window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selain Hyundai Stargazer, Kia Juga Siapkan LMPV 7 Seater Lebih Mewah dari Ertiga dan Xpander

Prasetyo · 12 Agu, 2021 15:03

Kia LMPV 7 Seater

Kabar akan segera lahir mobil baru Hyundai bernama Stargazer makin kuat. Setelah beberapa waktu lalu muncul dugaan mobil ini sedang melakukan uji jalan di Korea Selatan, maka kini sosok lain hadir lagi untuk kegiatan yang serupa.

Tapi rupanya selain Hyundai Stargazer yang disebut-sebut akan jadi model Low MPV pesaing Toyota Avanza, Kia juga sedang melakukan persiapan serupa. Sukses dengan Sonet dan Seltos, rupanya Kia pun tertarik masuk ke segmen MPV 7 penumpang dengan harga affordable.

Kia LMPV 7 Seater -1

Sosoknya beberapa kali terlihat di jalan

Dan karena antara Hyundai dengan Kia bisa saling berbagi platform, maka sepertinya Kia akan menggunakan pula platform milik Hyundai Stargazer untuk LMPV ini. Mobil tersebut ramai diberitakan pakai kode Kia KY. Apakah itu akan jadi produk kembar Hyundai-Kia buat melawan Avanza-Xenia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Beda Desain dengan Hyundai Stargazer

Beberapa hari belakangan ini media di India dihebohkan tentang kembali munculnya sosok mobil MPV misterius. Ada yang menyebut jika mobil bertutup kamuflase hitam itu adalah Kia Sonet 7 seater. Tapi sebagian besar yakin kalau ini adalah Kia KY yang kembali sedang melakukan uji jalan.

Kia LMPV 7 Seater -2

Tampilannya diyakini berbeda dengan Hyundai Stargazer

KY memang sudah sering disebut kalau itu merupakan kode untuk MPV baru Kia. Segmennya ada di kelas bawah hingga menengah yang di India diposisikan untuk melawan Maruti Suzuki Ertiga.

Karena Hyundai dan Kia memungkinkan bertukar platform model, maka Kia KY diduga kuat akan pakai platform yang serupa dengan Hyundai KS atau Stargazer. Namun kedua merk satu negara ini akan menentukan sendiri desain dari produk tersebut.

Baca juga : Hyundai Stargazer 2022 Kedapatan Lakoni Uji Jalan, Avanza-Xenia Harus Bersiap

Desain Meniru Kia Seltos

Kia LMPV 7 seater -3

Terlihat pakai sunroof di atap

Beberapa sumber juga percaya kalau Kia KY akan menjadi LMPV yang punya perawakan mirip Kia Seltos. Karena itulah sebagian menyebutnya sebagai Kia Seltos 7 Seater. Namun sampai saat ini memang belum ada fakta lain yang bisa membenarkan atau membantah anggapan tersebut.

Tapi yang jelas, dari foto-foto penampakan mobil ini di jalan raya, Kia rupanya lebih menampilkan MPV bergaya SUV. Karakter bodinya tegas terlihat dari lekukan-lekukan di fender depan yang sedikit terbuka. Selain itu kaca jendela juga dibuat lebar, ada roofrail serta sunroof di atap.

Kia LMPV 7 seater -4

Terlihat sekali sosoknya LMPV

Bentuk kaca belakang juga tidak terlalu besar, mirip dengan yang diterapkan kia baik pada Sonet maupun Seltos. Kaki-kakinya juga terlihat sudah pakai velg alloy dengan ukuran diamater cukup besar.

Dirilis Akhir Tahun Ini

Informasi berikutnya yang berkembang tentang MPV baru Kia ini adalah soal mesin yang digunakan. Karena pakai basis desain Kia Seltos namun masuk kelas entry level, maka kemungkinan mesinnya 1.500 cc tapi disediakan pilihan mesin bensin serta diesel.

Kia LMPV 7 Seater -5

Apakah mukanya akan mirip dengan Seltos?

Di kelas tersebut, tentunya selain Suzuki Ertiga juga ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Mitsubishi Xpander. Apakah ini senjata Kia untuk melawan dominasi LMPV Jepang?

Kabarnya Kia akan mengungkap wujud asli mobil ini di penghujung 2021. Kita tunggu saja!

Baca juga : Hyundai Custo 2021 Dirilis Akhir Agustus, Bermesin Turbo Lebih Mewah dari Toyota Innova Venturer

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

KIA Seltos E 2021

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil