Apakah Toyota Raize Akan Meluncur Bersamaan Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia April ini?

Budi · 1 Apr, 2021 07:00

Sejak mulai berada dalam daftar mobil yang mendapatkan diskon PPnBM, kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky semakin kerap dibicarakan. Berbagai informasi awal menyebutkan jika kedua model ini akan segera hadir pada bulan April 2021 ini. Bahkan beberapa media sudah ada yang berani menyebutkan bahwa duet model terbaru Toyota dan Daihatsu ini akan hadir pada 5 April 2021 mendatang. Benarkah?

Apakah Toyota Raize Akan Meluncur Bersamaan Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia April ini? 01

Sayangnya, kebenaran informasi tersebut belum bisa dikonfirmasi oleh kedua Agen Pemegang Merek, baik PT Toyota Astra Motor (TAM) maupun PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Malah yang saat ini perlu diingat adalah, bahwa pada bulan April 2021 ini sebenarnya bertepatan dengan perayaan 50 Tahun kehadiran Toyota di Indonesia. Ya, bukan tidak mungkin bahwa dalam waktu dekat, TAM dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan merayakan ulang tahun emas Toyota di Indonesia ini.

Apakah Toyota Raize Akan Meluncur Bersamaan Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia April ini? 02

Toyota Raize bisa jadi kado perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia

Apakah ini seperti sebuah pertanda? Karena sekali lagi, bukan hal yang tidak mungkin pula jika perayaan besar ini akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran salah satu model mobil paling ditunggu di Indonesia saat ini. Dan sudah kita ketahui bersama, bahwa produk kembar Toyota dan Daihatsu selalu diluncurkan di saat yang sama sejak duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Artinya, bisa saja momentum ini menjadi saat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hadir di Tanah Air. Apalagi, Toyota dan Daihatsu kan satu keluarga ya…

Baca juga: Siap Hadir di Indonesia, Ini Cikal Bakal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

50 Tahun Toyota di Indonesia

Bulan April ini memang menjadi istimewa bagi Toyota di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi berdiri pada 2 April 1971, dimana TAM bergerak sebagai importir dan distributor kendaraan merek Toyota. Pada 15 Juli 2003, TAM kemudian direstrukturisasi menjadi dua perusahaan, yaitu TAM dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan serta suku cadang Toyota. 

Apakah Toyota Raize Akan Meluncur Bersamaan Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia April ini? 03

Toyota Kijang Innova, salah satu model paling sukses sepanjang sejarah Toyota di Indonesia 

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi dalam industri otomotif di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat. Hal ini memberi ruang lebih luas pada Toyota Indonesia untuk menghadirkan deretan produk yang dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat. Lebih dari 20 jajaran kendaraan beragam jenis mulai dari MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial, hingga Sport tersedia sebagai pilihan produk lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, Toyota Indonesia telah mengantisipasi lebih awal tantangan masa depan seperti tuntutan pengembangan kendaraan berteknologi ramah lingkungan. Pada tahun 2009, Toyota Indonesia telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ramah lingkungan berkat teknologi mesin berbasis elektrifikasi sehingga menghasilkan emisi yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Apakah Toyota Raize Akan Meluncur Bersamaan Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia April ini? 04

BEV Toyota COMS menjadi alat transportasi publik di Nusa Dua, Bali

Kehadiran Toyota Raize (dan Daihatsu Rocky tentunya) juga dapat menjadi sebuah kado yang menarik dalam memperingati 50 tahun Toyota di Indonesia. Mobil ini menjanjikan sebuah trend baru sebagai SUV kompak yang dapat memenuhi keinginan konsumen otomotif Tanah Air dalam melakukan mobilitas. Dimensi yang kompak, mesin kecil yang menawarkan efisiensi bahan bakar juga turut menyuguhkan keramahan lingkungan.

Baca juga: Punya Uang Rp250 Juta, Mending Beli Toyota Raize 2021 Atau Toyota Avanza 2021?

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Akan Meluncur April ini

Bukan sekadar harapan jika Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dapat diluncurkan pada bulan April 2021 ini. Selain karena momen yang pas dengan perayaan 50 tahun Toyota Indonesia, kita ketahui juga bahwa sejak Maret 2021 lalu, pemerintah Indonesia telah memberikan relaksasi PPnBM terhadap beberapa model yang sesuai dengan syarat pemerintah. 

Apakah Toyota Raize Akan Meluncur Bersamaan Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia April ini? 05

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan menjadi primadona diskon PPnBM

Nah, bukan kebetulan jika nama kedua model terbaru ini, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga ada didalamnya. Artinya jika keduanya ingin turut merasakan harga lebih murah sesuai relaksasi PPnBM ini, mereka harus segera meluncurkannya. Bayangkan, kebijakan relaksasi PPnBM ini bahkan sanggup mendongkrak penjualan mobil baru antara 20% hingga 50% sejak dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021 lalu. Artinya jika tidak diluncurkan pada bulan April ini, maka Toyota dan Daihatsu semakin sedikit mendapatkan kesempatan untuk merasakan relaksasi PPnBM maksimal untuk kedua model ini.

Apakah Toyota Raize Akan Meluncur Bersamaan Perayaan 50 Tahun Toyota di Indonesia April ini? 06

Daihatsu Rocky terpergok tengah melakukan pengujian di Lembang

Salah satu indikasi terkuat lain akan kehadiran kedua model ini adalah pernyataan beberapa tenaga penjual baik Toyota maupun Daihatsu yang sudah menyatakan bahwa model ini akan meluncur pada bulan April 2021. “Kami masih belum diberitahu kapan tepatnya akan meluncur, namun yang pasti bulan April ini, dan konsumen sudah dapat memesannya dengan memberi tanda jadi,” ujar salah satu salesman Toyota di Kota Bandung. Jadi hanya tinggal menghitung hari saja ya….

Baca juga: Toyota Raize 2021 di Indonesia Bakal Pakai Mesin 1.2 Liter, Apa Hebatnya Mesin Milik Calya dan Agya Ini? 

Komentar