Singgasana LCGC Terpopuler Ditempati Honda Brio, Toyota Agya Minggir Dulu!

Enda · 22 Nov 2020 12:00

Nama Honda Brio dan Toyota Agya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Tanah Air, sebagai kendaraan kompak mungil yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Kedua mobil ini kerap kali membuat bingung calon konsumennya ketika diharuskan memilih. Hal ini terjadi karena keduanya sangat bersaing di segmen mobil murah.

Namun, banyak yang berpendapat bahwa Honda Brio lah LCGC paling populer saat ini dibandingkan Toyota Agya.

Lalu, hal lain apa yang membuat Honda menggeser ketenaran nama Toyota di segmen ini? Berikut jawabannya.

Penjualan unit Honda Brio menempati posisi pertama di Oktober 2020

Tampilan belakang Honda Brio 2020

Kepopuleran Honda Brio di Tanah Air semakin diperkuat berkat data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada Oktober 2020. Menelusuri data wholesales, mobil terlaris di bulan lalu diraih oleh Honda Brio.

Tercatat Honda Brio yang terjual dari pabrik ke diler, sebanyak 4.785 unit untuk semua varian. Hal ini membuat Honda Brio menempati posisi pertama sebagai kendaraan terlaris versi GAIKINDO.

Sedangkan pesaingnya, Toyota Agya di bulan yang sama menenggerkan diri di urutan ke sembilan, dengan total penjualan wholesalesnya sebanyak 1.909 unit.

Honda Brio berhasil mendapatkan satu kali ubahan model

Honda Brio 2020 vs Honda Brio 2016

Pada 2017, Honda berhasil mengubah secara keseluruhan tampang dan bagian dalam Brio. Hal ini menjadikan LCGC besutan pabrikan otomotif berlogokan “H” tersebut semakin populer.

Berkat ubahan yang dilakukan tiga tahun lalu, Honda Brio kini memiliki tampilan yang lebih atraktif dan maskulin sebagai ciri khas kaula muda. Tidak hanya itu, jarak antar roda yang sekarang ini dibuat sedikit memanjang, membuat ruang kabin Honda Brio menjadi lebih lega.

Dilain sisi, berkat dimensi yang dibuat lebih panjang, kenyamanan bantingan dan handling mobil kini menjadi lebih baik lagi.

Toyota Agya 2020

Sedangkan Toyota Agya dari awal peluncuran hingga saat ini hanya mendapatkan ubahan secara minor change saja. Soal platform dan lekukan body utama, masih menggunakan generasi pertamanya dulu.

Hal ini yang membuat kepopuleran Toyota Agya berkurang, karena masyarakat sudah bosan melihat Toyota mengubah bagian depan dan belakang saja secara tampilan luar.

Mesin Honda Brio lebih bertenaga dibandingkan Toyota Agya

Alasan lain yang membuat Honda Brio lebih populer dibandingkan dengan Toyota Agya adalah performance.

Mesin Honda Brio

Pertama kali diluncurkan, Honda Brio mendapatkan mesin 1.3L dan kemudian diganti 1.2L untuk memasukannya ke daftar LCGC. Sampai sekarang, mesin 1.2L i-VTEC itu masih terus dipertahankan dengan spesifikasi tenaga 90 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 110 Nm @4.800 Rpm.

Meski Toyota Agya juga mendapatkan mesin 1.2L baru-baru ini sejak meluncur facelift pertamanya, nyatanya tenaga yang dihasilkan lebih kecil dari Honda Brio.

Di mana menurut data di atas kertas, mesin 3NR-VE 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i / 4 Cylinder in-line 16 Valves, DOHC, Dual VVT-I ini hanya mampu melecutkan tenaga 86 Hp @6.000 Rpm di angka torsi maksimal 11.0 Kgm @4.200 Rpm.

Perbandingan pacu di atas, Honda Brio lebih unggul. Hal ini yang menjadikannya sebagai LCGC terpopuler saat ini.

Menjadi populer, Honda Brio mendapatkan transmisi CVT

Transmisi CVT Brio

Bicara soal kenyamanan, Honda masih mencoba mempertahankan transmisi andalan pada LCGC-nya. Selain ditawarkan transmisi manual 5-percepatan, Honda Brio juga mendapatkan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) with Earth Dreams Technology yang juga digunakan pada beberapa model Honda mobil lainnya.

Teknologi yang ada pada transmisi ini menjadikan perpindahan gigi secara otomatis menjadi lebih halus, performa mesin lebih maksimal, dan hemat bahan  bakar.

Berbeda dengan Toyota Agya, LCGC besutan logo tiga oval ini selain ditawarkan transmisi 5-percepatan, turut dihadirkannya transmisi otomatis 4-percepatan yang belum menganut teknologi CVT.

Kesimpulan

Sudah jelas untuk kendaraan yang bermain di segmen LCGC, Honda Brio masih menyandang predikat sebagai mobil terpopuler di kelasnya. Dari soal tampilan, dapur pacu, fitur, serta kenyamanan, banyak yang setuju bahwa Honda Brio lebih baik dibandingkan para kompetitornya saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru