window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lihat Spesifikasi Toyota Fortuner Legender, Varian Terlengkap yang Tak Kunjung Datang ke Indonesia

Bent Aulia · 15 Feb, 2021 14:00

Lihat Spesifikasi Toyota Fortuner Legender, Varian Terlengkap yang Tak Kunjung Datang ke Indonesia 01

Dari berbagai varian dan spesifikasi Toyota Fortuner yang dipasarkan di Indonesia, tak ada nama Toyota Fortuner Legender. Padahal Fortuner Legender merupakan varian tertinggi Fortuner sudah bisa didapatkan di pasar Thailand dan India. Berbagai kabar pun berhembus tentang apakah mobil ini nantinya dibawa ke Tanah Air untuk menyapa konsumen Tanah Air.

Sudah diluncurkan di India

Ketika diperkenalkan tahun lalu di Thailand, facelift Toyota Fortuner memiliki dua versi yang berbeda, yaitu Fortuner model standar dan Fortuner Legender. Dilansir dari berbagai sumber, alasan Toyota Motor Thailand membagi Fortuner dalam dua versi ini adalah demi menyasar konsumen yang lebih luas.

Toyota Fortuner Legender 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dilihat dari spesifikasi Toyota Fortuner Legender 2021, varian ini merupakan versi yang lebih mewah dibandingkan Toyota Fortuner standar. Jika dijual berdampingan, maka Legender akan dipasarkan di atas Fortuner biasa. Tidak hanya mendapatkan lebih banyak peralatan dan fitur yang diberikan. Legender juga memiliki tampilan serba baru.

Sayangnya facelift Toyota Fortuner yang diperkenalkan tahun lalu di Indonesia tak memperkenalkan varian termewahnya ini. Ketika diwawancarai oleh media beberapa waktu lalu, pihak Toyota Astra Motor sendiri telah mempertimbangkan perkenalan mobil ini ke Tanah Air.

dashboard Toyota Fortuner Legender 2021

Dijelaskan oleh Anton Jimmi Suwandi selaku Marketing Director PT TAM, ia mengungkapkan bahwa respon konsumen terhadap varian Fortuner Legender menentukan dipasarkan atau tidaknya mobil ini. Jika respons konsumen cukup bagus, tak menutup kemungkinan TAM akan membawa mobil ini ke Indonesia.

Pertimbangan harga menjadi salah satu poin penting dalam tertahannya Fortuner Legender masuk ke Tanah Air. Anton menjelaskan bahwa pajak harga Toyota Fortuner di Indonesia dan Thailand tidaknya sama. Di Negara Gajah Putih tersebut, Fortuner masuk ke segmen pikap dengan pajak yang rendah. Tapi di Indonesia, penggunaan mesin berkapasitas lebih dari 2.5L membuat mobil ini masuk ke segmen mobil mewah.

Toyota Fortuner TRD

Saat ini, terang Anton, pihak TAM sedang fokus untuk memasarkan edisi terbaru dari Toyota Fortuner dengan varian yang sudah lama dijual di Indonesia. Namun pihak TAM saat ini masih dalam proses pertimbangan, apakah varian tertinggi Fortuner ini memiliki pangsa pasar yang cukup masif di Tanah Air.

Kelebihan varian tertinggi Fortuner

Untuk membedakannya dengan varian base Toyota Fortuner, ada beberapa tambahan yang disematkan pada mobil ini. Dengan berbagai kelebihan dibandingkan model standar, intip lagi spesifikasi Toyota Fortuner Legender di bawah ini.

1. Tampilan luar yang maskulin

Tampilannya yang garang serta kesan elegan yang terpampang pada Fortuner Legender membuat mobil menjadi salah satu SUV bergaya off-road yang pantas untuk dimiliki. Sebagai varian tertinggi, mobil ini memiliki berbagai perbedaan dengan Fortuner standar.

bagian depan Toyota Fortuner Legender 2021

Sementara Fortuner biasa mendapatkan minor facelift dengan beberapa perubahan pada bagian eksterior, Fortuner Legender mendapatkan “hidung” serba baru. Tampilan depan lebih tajam dan gagah, garis bumper dibuat lebih tinggi, tampilan lampu kabut yang menawarkan kesan sporty.

Logo Toyota yang terpampang pada bagian tengah berpindah ke bumper depan. Untuk menambah kesan maskulin pada mobil ini, lampu depan LED putih baru yang tampak lebih tajam disandingkan dengan proyektor ganda yang terlihat jelas. Terdapat LED sekuential terletak pada bagian bawah.

atap Toyota Fortuner Legender 2021

Perbedaan lainnya adalah atap dengan kombinasi dua warna. Ditambah dengan garis pilar berwarna hitam yang membuat mobil ini terasa lebih elegan dibandingkan saudaranya. Pasalnya Fortuner standar hanya menawarkan eksterior dengan atap sewarna bodi, meski dengan beberapa aksen pada over fender dan pijakan kaki.

Sebagai tambahan, Fortuner Legender mendapatkan velg baru berukuran 20 inci serta perubahan kecil pada bumper di bagian belakang. Ada ornamen lampu reflektor yang menyerupai huruf L, berbeda dengan Fortuner biasa yang menggunakan lampu bergaya horizontal standar.

bagian belakang Toyota Fortuner Legender 2021

Toyota Fortuner di Thailand ditawarkan dengan 8 pilihan warna eksterior dengan dua opsi interior; semua hitam dan chamois. Di sisi lain, Legender tersedia dalam pilihan eksterior Pearl White dengan pilihan dual-tone berwarna hitam untuk atap, serta interior berwarna maroon yang menghadirkan kesan mewah di dalam kabin.

2. Interior elegan

Kesan mewah nan premium langsung terasa ketika masuk ke dalam kabin. Interior yang gelap dan didominasi oleh warna hitam ini menghadirkan tampilan dashboard yang masih sama dengan Fortuner sebelum facelift. Meskipun begitu, tampilannya sudah modern dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

dashboard Toyota Fortuner Legender 2021

Tapi bukannya tanpa perubahan. Ada sedikit revisi pada bagian interior, dimulai dari panel instrument dengan layar layout baru dan iluminasi berwarna biru yang akan menyala di malam hari. Sedangkan head unit layar sentuh 9.0 inci bisa ditemukan pada bagian tengah dashboard.

head unit Toyota Fortuner Legender 2021

Setir masih tetap sama. Sistem multifungsi dengan berbagai tombol pengaturan akan memudahkan pengemudi dalam mengakses berbagai sistem dan fitur di dalam mobil. Dibantu pengaturan tilt & telescopic, palang kiri untuk pengaturan radio dan spoke sebelah kanan bisa digunakan untuk mengatur Multi Information Display.

Kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang juga dipertegas dengan kursi yang terbilang empuk. Menyangga punggung dengan baik, pengaturan untuk kursi depan bisa dilakukan secara elektris ke delapan arah melalui dua tombol pada bagian kanan bawah kursi.

kursi Toyota Fortuner Legender 2021

Semua kursi dibungkus kulit untuk kesan premium. Dengan bodinya yang bongsor, Legender juga menawarkan ruang kaki dan kepala yang sangat lega. Termasuk kursi belakang yang cukup rebah untuk memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan.

bagasi belakang Toyota Fortuner Legender 2021

Tak ada perbedaan dalam hal kapasitas penyimpanan mobil ini. Namun Legender mendapatkan sistem power tailgate dengan sensor kaki untuk memudahkan membuka pintu belakang. Hanya saja sedikit kekurangan adalah ground clearance yang tinggi, cukup menyusahkan ketika memasukkan barang ke bagasi belakang.

3. Mesin bertenaga

Mesin yang digunakan juga menjadi pembeda antara mobil ini dengan versi facelift standar. Berdasarkan spesifikasi Toyota Fortuner facelift yang dipasarkan saat ini hanya mendapatkan pilihan mesin bensin diesel 2GD-FTV 2.4L. Sedangkan Fortuner Legender mendapatkan unit diesel dengan kode 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc.

mesin Toyota Fortuner Legender 2021

Ada perubahan dan penyempurnaan yang diberikan untuk mereduksi getaran serta suara mobil yang cukup mengganggu. Dengan melakukan tuning teknisnya, mesin 2.T 4-silinder mampu menghasilkan tenaga serta torsi yang lebih besar.

Menghasilkan 25 PS lebih banyak dibandingkan model facelift, sehingga membuat keluaran tenaganya menjadi 204 ps. Sedangkan torsi maksimal meningkat 50 Nm dengan keluaran torsi menjadi 500 Nm. Tenaga ini sudah bisa dirasakan sejak putaran mesin menyentuh 1.600 rpm hingga 2.800 rpm.

Fortuner Legender mendapatkan tenaga besar dalam putaran yang rendah, memberikan kesan off-road yang semakin legendaris. Apalagi mobil ini mendapatkan penggerak empat roda yang mampu mengalirkan tenaga secara seimbang, membantu mobil ini ketika mendaki.

Toyota Fortuner Legender 2021 di jalanan off-road

Tapi mobil ini juga memiliki pengaturan sistem penggerak. Ketika memilih penggerak 2 roda, maka sistem akan mengalirkan ke roda belakang. Dalam versi 4WD, tenaga dibagi ke semua roda melalui sistem Sigma 4 milik Toyota.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan rasa berkendara, Toyota menghadirkan tiga mode berkendara pada mobil ini: Eco, Normal, dan Sport. Ketiga mode ini bisa dipilih untuk menyesuaikan pengendaraan tergantung medan yang ditempuh.

Mesin Toyota Fortuner Legender 2021

Tipe Mesin

1GD-FTV 2.8T 4-silinder VN Turbo Intercooler

Kapasitas Silinder

2.755 cc

Tenaga Maksimal

204 ps @ 3.400 rpm

Torsi Maksimal

500 Nm @ 1.600 – 2.800 rpm

Bore x Stroke

92.0 mm x 103.6 mm

Transmisi

6-percepatan otomatis

Sistem Penggerak

4-wheel drive

4. Teknologi canggih Toyota

Dengan posisinya sebagai varian tertinggi, tentu saja kelengkapan teknologi Fortuner Legender tak perlu disangsikan lagi. Sistem hiburan layar sentuh 9.0 inci serta konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto disandingkan dengan audio 9 speaker JBL akan menemani pengemudi dan penumpang sepanjang perjalanan.

MID Toyota Fortuner Legender 2021

Fitur Toyota Fortuner Legender membedakan dirinya dengan versi standar dengan aksen hitam pada kluster instrumen, bandingkan dengan aksen biru pada Fortuner standar. Termasuk tambahan port pengisian USB di belakang, sistem pengisian daya smartphone nirkabel, serta sistem ambient lighting yang mengesankan.

pengian smartphone nirkabel

Tak ketinggalan Panoramic View Monitor yang menunjukkan tampilan 360 derajat guna membantu pengemudi bermanuver maupun memarkirkan mobil ini. Fitur yang membuat pengendaraan semakin menyenangkan, mengingat mobil ini memiliki dimensi yang cukup bongsor, yaitu panjang 4,7 meter dan lebar 1,8 meter.

Sistem cruise control yang diberikan pada Legender memberikan rasa nyaman ketika berkendara di jalanan bebas hambatan. Dengan fitur ini, pengemudi bisa menikmati pengendaraan dimana sistem akan menahan laju mobil pada kecepatan yang sudah ditentukan.

paddle shift Toyota Fortuner Legender 2021

Spesifikasi Toyota Fortuner Legender dalam segi keselamatan didukung fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang memang belum ditemukan pada model Toyota di Indonesia. Semua kelengkapan sistem berkendara termasuk Dynamic Radar Cruise Control, Pre-Collision System, hingga Lane Departure Alert.

Bukan hanya itu, beragam fitur keselamatan aktif yang ditanamkan pada mobil ini terbilang sangat lengkap. Mulai dari sistem pengereman Anti-lock Braking System dan Brake Assist, Vehicle Stability Control, Traction Control System, Hills-start Assist Control, hingga Trailer Sway Control akan membantu pengendaraan di semua medan menjadi lebih mudah.

5. Harga tertinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga menjadi masalah tersendiri yang membuat TAM enggan membawa mobil ini ke Indonesia. Meski Toyota Indonesia bisa memproduksi sendiri Fortuner di pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat, tapi pajak yang tinggi menjadi batu sandungannya.

Ada empat varian Legender yang dipasarkan di Thailand saat ini. Model terendah adalah Toyota Fortuner Legender 2.4 yang dibanderol 1.577.000 bath, atau setara dengan Rp738 jutaan dan harga Fortuner Legender 4WD 2.8 sebagai edisi tertinggi banderol 1.832.000 bath, atau Rp858 jutaan.

harga Toyota Fortuner Legender 2021

Toyota juga sudah memperkenalkan Legender di India pada akhir tahun 2020 lalu. Berbeda dengan model di pasar Thailand, satu varian yang dipasarkan di Negara Bollywood tersebut dilepas dengan harga ₹ 37.60 Lakh, sekitar Rp724 jutaan.

Ketika berbicara kepada media beberapa waktu lalu, Anton menyebutkan bahwa jika mobil ini dibawa ke Indonesia, Fortuner Legender akan dibanderol di atas Toyota Fortuner TRD. Saat ini, harga Toyota Fortuner 2021 varian 2.7 TRD saat ini dipasarkan mulai dari Rp597 jutaan. Sehingga Legender kemungkinan besar dijual dalam rentang Rp600 – 610 jutaan.

Kesimpulan

Dengan namanya sebagai varian tertinggi, ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan dari teknologi serta spesifikasi Toyota Fortuner Legender yang lebih menawan dibandingkan versi standar. Hanya saja masalah harga memang masih menjadi kendala tersendiri bagi mobil ini masuk ke Indonesia. Tapi dengan pesaing yang semakin berdatangan, kehadiran mobil ini bisa menjadi angin segar untuk segmen SUV bergaya off-road milik Toyota ini.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil