window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia

Prasetyo · 30 Nov, 2021 15:35

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 01

Sesuai yang sudah diprediksi sebelumnya, Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 akhirnya rilis di Thailand. Ajang Thailand International Motor Expo 2021 jadi momentum untuk memperkenalkan Corolla Cross versi yang lebih sporty ini.

Kemunculan di Negeri Gajah Putih itu berarti kehadiran perdana Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 ke publik Asia Tenggara. Karena sebelumnya, mobil ini malah melakukan debut di Taiwan bukan Jepang sebagai negara asalnya pabrikan Toyota.

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 02

Debut untuk pasar Asia Tenggara

Untuk Thailand, Toyota menawarkan harga Corolla Cross GR Sport 2022 1.249.000 Baht atau kira-kira Rp530 jutaan. Tapi kalau pemesan ingin warna Platinum White Pearl dengan atap hitam, maka tambah lagi Rp6,3 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Cukup tinggi kalau kita samakan dengan model GR Sport lain yang sudah ada di Indonesia. Sebab di rentang Rp500 jutaan, ada Fortuner VRZ 4x2 A/T GR Sport yang harganya Rp554 jutaan, serta Fortuner SRZ 4x2 A/T GR Sport yang dipatok Rp556 jutaan.

Unitnya Sama dengan Toyota Corolla Cross GR Sport di Taiwan

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 01

Pamer di Thailand International Motor Expo 2021

Toyota Corolla Cross GR Sport yang hadir di Thailand sangat identik dengan unit yang beredar di Taiwan. Antara lain di bagian depan bentuk grilnya berubah jadi sedikit mirip dengan Land Cruiser 200. Kemudian gril itu juga diberi warna hitam. 

Lekuk bemper depan juga berbeda dengan Corolla Cross biasa. Lantas sejumlah ornamen seperti cover spion juga berubah jadi black gloss. Hanya menyisakan underguard di bemper depan, under side guard, dan under guard pada bemper belakang yang berkelir silver.

Baca juga : Bikin Bingung, Toyota di Cina Jual Corolla Cross dengan Dua Nama Berbeda Tapi Speknya Sama

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 02

Aksen silver dan krom diganti hitam

Di bagian lampu belakang juga pada model GR Sport ini pakai mika bening. Serta velg yang terpasang sudah berdiameter 18 inci yang desainnya juga baru. Tak lupa ada emblem GR Sport dan Hybrid di pintu bagasi belakang sebagai penanda kalau varian GR Sport cuma hadir di tipe Corolla Cross Hybrid.

Ada Banyak Logo GR Sport di Interior

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 03

Interior Toyota Corolla Cross GR Sport

Interior Toyota Corolla GR Sport 2022 menawarkan tema kabin serba hitam. Nuansa GR Sport begitu kental berkat adanya imbuhan banyak logo Gazoo Racing di mobil ini. Misalnya pada sandaran kepala jok pengemudi dan penumpang, tombol Start/Stope Engine, layar headunit ketika pertama kali dihidupkan, sampai ke karpet lantai.

Untuk aksen lainnya juga dipilih kelir hitam. Antara lain kulit pelapis lingkar kemudi, jok, dan pelapis tuas transmisi. Lantas di konsol tengah pakai material Piano Black, dan seluruh dasbor juga pakai warna hitam.

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 04

Logo GR Sport ada di jok

Imbuhan silver cuma ada di handle pintu bagian dalam, peganggan tangan di trim pintu, serta sedikit di konsol tengah tepatnya di dekat tuas transmisi.

Sudah Pakai TSS dan Ada Peningkatan di Sistem Suspensi

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 05

Suspensinya lebih rigid

Sama seperti unit di Taiwan, Corolla Cross GR Sport ini juga mendapatkan sejumlah perbaikan dalam hal suspensi. Misalnya per dan shock dipilih yang lebih rigid 30 persen dibanding varian standar. Kemudian rack steering juga di setting ulang. Serta pada sasis ditambah braket yang tujuannya juga biar lebih rigid.

Tak lupa, Toyota Thailand pun sudah membenamkan fitur Toyota Safety Sense (TSS). Berkat perangkat ini, Corolla Cross GR Sport memiliki sejumlah fitur keselamatan aktif terbaru. Diantaraya All-speed Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracking Assist. Lalu ada pula Lane Departure Alert with Steering Assist, Pre-collision System, sampai Automatic High Beams.

Hanya Datang dengan Tipe Hybrid

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 Resmi Rilis di Thailand, Harganya Mepet Fortuner GR Sport di Indonesia 06

Cuma ada di tipe hybrid

Toyota Corolla Cross GR Sport 2022 di Thailand cuma hadir dalam satu varian, yakni HEV. Itu berarti mesin yang digendongnya berkodekan 2ZR-FXE 1.8-liter DOHC 16 valve yang mampu menghasilkan tenaga 98 PS di 5.200 rpm dengan torsi 142 Nm pda 3.600 rpm. 

Mesin ini digandeng dengan motor listrik dan baterai listrik serta sistem generator Power Control Unit (PCU). Dengan teknologi tersebut, Corolla Cross sanggup melaju hanya mengandalkan tenaga listrik murni dari baterai atau dikombinasikan tenaga dari mesin pembakaran internal. Akibatnya konsumsi BBM jauh lebih hemat dibanding versi mesin bensin murni.

Kalau sudah ada di Thailand, rasanya tinggal menunggu waktu saja Corolla Cross berbalut aksesoris GR Sport ini tiba di Indonesia.

Baca juga : Toyota Corolla Cross GR Sport Dirilis, Ini Daftar Komponen Barunya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia