Harga Subaru BRZ Lebih Murah Rp90 Jutaan dari Toyota GR86 2022, Apa Sih Perbedaan Keduanya?

Enda · 26 Agu, 2022 15:30

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Genarasi kedua Subaru BRZ dan Toyota GR86 sukses diluncurkan di Indonesia lewat perhelatan GIIAS 2022 beberapa waktu lalu. Sebagai sports car jenama Negeri Matahari Terbit, keduanya diklaim lebih fun to drive berkat handlingnya yang terasa lincah dan akurat, bobot ringan, distribusi berat seimbang, serta memiliki center of gravity rendah.

Terlepas dari wujudnya sebagai Sports Car, baik Subaru BRZ maupun Toyota GR86 2022 tetap dirasa nyaman dan praktis digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2, serta kursi belakang yang dapat dilipat dengan rata guna menyuguhkan ruang bagasi lebih besar.

Mengenai harga bandrolnya, Subaru BRZ ditawarkan Rp825 juta untuk varian MT dan model AT Rp850 juta. Saudara kembarnya, Toyota GR86 diniagakan Rp922 juta untuk model MT dan AT-nya Rp938,5 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp90 jutaan, apa sih perbedaan dari keduanya? Supaya tidak penasaran, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Dijual Mulai Rp825 Juta, Generasi Kedua Subaru BRZ Hadirkan Performa Lebih Buas dan Fitur Canggih

Bawa Divisi Sportnya, Toyota GR86 Tampil Lebih Sporty

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Toyota GR86 tampil sporty

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) bukan sekadar entitas balap global Toyota. Lebih dari itu, TGR juga memiliki target untuk menghadirkan ever-better cars yang mewarisi DNA mobil balap Toyota yang berprestasi di berbagai ajang motorsport global. Mewarisi DNA Toyota AE86, secara global Toyota GR86 merupakan produk ketiga GAZOO Racing setelah GR Supra dan GR Yaris.  

Dengan membawa divisi sportnya, secara tampilan eksterior GR86 terlihat lebih sporty dibandingkan Subaru BRZ. Hal ini dibuktikan dari bumpernya dimana air dam-nya dibuat menjorok kedepan dengan aksen hitam yang terhubung hingga kisi-kisinya. Bicara Subaru BRZ, untuk front air dam dibuat meruncing dengan kelir hitam.

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Tampilan eksterior Subaru BRZ

Melihat bagian samping, lekukan side skirt yang diterima GR86 juga tampil lebih sporty berkat adanya lekukan garis tegas tepat di depan ban belakangnya. Untuk lingkar roda, keduanya sama-sama disematkan velg 18 inci model palang. Namun untuk penggunaan warnanya GR86 dilabur warna hitam, sedangkan BRZ berkelir abu-abu.

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Buritan Toyota GR86

Menengok lebih dekat buritan daripada keduanya, lagi-lagi kalian akan menemukan sejumlah perbedaan yang terlihat amat mencolok. Seperti yang bisa dilihat, Toyota GR86 mendapatkan tambahan body kit pada bumper belakang dengan bentuk lebih sporty serta double muffler dengan emboss 86.

Oh iya, untuk ducktailnya Toyota GR86 dibuat lebih panjang yang berfungsi untuk meningkatkan keaerodinamisan berkendara.

Interior Subaru BRZ Didominasi Warna Gelap

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Nuansa interior Subaru BRZ dipadukan warna gelap

Perbedaan antara Subaru BRZ dengan Toyota GR86 dari segi interior, untuk tampilannya BRZ didominasi dengan warna gelap. Sedangkan GR86 dikombinasikan warna merah dan hitam untuk door trimnya.

Bukan cuma itu, untuk karpet dasarnya, sports car berlogokan tiga oval tersebut dipadukan dengan warna merah terang yang mampu menampilkan kesan sporty. Selain itu, material plastik di console tengah dan beberapa bagiannya menggunakan aksen hitam bercorak yang semakin memperkuat kesan sporty.

Sebagai identitas divisi sportnya, tak hanya di eksterior, di interiornya 86 juga tersematkan logo GR.

Baca juga: Toyota GR 86 dan Subaru BRZ Keluar Edisi Ulang Tahun ke-10, Penjualannya Dibatasi

Fitur Toyota GR86 Lebih Lengkap

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Interior Toyota GR8

Subaru BRZ dan Toyota GR86 hadir dengan interior yang fokus untuk memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya. Di dashboardnya sendiri berhasil tersematkan layar MID digital 7-inci inch Thin Film Transistor (TFT) dan Liquid Crystal Display (LCD) baru dengan titik fokus berbentuk tachometer tampilkan pembacaan speedometer digital terintegrasi. Di sebelah kiri tachometer terdapat layar yang dapat menampilkan G-Force meter, Power Display, Lap Timer, Battery & Temperature Meter, dan Trip Meter.

Mengenai sistem hiburannya, keduanya sama-sama diaplikasikan head unit layar sentuh dberukuran 8 inci dengan sistem multimedia terbaru, termasuk konektivitas smartphone berupa Apple CarPlay dan Android Auto. Lain dari itu juga ada telepon hands-free Bluetooth dan streaming audio, serta Reverse Camera.

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Toyota GR86 menggunakan speaker JBL guna hasilkan kualitas suara yang baik

Sebagai pembeda, GR86 memperoleh kualitas suara lebih baik berkat diaplikasikannya JBL Premium Speaker guna menambah kenyamanan berkendara.

Fitur Keselamatan Subaru BRZ  Kalah Lengkap dari Toyota GR86 2022

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Subaru BRZ dan Toyota GR86 dilengkapi fitur keselamatan EyeSight

Sebagai fitur keselamatan standar, generasi kedua Subaru BRZ dan Toyota GR86 dilengkapi dengan ABS+EBD+BA, Traction Control (TRC), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), rear parking camera, dan Emergency Brake Signal System (EBSS). Untuk fitur VSC nya sendiri hadir dengan 5 mode yang dapat dipilih sesuai kemauan pengemudi dan kondisi trek. Sistemnya dapat mengaktifkan dan mematikan fitur VSC dan TRC berdasarkan mode yang dipilih sesuai dengan keinginan pengemudi.

Sebagai fitur keselamatan passive, keduanya pun sudah dimodali 6 airbags, seatbelt di semua bangku, dan pedestrian protection untuk melindungi pejalan kaki atau pesepeda yang tertabrak mobil.

Tak hanya itu, BRZ dan GR86 juga dilengkapi dengan fitur keselamatan bantuan EyeSight generasi ke-4. Sistem ini mencakup fungsi: Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking System, Pre-Collision Throttle Management, Lane Departure and Sway Warning, dan Lead Vehicle Start Alert.

Tak ketinggalan High Beam Assist, Reverse Automatic Braking (RAB), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Steering Responsive Headlights (SRH), dan Blind Spot Detection mampu memberikan tingkat perlindungan lebih terhadap penggunanya.

Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR86

Toyota GR86 didukung fitur T Intouch

Sebagai pembeda, Toyota GR86 sudah diaplikasikan fitur T Intouch yang diketahui dapat menghubungkan mobil dengan penggunanya melalui aplikasi mTOYOTA. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat menikmati semua layanan mobilitas Toyota dengan mudah untuk menjawab akan kebutuhan pelanggan.

Kesimpulan

Dijual lebih mahal Rp90 jutaan dari Subaru BRZ, Toyota GR86 bukan cuma terlihat lebih sporty tapi juga terasa nyaman berkat penggunaan speaker JBL yang dipadukan head unit layar sentuhnya.

Selain itu juga, Toyota GR86 dilengkapi fitur T Intouch yang memudahkan penggunanya untuk terhubung langsung dengan mobil. Dengan begitu tak heran apabila mobil ini dibandorol lebih mahal dari Subaru BRZ.

Sebagai informasi, Subaru BRZ maupun Toyota GR86 dibenamkan mesin BOXER 2.4 NA yang sanggup melecutkan tenaga 237 PS @7.000 rpm serta torsi 250 Nm @3.700 rpm. Dibandingkan dengan model sebelumnya, generasi keduanya lebih bertenaga 15%. Untuk transmisinya, mobil ini hadir dengan dua pilihan, yakni; manual 6-percepatan close-ratio serta 6-percepatan yang kemudian diarahkan kepenggerak roda belakang (RWD).

Baca juga: Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru