window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan New Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander, Beda Kasta Konsep Sama

Yongki Sanjaya · 14 Okt, 2020 19:30

Perbandingan New Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander, Beda Kasta Konsep Sama 01

Kijang Innova menjadi legenda hidup sebuah mobil keluarga, dari awalnya sederhana yang kini jadi mewah. Pada facelift yang akan meluncur, sosok Innova Reborn wujudnya semakin tangguh dan maskulin. Konsep MPV rasa SUV bukanlah barang baru karena sudah diperkenalkan oleh Mitsubishi Xpander.

Toyota Kijang Innova adalah bagian dari legenda Kijang yang meluncur sejak 1976. Sedangkan Xpander baru debut pada 2016, atau beda 40 tahun. Kini, masing-masing berusaha memikat konsumen yang mencari MPV bergaya SUV yang tangguh. 

Apakah Desain Innova Baru Lebih Menarik?

Perbandingan New Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander, Beda Kasta Konsep Sama 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Innova dibuat lebih gagah dan maskulin dengan grille yang lebih modern. Desain depannya menampilkan gaya berotot dan kini dengan desain grill mirip Hilux. 

Lampunya masih sama seperti versi pre-facelift tetapi grillnya baru. Posisi lampu sein dan foglamp sekarang terpisah di versi facelift ini.

Dari samping, tampilan berototnya jelas terasa. Penampilannya pun makin macho dan tangguh. Tapi sayangnya, desain belakang Innova Reborn malah jadi tidak menarik hingga sekarang. 

Bagian belakang memberikan lekukan dan garis memanjang, menyembunyikan tampilan bongsornya. Lampu belakangnya terkesan unik dengan gaya meruncing ke bawah.  

Desain Mitsubishi Xpander Kedepankan Kesan Tangguh 

Perbandingan New Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander, Beda Kasta Konsep Sama 01

Secara keseluruhan, tampilan Mitsubishi Xpander terlihat sangat keren dan futuristis berkat desain Dynamic Shield, yang menjadi identitas line-up terbaru Mitsubishi.

Di bagian atas, kita akan menemukan lampu DRL (Daytime Running Lights) teknologi LED hadir dengan desain menyipit, dan menyatu ke upper grille dengan finishing chrome dan piano black yang memberikan kesan elegan namun tangguh.

Perbandingan Mesin Innova dan Xpander, Beda Kelas Beda Rasa

Ada dua mesin yang digunakan pada tiga varian yang ditawarkan, yaitu mesin bensin dan diesel. Innova bermesin bensin 1TR-FE 4-silinder DOHC with Dual VVT-i. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 137 daya kuda serta torsi maksimal 190 Nm. 

Butuh tenaga yang lebih besar? Ada mesin 2 GD-FTV 4-silinder DOHC with VNT Intercooler yang bisa menyemburkan tenaga 147 daya kuda dan torsi maksimal 360 Nm. 

Lantas bagaimana dengan Xpander? MPV andalan Mitsubishi ini cuma didukung dapur pacu mesin 1.5 liter MIVEC 4A91 4-silinder sejak generasi pertama dipasarkan 17 Juli 2017. 

Tenaga yang dihasilkan berkisar 103 HP yang didapat di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 141 Nm yang didapat di 4.000 rpm.

Ukuran dan Dimensi Innova dan Xpander

Perbandingan New Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander, Beda Kasta Konsep Sama 02

​​Mitsubishi Xpander memiliki dimensi 4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 mm dengan wheelbase 2.775 mm. Sementara untuk Kijang Innova Reborn dimensinya 4.735 x 1.830 x 1.795 mm dengan wheelbase 2.750mm. 

Melihat ukurannya, Kijang Innova memang lebih besar dilihat dari panjang dan lebarnya. Namun urusan kelegaan kabin ternyata beda sedikit karena wheelbase Xpander lebih panjang. Wheelbase ini mempengaruhi ukuran ruang kaki di baris pertama dan kedua. 

Fitur Safety Innova Merata di Tiap Tipe

Ditawarkan untuk segmen menengah, sistem keselamatannya bisa dibilang cukup baik. New Kijang Innova sudah mendapatkan Superior Safety Airbags serta sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) ditambah Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Fitur Vehicle Stability Control atau VSC yang di versi pre-facelift hanya tersedia di Venturer diesel, sekarang ada juga di tipe 2.0 G manual. Di versi facelift ini, kamera mundur juga tersedia di tipe 2.0 G manual, sedangkan versi pre-facelift belum ada.

Fitur Keselamatan Xpander Lebih Baik

Perbandingan New Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander, Beda Kasta Konsep Sama 03

Sementara itu pada Xpander memiliki fitur Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), konstruksi rangka yang sudah jadi standar di line-up Mitsubishi kekinian.

Untuk fitur keamanan pasif, dual-SRS Airbag sudah menjadi standar di seluruh varian, begitu juga dengan sabuk pengaman tiga titik yang mengakomodir ketujuh penumpang.
 
Khusus varian Sport dan Ultimate, ABS yang hadir juga sudah dilengkapi Brake Assist (BA), hadir juga fitur bantuan mengemudi lainnya seperti Hill Start Assist (HSA) dan Active Stability Control (ASC). Artinya dengan harga yang lebih murah namun fitur keselamatan Xpander bisa disejajarkan dengan Innova. 

Upgrade Fitur Interior, Innova Kasta Bawah Tetap Mewah

Perbandingan New Kijang Innova dan Mitsubishi Xpander, Beda Kasta Konsep Sama 04

Interior di Innova terdapat 3 warna dengan nada kontras yang akan menyapa Anda ketika masuk ke dalam mobil. Kemewahan dan elegansi kabin terasa pada perpaduan warna hitam, aksen silver, serta motif panel kayu tersedia. Pada versi facelift jok dan doortrim berubah jadi coklat tua. 

Berada di tengah dashboard, ada head unit berukuran 8 inci untuk tipe terbawah, dan head unit 9 inci untuk tipe V ke atas. Di bawah terdapat beberapa tombol pengaturan yang ergonomis dengan akses yang terbilang mudah.

Bahkan pada Venturer mendapat head unit baru berukuran 9 inch touchscreen with Radio, Bluetooth, USB, Miracast, Smartphone Connection, & NFC (cek saldo e-money). Head unit ini mengadopsi milik Toyota Corolla Cross dengan fitur NFC yang sebelumnya meluncur. 

Fitur di Kabin Xpander Cukup Berkelas

Berbeda dengan tampilan luar yang sangat agresif dan macho, kabin Xpander justru terasa lebih tenang. Hal ini dikarenakan konsep interior dual-tone. 

Pada mana bagian atas didominasi warna hitam dengan bagian bawah diberi sentuhan beige, dengan sedikit aksen kayu di dashboard yang elegan. Pada bagian tengahnya menjadi rumah dari head unit berukuran 7 inci yang sudah mendukung konektivitas smartphone seperti integrasi Apple CarPlay dan Android Auto.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil