Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022

Nussa · 24 Mei, 2022 11:09

Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 01

  • Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 sering disebut produk kembar, padahal keduanya punya perbedaan.
  • Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios juga bukan cuma dilihat dari mereknya saja.
  • Harga Toyota Rush dan Daihatsu Terios pun punya perbedaan cukup jauh.

Sebagian konsumen menginginkan mobil bergaya sport utility vehicle (SUV). Kategorinya mobil bisa diandalkan untuk berkegiatan sehari-hari di perkotaan namun cukup tangguh melibas medan yang sulit dilalu kendaraan tipe citycar, sedan, atau MPV. Untuk itu, beberapa pabrikan atau produsen mobil menciptakan SUV, seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Kedua mobil tersebut bisa dikatakan cukup mewakili semuanya. Rush dan Terios keren untuk dimodif, tapi juga andal digunakan untuk mengangkut keluarga. Tak heran jika kedua mobil tersebut penjualannya sangat laris, bahkan Toyota Rush menjadi SUV paling laku di Indonesia.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Rush dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan Terios memang dimaksudkan untuk mengisi segmen compact SUV yang bisa dikatakan masih kosong pada tahun 2006 lalu. Daihatsu dan Toyota juga ingin mengisi SUV kelas bawah. Kehadiran Rush dan Terios juga sekaligus menjawab tantangan dari kompetitor sekelasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga : Sering Dianggap Inferior, Ini Alasan Daihatsu Terios Lebih Pantas Dimiliki Ketimbang Toyota Rush

Sejarah Toyota Rush dan Daihatsu Terios di Indonesia

Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 01

Daihatsu Terios jadi salah satu SUV terlaris di Indonesia

Pada tahun 2006, Daihatsu dan Toyota berkolaborasi untuk membuat mobil dengan basis Toyota RAV4. Bagi Daihatsu, Terios disebut sebagai generasi penerus Taruna.

Setelah meluncur di tahun 2006, Terios dan Rush mendapat facelift pertamanya pada tahun 2010. Lalu, penyegaran dilakukan lagi pada tahun 2015. Selanjutnya, di tahun 2017, lahirlah generasi kedua Terios yang disebut dengan All New Terios. Begitu pula dengan Rush, muncul generasi kedua, yakni All New Rush. Dari segi desain, tampilan kedua mobil tersebut semakin modern.

Dari segi tampilan, Terios dan Rush bisa dibilang serupa tapi tak sama. Meskipun, jika diperhatikan secara detail, ada beberapa bagian yang menjadikan perbedaan antara keduanya. Dengan perbedaan tersebut, masing-masing merek juga tetap dapat menampilkan karakter khasnya.

Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 02

Toyota Rush memiliki beberapa perbedaan dengan Daihatsu Terios

Ada beberapa perbedaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios, mulai dari varian, eksterior, interior, fitur keselamatan, mesin, spesifikasi, dan harga. Berikut ini beberapa perbedaan tersebut:

1. Varian

Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang pertama kita lihat dari varian tipenya. Untuk Rush hadir dengan empat varian, yakni 1.5 G MT, 1.5 G AT, 1.5 S MT GR Sport, dan 1.5 S AT GR Sport. Sementara kembarannya, Terios, ditawarkan dua kali lebih banyak, yakni sembilan varian. Mulai dari R AT Custom IDS, R MT Custom IDS, R AT DLX IDS, R AT IDS, R MT DLX IDS, R MT IDS, X AT DLX IDS, X MT DLX IDS, dan X MT IDS.

Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 03

Toyota Rush tampil lebih minim aksen krom dibandingkan Terios

2. Eksterior

Dari segi eksterior, terdapat juga detail yang membedakan. All New Terios dengan varian tertingginya dilengkapi lebih banyak aksen krom, mulai dari bagian depan hingga ke bagian belakangnya. Sedangkan pada Rush, kehadiran aksen krom justru dibuat minim. Tapi, desain velgnya lebih dinamis dengan warna two tone.

Soal pilihan warna, baik Rush dan Terios, masing-masing juga hadir dengan enam pilihan. Rush memiliki warna White, Silver Mica Metallic, Bronze Mica Metallic, Black Mica, Dark Red Mica Metallic, dan Deep Maroon Mica. Sedangkan Terios, memiliki warna Bronze Metallic, Classic Silver, Midnight Black, Icy White, Purple Metallic, dan Scarlet Red Metallic.

Baca juga : Toyota Rush Masih Jawara LSUV 7 Seater Terlaris di Indonesia, Honda BR-V 2022 Menempel Ketat

Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 04

Daihatsu Terios mesinnya yang cukup bertenaga dan irit BBM

3. Interior

Masuk ke bagian kabin, interior pada Toyota Rush juga sedikit berbeda dari Daihatsu Terios. Meskipun, kedua mobil ini sama-sama mengusung kabin dengan tata letak jok tiga baris. Daya tampungnya juga sama-sama berisikan tujuh penumpang.

Untuk Rush, menawarkan kenyamanan lebih baik. Pasalnya, pada jok di baris kedua sudah dilengkapi dengan headrest. Dengan adanya headrest, penumpang tidak hanya diberikan kenyamanan untuk perjalanan yang menempuh waktu cukup lama. Tapi, headrest juga dapat mengurangi risiko atau memberikan perlindungan terhadap cedera leher saat terjadi benturan dari arah depan.

4. Fitur Keselamatan

Soal fitur keselamatan, masing-masing mobil ini pada varian tertingginya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal, serta dual SRS Airbag.

Namun, pada All New Rush sudah dibekali dengan airbag yang lebih banyak atau lebih lengkap, yakni pada sisi kabin juga. Sehingga, total airbag yang dimiliki oleh All New Rush berjumlah enam buah. Selain itu, dilengkapi juga dengan indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpangnya.

Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 05

Toyota Rush punya airbag lebih banyak dari Terios

5. Mesin

Pada sektor mesin, baik All New Rush maupun All New Terios, sama-sama dibekali dengan mesin berkode 2NR-VE. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, dan memiliki kapasitas 1.500 cc.

Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 103 hp pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang diraih, dapat mencapai 136 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan ada opsi sistem transmisi otomatis 4 percepatan.

Mesinnya juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-I, yang diklaim mampu memberikan beberapa keunggulan, mulai dari ringan, performa, dan efisiensi bahan bakar minyak (BBM), serta lebih minim getaran, dan tidak terlalu bising.

Masih Belum Tahu? Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022 06

Daihatsu Terios ditawarkan dengan banyak varian dibandingkan Rush

6. Harga

Untuk harganya, tentunya juga ada perbedaan. Toyota All New Rush hadir dengan fitur yang lebih lengkap, maka itu, banderolnya tentu lebih tinggi dari Daihatsu All New Terios. PT TAM memasarkan All New Rush dengan harga mulai dari Rp 277,6 juta (on the road Jakarta) untuk varian terendah hingga Rp 301 juta (on the road Jakarta) untuk varian tertinggi.

Sementara All New Rush, PT ADM membanderolnya  dengan Rp 232,3 juta (on the road Jakarta) pada varian terendah hingga Rp 287,4 juta (on the road Jakarta) pada varian tertinggi.

Jadi pilih Toyota Rush apada Daihatsu Terios?

Baca juga : Budget Rp270 Jutaan, Mending Pilih Honda BR-V S MT atau Toyota Rush G MT?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru