window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kena Imbas Skandal Daihatsu, Ekspor Toyota Indonesia Ditangguhkan Sementara

Herdi · 22 Des, 2023 11:02

Kena Imbas Skandal Daihatsu, Ekspor Toyota Indonesia Ditangguhkan Sementara 01

Imbas dari kabar tak sedap yang disampaikan bos Daihatsu Motor Co. Ltd, mengenai tidak sesuainya standar produk yang digarap, PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akhirnya ikut mengeluarkan pernyataan penting. 

Ya, Toyota Indonsia mengaku telah melakukan penangguhan sementara pengiriman beberapa model Toyota di Indonesia, khususnya untuk produk-produk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu.

Dalam keterangan di situs resmi Toyota Indonesia, penangguhan ini merupakan tindak lanjut penemuan beberapa prosedur yang tidak sesuai standar oleh Daihatsu Motor Co. Ltd.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Daihatsu Klaim Tidak Memiliki Masalah Kualitas dan Keselamatan di Indonesia

Toyota Calya dan Avanza

Toyota Calya dan Avanza

Dimana komite independen dibentuk untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh berbagai prosedur dalam perusahaan, yang mencakup total 64 model kendaraan yang saat ini sedang dikembangkan sebagai brand Daihatsu maupun untuk dipasarkan sebagai brand Toyota.

"Kami ingin mengonfirmasi bahwa saat ini, pelanggan yang menggunakan produk Toyota termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu tidak perlu khawatir atau melakukan tindakan apa pun, dan dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa," tulis Toyota. 

Kendati demikian, Toyota mengatakan, seluruh mobil yang dibuat atau dikembangkan bersama dengan Daihatsu, serta dijual di Indonesia telah memenuhi aturan dan proses homologasi yang berlaku.

Baca juga: 64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza

Proses Pengiriman Toyota di Indonesia Masih Normal

Tiga produk andalan Toyota yaitu Rush, Avanza dan Veloz

Tiga produk andalan Toyota yaitu Rush, Avanza dan Veloz

Kasus yang menimpa Daihatsu dan Toyota tentu saja sangat mencengangkan, mengingat kedua brand ini memiliki pangsa pasar tertinggi di industri otomotif nasional.

Maka dari itu, sebagai bagian dari penangguhan pengiriman sementara, Toyota telah berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia untuk menjelaskan fakta-fakta terkait kasus tersebut. 

"Setelah berkonsultasi mengenai tindakan selanjutnya, diputuskan bahwa proses pengiriman kendaraan termasuk model-model yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu oleh Toyota Indonesia sudah kembali normal dimulai pada 22 Desember 2023 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia," tulis Toyota.

Baca juga: Waduh, Daihatsu Manipulasi Hasil Uji Tabrak Toyota Agya 2023 Hingga All New Vios!

Untuk beberapa mobil yang diekspor akan mengalami penangguhan sementara

Untuk beberapa mobil Toyota yang diekspor akan mengalami penangguhan sementara 

Hanya saja, untuk pengiriman unit yang kembali normal adalah untuk pasar domestik, sedangkan ke pasar ekspor, Toyota sendiri belum melakukannya. 

Pemerintah Indonesia juga berharap ekspor yang terdampak dapat dilakukan kembali sesegera mungkin setelah ada konfirmasi dari otoritas terkait di negara tujuan ekspor.

"Sekali lagi, Toyota Indonesia dengan tulus, ingin meminta maaf kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan di Indonesia terkait ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang ditimbulkan oleh aktivitas ini.Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pelanggan kami," tutupnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil