window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Avanza G MT Lebih Mahal Rp800 Ribu dari Hyundai Stargazer Active IVT, Spesifikasi Mobil Korea Ungguli MPV Terlaris Toyota?

Enda · 15 Jul, 2022 20:00

Hyundai Stargazer

Toyota Avanza G MT jadi varian paling diminati konsumen Tanah Air di antara tipe lainnya. Sebagai produk flagship pabrikan toga oval di segmen Low MPV 7-seater, menurut situs resminya saat ini Avanza G MT dibandrol Rp255,1 juta.  

Untuk kalian ketahui, Avanza G MT ditawarkan lebih mahal Rp800 ribu dari Hyundai Stargazer Avtive IVT yang diniagakan Rp255,9 juta OTR Jakarta. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Stargazer dengan bentuk yang dinamis, ekspresif, dan futuristik, sama seperti Avanza yang dirancang khusus untuk keluarga Indonesia.

Punya harga baru yang lebih murah, benarkah spesifikasi Hyundai Stargazer IVT mampu mengungguli Toyota Avanza G MT? Supaya tidak penasaran, simak perbandingan keduanya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Harga Hyundai Stargazer 2022 Mulai Rp243 Jutaan, Bakalan Bikin Avanza-Xpander Cs Gemetar!

Dimensi Toyota Avanza Kalah Besar dari Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

Dimensi Hyundai Stargazer lebih besar dari Toyota Avanza

Melihat daripada dimensinya, di atas ketas Hyundai Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm, serta wheelbase mencapai 2.780 mm. Lantas bagaimana dengan Toyota Avanza? Di brosur, mobil ini mempunyai panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.655 mm, dan jarak sumbu roda mencapai 2.750 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, secara dimensi keseluruhan Hyundai Stargazer lebih besar dari Toyota Avanza. Dengan body yang lebih besar, Stargazer dapat memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman terhadap penggunanya.

Sebagai informasi, Stargazer mengusung tipologi Sleek One Box dengan One Curve Design yang membuat ketinggian kabin semakin dioptimalkan dengan sempurna. Lengkungan pada langit-langit kendaraan memberikan kesan tampilan interior yang lebih tinggi, lebih lapang, dan lebih luas, sehingga terasa lebih ideal sekaligus memberikan nilai kenyamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

Dimensi Hyundai Stargazer Vs Toyota Avanza
Keterangan Hyundai Stargazer Toyota Avanza
Panjang 4.460 mm 4.395 mm
Lebar 1.780 mm 1.730 mm
Tinggi 1.695 mm 1.655 mm
Jarak sumbu roda 2.780 mm 2.750 mm

Adu Fitur Unggulan Hyundai Stargazer Active IVT Vs Toyota Avanza G MT, Siapa Paling Lengkap?

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer Active IVT didukung dengan head unit 8 inci dengan konektifitas bluetooth dan smartphone connectivity

Menyoal fitur unggulan, didalamnya Hyundai Stargazer Active IVT berhasil tersematkan layar LCD TFT 3,5 inci pada panel instrumentnya, serta sistem infotaiment berupa head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung konektifitas bluetooth dan smartphone connectivity dengan 4 buah speaker split.

Selain itu, sistem hiburannya juga terkoneksi dengan bluetooth hand-free phone system with voice recognition, dan steering wheel audio and bluetooth remote control. Oh iya, guna memberikan kemudahan pengemudi mengatur tinggi rendahnya posisi lingkar kemudi, pada stirnya varian terendah Stargazer ini telah dibekali dengan tilt steering.

Bicara Avanza 1.5 G MT, mobil ini mengandalkan pusat informasi kendaraan berupa New Advanced 4.2 Inch Digital TFT MID, New Illuminating Start/Stop Button yang dengan mudah pengguna menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap.

Toyota Avanza

Head unit 9 inci Toyota Avanza

Mengenai sistem hiburannya, Avanza menggunakan head unit dengan dimensi yang lebih besar ketimbang Stargazer dengan ukuran 9 inci yang mendukung konektifitas USB dan Bluetooth. Tak hanya itu, 1.5 G MT juga memiliki New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang terbukti memudahkan penggunannya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana menggunakan tombol pada setir.

Bukan cuma itu, Avanza G MT turut dibekali auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, window jam protection, alarm+immobilizer, rear parking camera dan spion retractable.

Sama seperti Stargazer Active IVT, Avanza G MT berhasil tersematkan AC double blower yang mampu memberikan udara sejuk hingga baris paling belakang.

Baca juga: Harga Hyundai Stargazer 2022 Lebih Murah dari Xpander dan Veloz, Minat?

Fitur Keselamatan Hyundai Stargazer Active IVT Kalah Komplit dari Toyota Avanza G MT

Toyota Avanza

Fitur Toyota Avanza G MT lebih lengkap dari Hyundai Stargazer IVT

Toyota Avanza G MT memiliki fitur keselamatan yang lebih lengkap dibandingkan Hyundai Stargazer Active IVT. Karenanya varian Low MPV terlaris Toyota ini telah dilengkapi dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA).

Mengenai fitur keamanan, mobil ini disematkan dengan alarm + immobilizer dan rear parking sensor yang dapat memberikan tingkat perlindungan lebih baik terhadap penggunananya.

Melihat pesaing terdekatnya yang dibandrol lebih murah Rp800 ribu, Hyundai Stargazer Active IVT hanya dibekali Anti-lock Brake System dan dua buah airbags di bagian depan. Sedangkan untuk keamanannya hanya mengandalkan immobilzer dan alarm.

Sama-sama 1.500 CC, Performa Hyundai Stargazer Paling Besar

Hyundai Stargazer

Mesin Smartstream G1.5L MPI Hyundai Stargazer

Soal jantung pacu, baik Toyota Avanza G MT maupun Hyundai Stargazer Active IVT sama-sama mengandalkan mesin bensin NA berkombusi injeksi dengan kubikasi 1.500 cc yang ditranslasi ke penggerak roda depan. Bicara Avanza, mobil ini dibenamkan enjin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang mampu melecutkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Sama seperti Creta, Hyundai Stargazer Active IVT dibekali mesin Smartstream G1.5L MPI Inline 4 cylinders 1.497 cc, yang mana secara data mampu menyemburkan tenaga hingga 115 PS @6.300 rpm dengan torsi puncak sebesar 144 Nm @4.500 rpm.

Hyundai Stargazer Active IVT Menggunakan Transmisi Matic yang Halus dan Responsif

Hyundai Stargazer

Transmisi IVT

Untuk tingkat percepatannya, Avanza G MT dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. Beda halnya dengan Stargazer Active IVT, meski dibandrol lebih murah mobil ini telah dibekali transmisi otomatis Intelligent Variable Transmission yang mana mampu memaksimalkan efisiensi bahan bakar, dan secara bersamaan menyuguhkan rasa berkendara lebih halus sekaligus responsif.

Kesimpulan

Perbandingkan spesifikasi antara Toyota Avanza G MT dengan Hyundai Stargazer Active IVT berhasil kami ulas di atas. Memiliki harga baru lebih murah dari Avanza tipe G transmisi manual, secara dimensi Stargazer Active IVT lebih besar sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih kepada setiap penggunanya. Namun jika bicara fitur unggulan serta keselamatan, Toyota Avanza lebih komplit.

Dari segi performa, keduanya sama-sama mengandalkan mesin 1.500 cc. Hanya saja untuk tenaga serta torsi yang dihasilkan Hyundai Stargazer memiliki angka yang lebih besar. Selain itu mobil garapan pabrikan otomotif Korea Selatan tersebut juga dipadukan transmisi IVT yang terasa halus namun tetap responsif.

Baca juga: Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil