window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Adit · 2 Nov, 2021 10:30

Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan 01

Daihatsu Rocky Hybrid resmi meluncur di Jepang!

Daihatsu Rocky Hybrid akhirnya resmi meluncur di Jepang. Kembarannya, Toyota Raize juga dirilis pada waktu yang sama, 1 November 2021. Keduanya menggunakan teknologi e-Smart Hybrid yang merupakan sistem hibrida tipe seri.  Jadi menarik karena saat acara Electrification Day yang diselenggarakan PT Toyota Astra Motor Jumat (29/10) lalu, mereka menjanjikan akan menghadirkan produk-produk elektrifikasi yang diproduksi lokal mulai tahun depan! 

Model ini menyerupai e-Power milik Nissan. Mesin konvensionalnya berfungsi sebagai generator pembangkit listrik, yang akan menyuplai daya langsung ke motor listrik dan menyimpan sisanya ke baterai berkapasitas kecil. Jadi mesinnya tak tersambung langsung ke sistem penggerak.

Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan 02

Teknologi hibrida Daihatsu Rocky mirip milik Nissan.

Baca Juga: Plus Minus Daihatsu Rocky 1.2 M, Alternatif Menarik Untuk Honda Brio RS

Seluruh penyaluran tenaga dilakukan oleh motor listrik. Ketika mendapat suplai daya dari mesin dan baterai yang cukup, maka akselerasi halus, responsif, dan hening layaknya mobil listrik murni bisa dicapai oleh Daihatsu Rocky Hybrid. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah e-Smart Hybrid besutan Daihatsu ini dikombinasikan mesin 1.200 cc WA-VEX yang menjanjikan tenaga 82 PS dan torsi 105 Nm. Ditambah output dari motor listriknya, yang sanggup memuntahkan tenaga puncak mencapai 106 PS dan torsi 170 Nm. Soal konsumsi BBM-nya paling irit mencapai 34,8 km/liter.

Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan 01

Daihatsu Rocky di Jepang ada opsi penggerak AWD.

Menariknya Daihatsu Jepang juga melengkapi varian Daihatsu Rocky tipe mesin 1.200 cc reguler yang sebelumnya terlebih dulu meluncur di Indonesia. Perihal konsumsi bahan bakarnya mencapai 20,7 km/liter melalui metode WLTC dan 23,6 km/liter pakai penghitungan JC08 di Jepang. Asli irit banget!

Baca Juga: Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan?

Ubahan Daihatsu Rocky Hybrid

Karena hadir dalam versi Daihatsu Rocky Hybrid, ada beberapa ubahan dan penambahan fitur. Misalnya penyematan emblem logo pabrikan yang ada warna birunya, mencerminkan konsep ramah lingkungan. Kemudian model rem tangannya berubah menjadi electric parking brake.

Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan 02

Daihatsu Rocky Hybrid mulai dari Rp260 jutaan.

Selain itu pabrikan menyematkan fitur Smart Pedal seperti one-pedal driving pada model elektrifikasi Nissan. Operasional akselerasi maupun deselerasi cuma mengandalkan pedal akselerator. Untuk melaju tinggal injak, kemudian untuk mengurangi laju hingga berhenti lepas injakan. Seperti bom bom car mudah memahaminya. 

Belum cukup, ada lagi power outlet 1.500 Watt pada Daihatsu Rocky Hybrid. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menggunakan perangkat elektronik tertentu, yang dayanya tak lebih besar dari kapasitasnya. Misalnya pemanas air, laptop, dan lainnya. Cocok nih untuk kegiatan camping, nggak perlu lagi bawa 'power bank' besar. 

Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan 03

Daihatsu Rocky Hybrid akankah masuk Indonesia?

Harga Daihatsu Rocky

Menarik dinantikan tipe hybrid ini di Indonesia. Apalagi desas-desus model ini hadir di tanah air sempat mencuat beberapa waktu lalu. Jadi bukan tidak mungkin bila nantinya ikut meluncur di sini, mengingat Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize sudah dirakit lokal. Terlebih banyak pabrikan berkomitmen menghadirkan model yang lebih ramah lingkungan. Termasuk Toyota yang sudah berkomitmen untuk menghadirkan produk elektrifikasi lokal di Tanah Air mulai 2022 mendatang.

Oh iya mengenai banderolnya, harga Daihatsu Rocky Hybrid di Jepang mulai dari Rp 263 juta untuk tipe X. Sedangkan tipe tertingginya, Premium G 2WD dipasarkan dengan harga Rp 292 juta. Mobil hybrid Daihatsu ini merupakan langkah lanjutan pabrikan menapaki era elektrifikasi, yang telah dimulai sejak 1967. 

Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Daihatsu Taft Rocky, Masih Tangguh di Usia yang Hampir Sepuh

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil