window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner?

Enda · 3 Agu, 2021 15:00

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 01

Toyota Voxy vs Toyota Fortuner

Toyota Voxy merupakan kendaraan MPV kelas atas yang memposisikan dirinya tepat berada di bawah Alphard. Sebagai suksesor Toyota NAV1 di Tanah Air, mobil keluarga mewah yang diperkenalkan di GIIAS 2017 tersebut kini dibandrol Rp510.850.000.

Sebagai informasi, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Voxy hanya dengan satu varian saja, yakni All New Toyota Voxy 2.0 AT. Dengan budget Rp500 jutaan, untuk membeli sebuah kendaraan beda segmen yang masih dalam keluarga Toyota, sebenarnya terdapat pilihan lain, yaitu Toyota Fortuner. Varian G A/T dieselnya sendiri menurut situs resminya saat ini dipatok Rp499.900.000.

Berikut ulasan mengenai Toyota Voxy vs Toyota Fortuner untuk sebuah mobil Rp500 jutaan beda segmen.

Baca juga: Apa Saja Sih, Fitur Menarik dari Toyota Voxy?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Voxy Menganut Tampilan Mewah MPV Kelas Atas

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 01

Toyota Voxy salah satu MPV kelas Toyota di bawah Alphard

Masuk dalam segmen MPV kelas atas, membuat tampilan luar Toyota Voxy ini terlihat cantik, mewah, elegan namun tetap sporty.

Pada fascia, mobil ini memiliki gaya ikonik dengan menampilkan lampu triple stacknya. Di sisi lain, Toyota Voxy juga mempunyai penampilan yang khas dengan desain grill besar berkelir hitamnya yang dominan. Toyota Voxy juga dilengkapi dengan body kit bernama Kuhl Premium 80 V-GT pada wajahnya tersebut.

Melihat lampu utamanya, mobil ini berhasil disematkan dua buah LED projector di setiap sisinya. Tidak hanya itu, Voxy juga memiliki LED DRL berbetuk alis tepat di atas lampu utama, serta fog lamp berteknologi LED yang terlihat mewah dan modern serta dapat meningkatkan visibilitas mengemudi.

Menengok sisi sampingnya, Toyota Voxy terlihat begitu boxy. Mobil ini memiliki Kaca samping cukup lebar dengan hiasan lis krom yang membentang dari pilar A hingga pilar D.

Tidak sampai di situ, untuk memperkecil blind spot, kaca spion mobil ini dibuat lebih cembung untuk bagian bawah kirinya. Hal ini tentunya memudahkan pengemudi ketika memarkirkan kendaraan. Bicara lingkar roda, Toyota Voxy disematkan velg dual-tone model kipas berdiameter 16 inch dengan profil ban 205/60 berbahan dasar Alloy.

Demi menyesuaikan tampilan yang mewah dan dinamis, pada buritannya ini diaplikasikan dengan garnish berkelir krom berukuran besar. Tampilan belakangnya yang menganut majestic rear design ini juga terkesan boxy dengan sudut-sudut yang tegas, terlebih diaplikasikannya lampu LED bertumpuk yang prestisius.

Uniknya dari tampilan belakang mobil ini rear wiper diposisikan di atas kaca belakang, seperti Toyota Alphard.

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 02

Toyota Fortuner tipe G

Sebagai kendaraan SUV, Toyota Fortuner memang terlihat lebih gagah. Mobil ini berhasil dibenamkan lampu utama projector dengan bentuk pipih, grille yang berkarakter, under guard lebar, dan LED DRL dibawahnya.

Melihat bagian sampingnya, mobil ini terlihat begitu kekar. Dimana kalian bisa menemukan over fender serta foot step sebagai ciri khasnya. Sama seperti Venturer, varian 2.4 G MT 4x2 AT DSL Toyota Fortuner ini menggunakan velg R17 yang dibalut dengan ban lebih tebal berprofil 265/65. Bagian buritan Toyota Fortuner juga dibuat berotot menyesuaikan bentuk keseluruhannya untuk memberikan kesan yang tangguh dan macho.

Ukuran Lebih Besar, Toyota Fortuner Kalah Mewah dari Toyota Voxy

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 03

Dimensi Toyota Voxy lebih kecil dari Toyota Fortuner

Bicara soal dimensi, Toyota Fortuner mempunyai panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm dengan wheelbase 2.745 mm. Bila dibandingkan dengan ukuran secara keseluruhan yang dimiliki Voxy, Fortuner jelas jauh lebih unggul.

Secara dara di atas kertas, Toyota Voxy sendiri memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.835 mm. Wheelbasenya mobil ini tercatat 2.850 mm.

Walaupun Toyota Voxy mempunyai dimensi yang lebih kecil dibandingkan Toyota Fortuner, nyatanya Voxy memiliki kabin yang lebih luas. Jangan heran apabila kalian akan merasa lebih nyaman ketika berpergian jauh menggunakan mobil ini.

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 04

Tampilan dashboard Toyota Voxy

Melihat bagian interior daripada Toyota Voxy, mobil ini mendapat tampilan premium kelas atas yang didominasi dengan warna hitam serta perpaduan coklat dan ungu yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

Ditambah lagi dengan tombol pengaturan yang ergonomis serta instrumen clutser dengan teknologi optitron yang diletakan di area dashboard. Hal ini tentunya juga dapat memberikan kesan mengemudi yang lebih baik.

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 05

Sebagai MPV premium, tampilan interior Toyota Voxy terasa begitu prestisius

Secara keseluruhan, Toyota Voxy dapat menampung hingga 7 penumpang sekaligus. Pada baris keduanya ini terkesan mewah yang mana pintunya sudah menggunakan sliding door otomatis serta jok model captain seat berikut arm rest. Hal tersebut tentunya juga memudahkan penumpang baris ketiga untuk keluar masuk melewati lorong tengahnya.

Bicara soal Toyota Fortuner, SUV ini didominasi dengan warna hitam yang mana pada joknya memakai bahan fabric dilabur warna dark grey. Seatnya ini tidak menganut model captain seat dan bagi kami kenyamanan serta tingkat visibilitasnya tidak sebaik Voxy.

Baca juga: Toyota Voxy 2022 Bakal Tampil Makin Agresif, Sudah Diuji Jalan Siap Masuk Indonesia Tahun Depan?

Adu Fitur Unggulan Toyota Voxy Vs Toyota Fortuner, Lebih Lengkap Mana?

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 06

Fitur Exquisite Double Moonroof pada Toyota Voxy

Mengetahui fitur unggulan yang ada di Toyota Voxy, mobil ini disematkan advanced entertainment system layar sentuh dengan ukuran cukup besar. Bukan cuma itu saja, untuk memberikan kenyamanan berkendara seperti Keyless Entry, Circular A/C Control Design with Triple Zone Climate Control, Power Outlet, dan Cup Holder di bagian samping jok pun sudah tersedia pada mobil ini.

Di sisi lain, fitur unggulan seperti indulging sunshide, exquisite double moonroof, tentunya dapat meningkatkan kesan premium dan mewah pada Toyota Voxy.

Pada sisi safety, mobil ini telah dilengkapi dengan Dynamic Rear Parking Camera, Cruise Control, 7 SRS Airbags, ISOFIX, Emergency Brake Signal (EBS), Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 07

Sistem keselamatan Toyota Fortuner

Berbeda dengan Toyota Fortuner, varian G AT diesel mobil ini disematkan sistem infotaiment berupa head unit 9 inci yang telah mengadopsi teknologi Miracast, Smart Phone Connection dan voice command namun belum dilengkapi dengan fitur NFC. Automatic Traction Control (A-TRC), Vehicle Stabilty Control (VSC), Trailer Sway Control (TSC), Vehicle Stabilty Control (VSC)

Selain itu Fortuner juga disematkan Variable Fluid Control (VFC) pada power steeringnya untuk memudahkan pengguna mengendalikan kendaraan ketika melaju di kecepatan tinggi, termasuk saat bermanuver di medan berat.

Melihat fitur keselamatannya, varian terendahnya ini sudah menganut Dual Airbags dan Knee Airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) serta Traction Control (TRC).

Toyota Voxy Memiliki Mesin yang Jauh Lebih Unggul dari Toyota Fortuner

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner? 08

Mesin diesel 2GD pada Toyota Fortuner

Toyota Fortuner ditanami jantung pacu diesel berkodekan 2 GD FTV 4-silinder segaris, 14 valve DOHC 2.393 cc. Tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel berteknologi commonrail tersebut mampu memeras tenaga 149.6 PS @3.400 rpm dengan torsi mencapai 400 Nm @1.600-2.000 rpm.

Untuk membuatnya dapat berjalan, mesin diesel yang digunakan Fortuner tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic sebelum ditranslasi ke penggerak roda belakang.

Berbeda dengan Toyota Voxy, MPV premium ini menggunakan mesin bensin dengan kode 3ZR-FAE 4-silinder 16 katup DOHC 1.987 cc yang menghasilkan 152 PS@6.100 rpm serta torsi maksimal 193 Nm @3.800 rpm yang diatur menggunakan transmisi CVT yang didistribusikan ke dua roda depannya.

Kesimpulan

Antara Toyota Fortuner dan Toyota Voxy memiliki selisih harga baru mencapai Rp10.950.000. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya Voxy ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal.

Untuk mobil keluarga kelas premium, menurut kami Toyota Voxy lebih layak untuk dipilih dibandingkan Toyota Fortuner. Selain nyaman, mobil ini juga mewah berkat beberapa fitur unggulan yang dianutnya.

Namun untuk kalian yang menginginkan sebuah kendaraan keluarga yang penampilannya gagah, mudah dimodifikasi, dan lebih terjangkau, Toyota Fortuner G AT diesel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Toyota Venturer Vs Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Mewah?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil