window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wajib Ketahaui Kekurangan Nissan Kicks e-Power Dari Toyota Corolla Cross Hybrid

Enda · 3 Nov, 2020 20:00

PT Nissan Motor Indonesia, belum lama ini memperkenalkan line up terbaru Nissan Kicks ke hadapan publik. Nissan Kicks e-Power diketahui merupakan sebutan untuk crossover terbarunya yang berhasil ditanami mesin berteknologi hybrid.

Meski telah mendapatkan mesin dan teknologi yang terbilang modern, bukan berarti Nissan Kicks e-Power tidak mempunyai kekurangan. Dalam pembahasan kali ini, kukurangan yang ada pada Nissan Kicks e-Power diambil dengan melakukan perbandingan terhadap rivalnya, Toyota Corolla Cross Hybrid.

Berikut kekurangan Nissan Kicks e-Power dibandingkan Toyota Corolla Cross Hybrid.

Tidak adanya Moonroof

Diketahui bahwa Nissan hanya menjual Kicks e-Power dalam satu varian saja. Tipe yang dijual di Tanah Air merupakan kasta tertinggi seperti yang ada di Thailand. Menurut situs resminya, crossover sub-kompak ini dibandrol Rp449.000.000. Meskipun di Indonesia mendapatkan tipe tertinggi, nyatanya Nissan Kicks e-Power belum dilengkapi dengan moonroof.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Wajib Ketahaui Kekurangan Nissan Kicks e-Power Dari Toyota Corolla Cross Hybrid 01

Moonroof Toyota Corolla Cross Hybird

Sedangkan kompetitornya, Toyota Corolla Cross Hybrid yang menurut situs resminya dijual Rp497.800.000, telah berhasil disematkan moonroof. Fitur ini berguna meningkatkan gaya berkendara. Tidak hanya itu, fitur ini mampu memberikan kesan lapang, sehingga kabin terasa lebih leluasa.

Ditanggalkannya louver AC di baris kedua

Mungkin ini adalah salah satu pertimbangan calon konsumen tidak memilih crossover besutan Nissan ini. Di mana pada baris kedua Nissan Kicks e-Power kalian tidak bisa menjumpai louver AC yang berguna mendinginkan bagian penumpang belakang.

Wajib Ketahaui Kekurangan Nissan Kicks e-Power Dari Toyota Corolla Cross Hybrid 02

Louver AC baris kedua Toyota Corolla Cross Hybrid

Sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid seolah mengerti itu. Di mana louver AC bisa kalian temukan terapit oleh dua kursi di depan yang berguna memberikan udara sejuk pada penumpang di baris kedua.

Ukuran head unit lebih kecil dan belum NFC

Nissan kicks e-Power mendapatkan sistem hiburan layar sentuh berukuran 8 inci. Secara visual, tampilan head unit sebenarnya terlihat minimalis dan tidak unik.

Wajib Ketahaui Kekurangan Nissan Kicks e-Power Dari Toyota Corolla Cross Hybrid 03

Namun jika dibandingkan dengan head unit Toyota Corolla Cross Hybrid yang berukuran 9 inci, sistem infotaimen Nissan Kicks e-Power dirasa seperti tertinggal. Terlebih head unit punya Toyota yang ada di Corolla Cross Hybird berhasil ditanami fitur NFC, yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk mengecek nominal saldo pada uang elektronik.

Desain Toyota Corolla Cross lebih futuristik

Nissan Kicks e-Power digadang-gadang merupakan pengganti dari Nissan Juke. Tak heran jika bentuknya dianggap memiliki sedikit persamaan. Kesamaan tersebut dapat terlihat dari pilar C serta lampu bagian belakangnya.

Wajib Ketahaui Kekurangan Nissan Kicks e-Power Dari Toyota Corolla Cross Hybrid 04

Namun begitu, banyak orang setuju jika Nissan Kick e-Power memiliki tampilan yang macho. Akah tetapi jika dibandingkan dengan rivalnya, Toyota Corolla Cross terlihat lebih futuristik dan dinamis.

Ruang bagasi lebih sempit

Wajib Ketahaui Kekurangan Nissan Kicks e-Power Dari Toyota Corolla Cross Hybrid 05

Secara informasi, Nissan Kicks e-Power memiliki dimensi panjang 4.305 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.615 mm. Sebagai pesaingnya, Toyota Corolla Cross Hybrid mendapatkan ukuran dengan total keseluruhan 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Dari segi dimensi, Toyota Corolla Cross Hybrid terlihat lebih unggul.

Lalu untuk ukuran kapasitas bagasi, Nissan Kicks e-Power tecatat mampu menampung barang hingga 423 liter. Sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid dapat menyimpan barang mencapai 440 liter.

Belum dilengkapi power back door dengan kick sensor

Dibandrol melebihi Rp400 juta, Nissan lagi-lagi masih pelit akan fitur. Diketahui Nissan Kicks e-Power belum mendapatkan power back door dengan kick sensor di pintu bagasinya.

Wajib Ketahaui Kekurangan Nissan Kicks e-Power Dari Toyota Corolla Cross Hybrid 06

Padahal kompetitornya sudah mendapatkan fitur ini yang sangat mempermudah pengguna ketika harus membuka pintu hanya dengan cara mengayunkan kaki ke bagian bawah mobil. Dengan begitu secara otomatis pintu bagasi akan terbuka lebar.

Tenaga lebih kecil dari Toyota Corolla Cross Hybrid

Nissan Kicks e-POWER dilengkapi dengan motor listrik EM57, generator dan inverter yang menghasilkan tenaga listrik dari daya yang dihasilkan oleh mesin 1.2L DOHC 12-valve tiga silinder. Sistem e-POWER menawarkan tenaga maksimum 95 kilowatt (kW) (129 PS), torsi maksimum 260 Nm, dan baterai lithium-ion.

Sedangkan Toyota Corolla Cross Hybrid ditanamkan mesin hybrid 1.8L berkodekan 2ZR-FXE 16-valve DOHC empat silinder segaris mampu merilis tenaga hingga 170 PS dengan torsi puncak 305 Nm.

Kesimpulan

Rasanya kekurangan yang ada pada Nissan Kicks e-Power sebanding dengan harga yang ditawarkan. Di mana crossover besutan Nissan ini dibandrol dengan harga lebih murah mencapai Rp48.800.000 dari Toyota Corolla Cross Hybrid.

Namun untuk urusan teknologi hybrid yang ditanamkan, Nissan lebih unggul. Karena bisa dikatakan Nissan Kicks e-Power adalah mobil listrik. Mesin bensin konvensional 1.2L tadi bertugas sebagai generator mengisi daya listrik pada baterai jika diperlukan, untuk dapat menggerakan motor listrik.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Kicks e-Power 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil