window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebelum Meminang Toyota Fortuner, Simak Dulu Kelebihan dan Kelemahannya di Sini

Derry · 14 Mei, 2020 22:00

Toyota Fortuner generasi kedua meluncur di Indonesia pada 2016, menggantikan model lawas yang telah dijual di Indonesia sejak 2005. Masih menggunakan basis Toyota Hilux, Fortuner generasi kedua mendapatkan styling eksterior baru yang memberinya identitas sendiri, dan membuatnya berbeda dari Hilux yang menjadi basis.

Toyota Fortuner memiliki total 8 varian. Harga Toyota Fortuner terbaru berkisar dari Rp 493 juta hingga Rp 580 jutaan. Diantaranya ada 2 jenis mobil VRZ, yakni Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT dan Toyota Fortuner VRZ AT 4x4 yang dibanderol dengan biaya sebesar Rp 542 juta dan Rp 685 jutaan. Ini merupakan harga mobil Fortuner terbaru 2020.

Tidak hanya styling, dimensi interior mobil Fortuner baru juga diperbesar, dari 4.705 mm menjadi 4.795 mm, yang tentu berdampak pada ruang kabin yang lebih besar. Berbicara soal kabin, desain mobil Fortuner Toyota kini dibuat lebih modern dan berkelas dengan penggunaan material dashboard berkualitas.

Toyota Fortuner 2019

Sosok Toyota Fortuner generasi kedua

Fitur yang disematkan di Toyota Fortuner juga semakin kaya, mulai dari power back door, head unit layar sentuh 8 inci dengan berbagai fitur, sampai fitur berkendara seperti Vehicle Stability Control (VSC), Active Traction Control (A-Trac), dan sejenisnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berminat memasukkan Toyota Fortuner sebagai wishlist mobil baru Anda? Untuk jadi bahan pertimbangan, berikut beberapa poin plus dan minus yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Kelebihan Toyota Fortuner

  • Dimensi lebih besar dengan desain yang mewah

Toyota Fortuner 2019

Fascia depan Toyota Fortuner generasi kedua keluaran 2019

Seperti dijelaskan di atas, dimensi Toyota Fortuner generasi kedua lebih panjang 90mm dari generasi pertama. Untuk mengimbangi dimensi mobil baru, desainer Toyota membuat desain khusus untuk Fortuner setelah pada generasi pertama terlihat identik dengan Hilux.

Hasilnya sangat baik, menurut kami Toyota Fortuner generasi kedua memiliki identitas tersendiri, dan terlihat jauh lebih mewah dibandingkan generasi pertama. Penggunaan lampu depan Bi-Beam LED Headlamps membuatnya semakin modern, dan menghasilkan pencahayaan yang lebih baik.

  • Kabin Semakin Mewah

Dashboard Toyota Fortuner

Desain interior dibuat lebih mewah dan modern

Aura mewah Toyota Fortuner berlanjut ke dalam, di mana interior didominasi warna hitam dengan kualitas material premium yang memberikan kesan mewah. Tidak hanya mewah, kabinnya juga semakin modern dan fungsional dengan peletakan tombol yang terlihat sangat rapi. Pengaturan suhu dalam kabin juga jadi lebih mudah dengan kehadiran fitur AC digital dengan climate control di baris pertama dan kedua.

Jika Anda memilih model mobil VRZ dan SRZ, Anda akan mendapat jok material kulit yang memberikan kenyamanan saat duduk di kabin yang punya leg room dan head room yang mumpuni.

  • Pilihan Mesin Beragam

Mesin Diesel 2GD-FTV yang dipakai di Toyota Fortuner

Mesin dieselnya memiliki torsi yang sangat besar

Toyota Fortuner memiliki dua pilihan mesin, yakni bensin 2.700cc Dual VVT-i bertenaga 160 HP @ 3.400 rpm dan torsi 242 Nm @ 4.000 rpm dengan pilihan transmisi otomatis 6-percepatan. Selain itu, hadir juga pilihan mesin diesel inline-4 2.393 cc turbo variabel VNT intercooler yang memiliki kode 2GD-FVT. Mesin ini menghasilkan tenaga 147 HP @ 3.400 rpm, dan torsi yang sangat besar, 400 Nm yang bisa dicapai dari putaran mesin 1.600-2.000 rpm.

Dua pilihan mesin ini memberikan Anda opsi lebih beragam ketika ingin membeli Toyota Fortuner, di mana performa mesin bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik berkendara.

  • Fitur Keamanan Mumpuni

Cara kerja rem ABS

Sistem pengereman ABS sudah jadi standar di semua varian Fortuner

Berbicara soal fitur keamanan, Toyota Fortuner sudah dilengkapi berbagai perangkat keamanan pasif. Seluruh bangku sudah memakai seatbelt dengan alarm jika penumpang depan tak pakai seatbelt, Dual-SRS Airbag serta knee airbag juga sudah menjadi standar.

Beberapa fitur keamanan aktif seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Braking Assist hadir sebagai standar. Performa pengereman juga ditunjang dengan pemakaian rem cakram depan-belakang yang juga sudah hadir di semua varian.

  • Nama Besar Toyota

Sebagai salah satu produk Toyota, memilih Fortuner sebagai SUV pilihan adalah pilihan bagus. Mobilnya terkenal reliable, memiliki jaringan servis tersebar di seluruh indonesia, dan punya resale value yang cukup kompetitif jika dibandingkan rival sejenis.

Kelemahan Toyota Fortuner

Jelas, tak ada mobil yang dibuat sesempurna mungkin, termasuk Toyota Fortuner. Dari berbagai kelebihan yang kami jelaskan di atas, ada beberapa kelemahan juga yang harus dipertimbangkan sebelum memboyong SUV jagoan Toyota ini ke dalam garasi rumah Anda.

  • Baris ketiga dan bagasi sempit

Bagasi Toyota Fortuner dengan kursi ketiga dilipat

Pelipatan kursi ketiga ke samping membuat volume bagasi sedikit berkurang

Memang, kabin mobil jadi lebih luas dari sebelumnya, namun ini tak mempengaruhi kursi baris ketiga yang belum bisa dibilang lega. Kami sarankan bangku baris ketiga diduduki oleh anak-anak, atau orang dewasa dengan tinggi di bawah 170 cm.

Bagasi Toyota Fortuner tidak lega-lega amat, okelah kapasitasnya bisa dilegakan dengan baris ketiga dan kedua yang dilipat rata lantai. Namun, mekanisme pelipatan kursi baris ketiga ke arah samping seperti Kijang Innova agak sedikit mengganggu ruang kargo.

  • Mobil cenderung limbung

Test drive Toyota Fortuner

Ground clearance yang tinggi membuat Fortuner agak sedikit limbung

Punya dimensi bongsor ditambah ground clearance yang tinggi, Toyota Fortuner cenderung gampang limbung ketika dibawa di daerah berkelok-kelok atau pegunungan, bahkan tak sedikit merasa Toyota Innova lebih stabil jika dibandingkan Fortuner.

  • Fitur safety cenderung pelit

Active Traction Control Fortuner

Fitur canggih seperti A-TRC hanya tersedia di varian tertinggi saja

Dengan harga mulai Rp 400 juta-an, fitur safety Toyota Fortuner bisa dibilang cukup pelit. Bagaimana tidak, untuk airbag saja hanya ada tiga buah, dua di depan dengan satu knee airbag.

Fitur keselamatan aktifnya yang dimiliki mobil Fortuner ini juga bisa dibilang kurang, di mana hanya ada Anti-Lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), dan Electronic Brake Distribution (EBD). 

Memang, masih ada fitur lain seperti Vehicle Stability Control (VSC), Active Traction Control (A-Trac), Hill Assist Control (HAC), Downhill Assist Control (DAC), Emergency Brake Signal (EBS), Active Traction Control (A-TRC), serta tambahan side & curtain shield airbags. Tapi semua ini hanya tersedia di varian 4x4 VRZ, yang harganya sudah hampir menyentuh Rp 700 juta-an.

  • Tidak ada sunroof

Sunroof yang ada di Mitsubishi Pajero

Bukan fitur penting, tapi dengan harga hampir Rp 500 juta, Fortuner seharusnya punya sunroof

Memang sih, fitur satu ini tidak penting-penting amat. Namun mengingat Mitsubishi Pajero Sport, rival terkuat Fortuner di segmen SUV, sudah pakai sunroof, rasanya ketiadaan fitur tersier satu ini bisa jadi alasan untuk memilih yang lain ketimbang Fortuner.

Kesimpulan

Toyota Fortuner kini memang jauh lebih mewah, sporty, dan kaya fitur dibandingkan pendahulunya. Namun, dibalik berbagai improvement yang dihadirkan masih ada beberapa kelemahan yang tak bisa diabaikan sebelum memutuskan untuk memboyong SUV yang dibanderol mulai Rp 400 juta-an ini sebagai penghuni garasi rumah Anda. 

Derry

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil