Mobil Misterius di Booth Toyota Saat GIIAS 2021, Produk Barukah? Ini Jawaban Toyota Indonesia

Budi · 20 Nov, 2021 11:00

Pada hari pertama dan saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 ada sebuah mobil misterius yang dipajang di booth Toyota Indonesia di Hall 1, ICE, BSD City. Mobil itu berselubung kain hitam dan dipajang tepat di tengah-tengah booth, berdampingan dengan new Toyota Camry Hybrid dan Toyota Prius PHEV berbalut warna taksi Blue Bird. Lalu, apakah itu mobil baru Toyota yang akan meluncur di Indonesia?

Mobil Misterius di Booth Toyota Saat GIIAS 2021, Produk Barukah? Ini Jawaban Toyota Indonesia 01

Dari sosok yang ditutupinya, mobil ini tampak bersosok bagai sebuah SUV. Dengan pahatan desain yang tajam, roda berukuran besar, garis atap yang meninggi ke bagian belakang dan ground clearance yang juga tinggi. Sekilas pada bagian fascia depan dan siluet pada lampu serta grill-nya mengingatkan pada Toyota Harrier. Hmm… ya, jelas ini sebuah SUV.

Mobil Misterius di Booth Toyota Saat GIIAS 2021, Produk Barukah? Ini Jawaban Toyota Indonesia 02

Mobil misterius apa di balik kain hitam? Mobil baru Toyota?

Rasa penasaran timbul di antara beberapa pengunjung yang lalu lalang di dekat mobil misterius ini, “ini mobil apa ya?” tukas beberapa orang yang melewatinya. Bahkan beberapa orang ada yang langsung menebak dan merasa gembira bahwa akhirnya Toyota membawa SUV mewah barunya ke Tanah Air.  Sayangnya harapan tersebut ternyata tidak seperti yang dikira, karena rasa penasaran yang sama, redaksi AutoFun Indonesia bertanya langsung kepada pihak Toyota Indonesia perihal mobil yang ada di balik selubung hitam itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Toyota Avanza 2022 Juga Akan Tawarkan Varian Hybrid, Pakai Teknologi dari Daihatsu

Bagian dari perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia

Saat dikonfirmasi kepada pihak Toyota Indonesia yang diwakili oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), mereka mengatakan bahwa kehadiran mobil tersebut merupakan bagian dari perayaan 50 tahun kehadiran Toyota di Indonesia. “Kehadiran mobil tersebut terkait dengan 50 tahun Toyota di Indonesia. Untuk beberapa aktivitas, kami akan tampil sebagai Toyota Indonesia, apalagi jika hal ini terkait dengan elektrifikasi, maka kami akan mengumpulkan semuanya menjadi satu, termasuk salah satunya adalah Lexus,” papar Dimas Aska, Head of Public Relation TAM.

Mobil Misterius di Booth Toyota Saat GIIAS 2021, Produk Barukah? Ini Jawaban Toyota Indonesia 01

SUV misterius itu teryata Lexus UX300e

Ya, seperti disebutkan Dimas, mobil yang diselubungi tersebut ternyata adalah Lexus UX300e, yang merupakan SUV full-electric pertama yang dijual Toyota Indonesia di Tanah Air.  Mobil itu ditampilkan di booth Toyota di GIIAS untuk menunjukkan komitmen Toyota Indonesia terhadap program elektrifikasi, Itulah mengapa, SUV Lexus ini tampil berdampingan dengan Toyota Camry Hybrid dan Toyota Prius PHEV.

Nah, pertanyaan selanjutnya, lalu kenapa mobil ini kemudian kembali diselimuti kain hitam setelah dilihat oleh Presiden Jokowi? Dimas menjelaskan lebih lanjut. Menurutnya, tampilnya Lexus di booth Toyota Indonesia memang diperbolehkan dengan beberapa syarat.

Mobil Misterius di Booth Toyota Saat GIIAS 2021, Produk Barukah? Ini Jawaban Toyota Indonesia 02

Tak boleh ada corporate branding Toyota Indonesia "Let's Go Beyond" saat selubung dibuka

“(Selubung) Lexus hanya bisa dibuka pada saat tidak ada tulisan Toyota “Let’s Go Beyond” karena (tagline) ini adalah corporate branding Toyota di Indonesia. Tapi jika hanya ada tulisan “Toyota” saja maka boleh, sebagai bagian dari Toyota Group,” tukas Dimas. Pria yang dekat dengan para jurnalis ini juga menambahkan bahwa tampilnya Lexus di booth Toyota ini merupakan sebuah kesempatan yang langka, dan kali ini merupakan bagian dari 50 tahun Toyota di Indonesia. 

Mobil Misterius di Booth Toyota Saat GIIAS 2021, Produk Barukah? Ini Jawaban Toyota Indonesia 03

Toyota Camry Hybrid menjadi produk elektrifikasi paling anyar yang diluncurkan Toyota Indonesia

PT. Toyota Astra Motor pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi HEV melalui Toyota Prius Hybrid pada tahun 2009 dan Lexus LS600h pada 2010.  Hingga saat ini, Toyota Indonesia telah memiliki 10 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, hingga BEV, di antaranya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid, Toyota C-HR Hybrid dan Toyota Prius.

Baca juga: Toyota Luncurkan Toyota Camry Hybrid Facelift, Makin Canggih Tapi Tetap “Murah”

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Camry Hybrid 2.5 HV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru