window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Modal ADAS dan Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Prime Bikin Toyota Veloz Q CVT Semakin Teringgal

Enda · 25 Jul, 2022 17:00

Hyundai Stargazer

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru-baru ini kembali membuat gempar industri otomotif Tanah Air. Bagaimana tidak, melihat gemuknya pasar kendaraan penumpang di segmen Low MPV 7-seater, pihaknya meluncurkan Hyundai Stargazer dengan harga yang bersaing.

Sebagai produk keempat mobil asal Negeri Gingseng yang diproduksi di pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat setelah CRETA, IONIQ 5, dan Santa FE, Stargazer sendiri ditawarkan dalam enam varian. Diantaranya; Active MT, Active IVT, Trend MT, Trend IVT, Style dan Prime.

Bicara soal harga, varian teratasnya Hyundai Stargazer Prime dibandrol Rp307,1 juta OTR Jakarta atau lebih murah Rp2 juta dari Toyota Veloz Q CVT yang menurut situs resminya diniagakan Rp309,1 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Punya harga baru lebih terjangkau, apakah Hyundai Stargazer Prime sanggup mengungguli Toyota Veloz Q CVT dari segi spesifikasi? Supaya tidak penasaran, simak perbandingan keduanya berikut ini.

Baca juga: Tampilan Stargazer Dianggap Mirip Xpander, Ini Kata Bos Desain Hyundai

Kalah Besar dari Hyundai Stargazer, Apakah Toyota Veloz Kurang Nyaman?

Hyundai Stargazer

Dimensi Hyundai Stargazer lebih besar dari Toyota Velzo

Mengusung tipologi Sleek One Box dengan One Curve Design yang membuat ketinggian kabin semakin dioptimalkan dengan sempurna, Hyundai Stargazer dapat memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman terhadap penggunanya berkat kabinnya tinggi, lapang, dan luas.

Melihat dimensinya, Hyundai Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm, serta wheelbase mencapai 2.780 mm. Sedangkan pesaingnya, untuk panjang kendaraan Toyota Veloz berada di angka 4.475 mm, lebar lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm, serta wheelbase 2.750 mm.

Secara keseluruhan untuk dimensi Hyundai Stargazer lebih besar dibandingkan dengan Toyota Veloz sehingga terasa ideal sekaligus memberikan nilai kenyamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

Dimensi Hyundai Stargazer Vs Toyota Veloz
Keterangan Hyundai Stargazer Toyota Veloz
Panjang 4.460 mm 4.475 mm
Lebar 1.780 mm 1.750 mm
Tinggi 1.695 mm 1.700 mm
Jarak sumbu roda 2.780 mm 2.750 mm

Fitur Unggulan Hyundai Stargazer Prime Vs Toyota Veloz Q CVT

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer disematkan head unit 8 inci

Sebagai varian teraratas, Hyundai Stargazer memiliki fitur paling lengkap. Seperti yang bisa dilihat didalamnya, mobil ini terasa nyaman dan prestisius karena telah dibekali dengan Ambient Mood Light yang menghiasi interior.

Di baris pertama pada center clusternya tersematkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung konektivitas bluetooth dan smartphone. Untuk sistem hiburannya sendiri dipadukan dengan 6 buah speaker yang dapat menghasilkan kualitas suara lebih baik.

Mengenai sistem hiburannya, mobil ini juga terkoneksi dengan bluetooth hand-free phone system with voice recognition, dan steering wheel audio and bluetooth remote control. Oh iya, untuk steerinya sudah menganut tilt dan telescopic.  Selain itu, terdapat juga wireless charging yang dapat membantu mengisi daya smartphone dengan mudah.

Sebagai pusat informasi berkendara, panel instrumentnya Hyundai Stargazer Prime dilengkapi dengan layar TFT LCD 4,2 inci supervision dengan tampilan yang informatif sekaligus fun to drive.

Toyota Veloz

Toyota Veloz Q CVT dibenamkan head unit 9 inci

Bicara Toyota Veloz Q CVT, untuk fitur unggulannya juga memperoleh pengaturan tilt dan telescopic. Untuk memudahkan pengaturan fitur yang ada pada sistem hiburan serta panel instrumentnya, setirnya telah mengadopsi audio & MID switch control. 

Perlu diketahui, Veloz pada varian ini mendapat tambahan Drive Mode Switch pada lingkar kemudinya yang berfungsi untuk menyesuaikan gaya berkendara.

Untuk pusat informasi berkendara, Veloz Q CVT disematkan layar digital 7 inch TFT MID. Mengenai sistem infotaimentnya dibenamkan head unit layar sentuh berukuran 9 inci dengan konektivitas smartphone serta dapat menampilkan secara visual sekeliling mobil melalui all round view camera.

Sama seperti Stargazer Prime, Veloz Q CVT mendapatkan wireless charger di konsol tengah serta Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Bukan cuma itu, terdapat pula tombol start/stop engine yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat. Supaya terlihat mewah sekaligus memberikan rasa nyaman selama berkendara, Veloz juga mendapatkan illumination light.

Baca juga: Perbandingan Xenia 1.5 R CVT ASA vs Hyundai Stargazer Trend, Daihatsu Bisa Menang Banyak?

Fitur Keselamatan Hyundai Stargazer Paling Lengkap

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer dilengkapi dengan Hyundai SmartSense

Hyundai Stargazer Prime untuk fitur keselamatannya telah dilengkapi dengan Anti-lock Brake System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD), 6 airbags dan high beam assist. Tidak berhenti sampai disitu, pabrikan juga melengkiapinya dengan cruise control, Tire Pressure Monitoring Systsem (TPMS), Electronic Stability Control (ESC), Hill-Start Assist Control (HAC), manual speed limit assist, rear view monitor, parking distance warning dan rear occupant alert. 

Bukan cuma itu saja, pada varian teratas Stargazer pabrikan juga menyematkan Hyundai SmartSense. Sebagai informasi, ini merupakan fitur keselamatan pintar yang cara kerjanya menggunakan kamera dan sensor sehingga perangkat keselamatan aktif bisa lebih optimal guna menjanjikan keselamatan lebih terhadap penggunanya.

Fitur keselamatan pintar berupa Hyundai SmartSense yang terkandung di Stargazer Prime dianataranya; Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Driver Attention Warning, Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-spot Collision Warning (BCW), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Sebagai bentuk keamanan, varian ini dilengkapi dengan smart keyless entry with key fob, dan Hyundai Bluelink yang dapat memudahkan penggunanya untuk memeriksa informasi penting tentang kendaraan.

Fitur keamanan unggulan dari Hyundai Bluelink di Stargazer sendiri mencakup SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA), Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.

Fitur ini merupakan layanan yang mengintegrasikan komunikasi dengan mobil, keamanan, dan sistem layanan darurat dari otoritas terkait dengan pusat panggilan Hyundai 7x24 jam. Untuk menjalankannya, fitur Bluelink pada mobil wajib terhubung dengan aplikasi yang terinstal di smartphone.

Toyota Veloz

Fitur T Intouch pada Toyota Veloz Q CVT

Mengetahui fitur keselamatan yang ada di Toyota Veloz Q CVT, mobil ini berhasil mendapatkan VSC, HSA rear parking sensor, dual airbag, dan rear parking camera. 

Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya juga diperkuat dengan fitur ABS, EBD dan BA. Untuk fitur keamanannya sendiri telah dilengkapi alarm + immobilzer.

Oh iya, Veloz Q CVT juga dilengkapi dengan fitur canggih berupa T Intouch. Sebagaimana fungsinya, fitur ini mampu menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil. T Intouch menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi.

Toyota Veloz Kalah Tenaga dari Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

Mesin Smartstream G1.5L Hyundai Stargazer punya tenaga paling besar di kelasnya

Toyota Veloz dan Hyundai Stargazer menggunakan mesin 1.5L NA berkombusi injeksi yang ditanamkan secara melintang.

Mengenai Stargazer, line up terbaru Hyundai di Indonesia ini dibekali mesin Smartstream G1.5L MPI Inline 4 cylinders 1.497 cc, yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 115 PS @6.300 rpm dengan torsi puncak sebesar 143,8 Nm @4.500 rpm.

Lalu bagaimana dengan Veloz? Seperti yang diketahui, mobil ini dibenamkan mwain 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang mampu melecutkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Sebagai informasi, untuk tingkat percepatan keduanya ditawarkan transmisi otomatis yang mana di Stargazer dinamakan IVT, sedangkan pada Veloz disebut CVT.

Kesimpulan

Melihat perbandingan spesifikasi antara Hyundai Stargazer Prime dengan Toyota Veloz Q CVT melalui ulasan di atas, secara konklusi Stargazer lebih unggul baik dari segi dimensi, fitur unggulan, fitur keselamatan serta performa.

Tidak hanya itu, Stargazer juga lebih nyaman berkat adanya opsi jok captain seat yang bisa kalian pilih hanya dengan menambah Rp1 juta saat melakukan pemesanan.

Baca juga: Selisih Rp23 Jutaan, Toyota Veloz Q CVT Cuma Unggul Transmisi Dari Tipe MT?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil