang lebih agresif dengan hadirnya desain bemper depan dan belakang baru serta stiker GR Sport pada pintu samping. Di dalam kabin sekarang juga ada tombol untuk mengaktifkan dan mematikan fitur Idling.

Soal urusan dapurpacu masih sama seperti sebelumnya, dengan mesin 2NR-VE 1.50cc bertenaga 104 PS dan torsi maksimum 136 Nm. Tercatat Rush GR Sport AT menyumbang penjualan paling banyak, 1.497 unit di bulan yang sama disusul varian manualnya.

2. Xpander Cross

Siapa LSUV 7-Seater Terlaris Selama Agustus 2021? Penjualan Daihatsu Terios Mengejutkan 02

Xpander Cross juga laku keras

Mobil yang mengambil basis dari Xpander ini mencatatkan penjualan yang sangat baik, bahkan cenderung alami kenaikan pesat dari bulan sebelumnya. 

Masih dari data wholesales GAIKINDO, Xpander Cross berhasil menempati posisi kedua dengan jumlah 2.590 unit. Paling banyak adalah tipe 1.5L Premium dengan transmisi otomatis sebanyak 1.523 unit.

Salah satu keunggulan Xpander Cross adalah soal kenyaman suspensinya, karena walaupun memiliki ground clearance lebih tinggi dari versi Xpander standar, tetapi sama-sama nyaman untuk pemakaian dalam dan luar kota.

Soal spesifikasi mesin, Xpander Cross menggunakan sumber tenaga 1.500 cc MIVEC DOHC yang mampu memproduksi daya sebesar 106 PS dan torsi maksimum 141 Nm.

3. Suzuki XL-7

Siapa LSUV 7-Seater Terlaris Selama Agustus 2021? Penjualan Daihatsu Terios Mengejutkan 03

Suzuki XL-7 makin banyak telihat di jalan

Secara mengejutkan tempat ketiga berhasil ditempati oleh Suzuki XL-7. Veris LSUV dari Ertiga ini bahkan bersaing sengit dengan Xpander Cross karena hanya terpaut 85 unit. XL-7 di bulan lalu mencatatkan penjualan sebanyak 2.505 unit, jauh meningkat dari bulan sebelumnya.

Jumlah terbanyak dari varian XL-7 Beta transmisi otomatis yang mampu menyumbang 1.244 unit, disusul dengan varian transmisi manualnya 535 unit.

LSUV satu ini memiliki banyak fitur yang membantu kenyamanan berkendara, sebut saja AC digital, Smart E-Mirror, Engine Start-Stop, Ventilated AC with Cup Holder, Bluetooth Phone Connection dan tiga buah power outlet.

Mesinnya berkode K15B Multipoint Injection 1.5-liter yang dapat menghasilkan tenaga 105 PS dan torsi maksimum 138 Nm. Masing-masing tipe hadir dalam transmisi manual ataupun otomatis serta memiliki penggerak roda depan.

Baca juga: Komparasi All New Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana yang Unggul dari Spesifikasi?

4. Daihatsu Terios

Siapa LSUV 7-Seater Terlaris Selama Agustus 2021? Penjualan Daihatsu Terios Mengejutkan 04

Penjualan Terios alami penurunan penjualan

Penjualan bulan Agustus cukup mengejutkan, karena Daihatsu Terios harus turun posisi dari bulan sebelumnya. Di Agustus 2021, Terios hanya mencatat wholesale sebanyak 1.276 unit. Angka paling besar disumbangkan oleh tipe X bertransmisi manual dengan 441 unit, disusul tipe R MT sebanyak 266 unit.

Soal Keselamatan Daihatsu termasuk tidak pelit, lihat saja di tipe terendah X MT sudah ada Dual Airbag, ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Control (VSC), dan Emergency Brake Signal (EBS).

5. Honda BR-V

Siapa LSUV 7-Seater Terlaris Selama Agustus 2021? Penjualan Daihatsu Terios Mengejutkan 05

Penjualan paling sedikit, karena ganti model

Selain Terios penjualan Honda BR-V juga cukup mengenaskan. Karena dari data wholesale yang sama, BR-V hanya mencatatkan 238 unit. Paling banyak menyumbang angka adalah tipe Prestige CVT dengan 119 unit, disusul varian E CVT sebanyak 60 unit dan sisanya tipe E MT sebesar 59 unit.

Angka ini tentu jauh meninggalkan kompetitornya, bahkan Terios di posisi empat sekalipun. Penyebabnya bisa jadi karena permintaan konsumen yang terus berkurang dari beberapa bulan lalu sejak kemunculan mobil konsep N7X yang akhirnya menjadi Honda BR-V generasi kedua.

Soal mesin, Honda BR-V justru lebih unggul dari beberapa kompetitornya. Menggunakan mesin 1.500cc L15A empat silinder i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 120 PS serta torsi maksimum 145 Nm yang disalurkan melalui dua roda depan.

Model Total Bulan Agustus 2021
1.Toyota Rush 4.715 unit
2.Mitsubishi Xpander Cross 2.590 unit
3.Suzuki XL-7 2.505 unit
4.Daihatsu Terios 1.276 unit
5.Honda BR-V 238 unit

Baca juga: Harganya Mirip, Lebih Baik Wuling Almaz RS Pakai WIND dan WISE daripada BR-V Prestige dengan Honda Sensing

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru