Harga Bekas Suzuki Splash dan Toyota Etios Valco Bersaing, Mana yang Paling Pas untuk Dipilih?

Enda · 15 Feb, 2022 13:00

Suzuki Splash Vs Toyota Etios Valco

Suzuki Splash Vs Toyota Etios Valco

City car sub-kompak berbentuk hatchback, Suzuki Splash maupun Toyota Etios Valco kini sudah bisa kalian miliki dengan harga Rp60 jutaan. Dibandrol dengan harga bekas yang terbilang cukup terjangkau, keduanya sama-sama menawarkan tingkat kenyaman berkendara, mudah dalam perawatan, lincah serta hemat dalam hal penggunaan bahan bakar.

Sebagai informasi, di Indonesia Suzuki Splash pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 hingga 2015. Sedangkan Etios Valco diluncurkan tiga tahun setelah kemunculan rivalnya tersebut, dan berhenti dipasarkan pada 2017.

Merasa bingung antara memilih Suzuki Splash atau Toyota Etios Valco sebagai kendaraan untuk mendukung segala aktifitas sehari-hari? Sebaiknya simak lebih dulu ulasan berikut ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Splash, Pantaskah untuk Dimiliki?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Tak Hanya Modern, Tampilan Toyota Etios Valco Terkesan Lebih Proper

Toyota Etios Valco

Toyota Etios Valco terkesan lebih proper

Menurut pandangan kami, secara tampilan Toyota Etios Valco terkesan lebih modern dan proper dibanding Suzuki Splash. Mengusung konsep city car modern, seperti yang bisa dilihat Etios Valco memiliki karakter aktif dengan kombinasi desain minimalis sekaligus dinamis, namun terasa elegan sebagai ciri khas small hatchback.

Untuk bagian depannya, mobil ini disematkan grill yang dibagi menjadi dua bilah berpenampilan atraktif yang terintegrasi dengan kedua lampu utamannya. Pada sisi samping, antara panjang dengan tinggi kendaraan memiliki komposisi yang pas, sehingga bukan hanya terlihat manis, tapi juga dapat memberikan kestabilan dalam berkendara.

Begitupun pada bagian buritannya, desain yang diterima city car ini terkesan lebih kompak ketimbang Suzuki Splash dimana antara pintu bagasi, stop lamp dan bumper dibuat proposi, terlebih adanya garis melengkung yang menghubungkan antara pintu dengan reflektornya.

Suzuki Splash

Secara dimensi Suzuki Splash kurang begitu proposi

Bicara Suzuki Splash, dibandingkan dengan Etios Valco mobil ini memiliki atap tinggi yang bisa dibilang kurang proposi antara panjang dengan tinggi kendaraan.

Selain itu, beberapa orang juga kurang menyukai akan tampilan belakangnya yang terlihat sedikit merangsek ke dalam. Meski begitu, bagian depannya tak kalah menarik dari rivalnya tersebut dikarenakan memiliki bentuk membulat, yang membuatnya terlihat dinamis.

Suzuki Splash

Area kokpit Suzuki Splash

Berbeda jika bicara tampilan dalamnya, Suzuki Splash menurut kami terasa lebih nyaman sekaligus dinamis dibandingkan Toyota Etios Valco. Hal ini dikarenakan perspektif ruang kabin Suzuki Splash sendiri terbilang cukup lega berkat head roomnya yang dibuat tinggi.

Bukan cuma itu, tampilan dashboardnya juga terlihat porposional dengan menerima bentuk membulat serta peletakan kompartemen dan fitur yang terasa pas sekaligus ergonomis. Beda halnya Etios Valco, dengan meter clusternya yang diletakan di tengah dashboard serta kisi-kisi AC model tumpuk di samping kiri head unit, membuat bagi sebagian orang kurang menyukainya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Adu Fitur Suzuki Splash Vs Toyota Etios Valco, Siapa yang Juara?

Toyota Etios Valco

Fitur Toyota Etios Valco lebih komplit

Menyoal fitur, Suzuki Splash dibekali dengan sistem hiburan single din dengan mendukung format audio radio, CD, MP3, & USB, switch control steering, serta lampu depan yang bisa diatur tingkat ketinggiannya.

Selain itu juga dilengkapi adanya sistem pendingin udara AC dan power window yang bisa dengan mudah menaikan serta menurunkan kaca hanya dengan menekan tombol. Sebagai catatan, Splash belum mendapatkan electric mirror yang mana bisa mengatur tinggi-rendah serta keluar-masuknya kaca menggunakan tombol.

Bicara fitur keselamatan, pada mobil ini kalian juga bisa menemukan adannya ABS + EBD guna mencegah roda terkunci disaat melakukan pengereman secara mendadak, child lock, side impact beam serta kerangka Total Effective Strength Structure (TESS) yang diklaim mampu membuat kendaraan menjadi lebih aman. Oh iya, untuk fitur keamannya Suzuki Splash sudah dilengkapi dengan immobilizer & alarm.

Mengetahui fitur apa saja yang ada pada Toyota Etios Valco, mobil ini sudah dibekali dengan MID, cooler di dalam glovebox, head unit double-din yang terintegrasi dengan steering wheel audio control switch, AC, power window dan electric mirror.

Untuk fitur keselamatannya, Etios Valco berhasil diaplikasikan dengan dual airbags, ABS + EBD, Brake Assist dan ISOFIX. Mengenai keamanannya, mobil ini hanya mengandalkan alarm system.

Sama-sama 1.200 Cc, Siapa yang Paling Bertenaga?

Toyota Etios Valco

Mesin 3NR-FE yang disematkan pada Toyota Etios Valco

Suzuki Splash, untuk jantung pacunya sendiri menggunakan mesin bensin berkode K12M DOHC 4-silinder segaris Multi Point Injection (MPI) berkapasitas 1.197 cc. Menurut data di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 85 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 113 Nm @ 4.500 rpm. Untuk transmisinya, Splash sendiri ditawarkan dalam dua opsi, manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Bagaimana dengan Etios Valco? Seperti yang diketahui, mobil ini dibenamkan mesin 3NR-FE DOHC 4-silinder segaris, 16 valve berkapasitas 1.197 cc. Mengenai performanya, mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 80 PS @5.600 rpm dan torsi puncak sebesar 104 Nm @3.100 rpm.

Tidak seperti Splash, hatchback berlogokan tiga oval tersebut hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda depan.

Kesimpulan

Hatchback Rp60 jutaan dengan tahun muda, Toyota Etios Valco unggul secara tampilan dan fitur. Namun dari segi tenaga dan torsi, Suzuki Splash juaranya.

Untuk urusan spare part dan perawatan, baik Toyota Etios Valco maupun Suzuki Splash tidak perlu khawatir. Di pasaran, suku cadang keduanya masih melimpah mulai dari yang ori hingga KW. Selain itu, perawatannya juga terbilang mudah karena sudah menggunakan teknologi injeksi dan sama-sama memiliki mesin yang bandel.

Baca juga: Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas!

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Yaris G Grade M/T 3AB

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru