Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris

Yongki Sanjaya · 19 Jan, 2021 07:00

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 01

Toyota Corolla Cross meluncur pada tanggal 6 Agustus 2020 dalam dua tipe unggulan yakni versi bensin serta Hybrid. Hanya sekitar lima bulan setelah meluncur, Toyota Corolla Cross varian hybrid jadi yang terlaris di segmen mobil ramah lingkungan. Lantas, apa sih keunggulan yang membuat Toyota Corolla Cross Hybrid bisa jadi yang paling laris? 

Hanya dalam hitungan bulan, Corolla Cross Hybrid telah terdistribusi sebanyak 652 unit. Sebagai crossover 5-Seater, Toyota Corolla Cross punya tampilan mengesankan. Mobil terbaru Toyota ini memadukan kesan futuristik dan ketangguhan ala SUV.

Toyota Corolla Cross hybrid saat peluncurannya dibanderol seharga Rp497,8 jutaan. Harga tersebut Rp40 juta lebih mahal dibanding versi mesin bensin yang dipatok di angka Rp457,8 juta (OTR DKI Jakarta). Namun patut diapresiasi kalau Corolla Cross Hybrid sempat jadi mobil hybrid termurah sebelum akhirnya muncul Nissan Kicks e-Power.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 01

PT Toyota Astra Motor mendatangkan langsung Corolla Cross Hybrid dari Thailand. Mobil ini pun memperbanyak opsi di segmen SUV kompak, termasuk segmen hybrid yang sebelumnya sudah diisi C-HR.

Hadir sebagai varian teratas, tentu Corolla Cross varian hybrid punya fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi bensin. Nah, yang patut kita soroti ialah mengapa Nissan Kicks e-Power yang harganya termurah tidak bisa menjadi mobil hybrid terlaris? 

Ada banyak faktor, termasuk salah satunya ialah reputasi yang dimiliki oleh Toyota di Indonesia. Mobil hybrid hingga kini dikenal sebagai mobil yang perawatannya dianggap rumit. Tentu butuh dukungan jaringan aftersales yang mumpuni dan tersebar luas. 

Desain Modis Toyota Corolla Cross Hybrid, SUV-nya Orang Kota

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 02

Melihat sosok Corolla Cross ini memang tidak seperti Fortuner yang gagah atau Land Cruiser yang perkasa. Kesan modis dan modern begitu lekat pada sosok crossover yang satu ini. Penampilannya yang tidak terlalu tinggi bisa mix dengan berbagai gender dan kalangan usia, mulai dari anak muda sampai kalangan paruh baya. 

Pada lampu depan juga sudah dibenamkan Bold Front Grille Design dipadu Sharp Headlamp lengkap dengan Beaming LED Foglamp. Bila kita melihat keseluruhan desainnya, Toyota Corolla Cross menonjolkan kesan elegan, premium dan cocok jadi kendaraan tangguh ala perkotaan.

Dari dimensi bodinya, Toyota Corolla Cross punya postur yang cukup besar. Wheelbase dengan dimensi 2.640 mm tentu saja berdampak kepada suasana interior Toyota Corolla Cross Hybrid, yang jadi cukup lega.

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 03

Toyota Corolla Cross dirancang sebagai crossover yang menggabungkan aspek kokoh dan utilitas. Penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) memungkinkan Corolla Cross menjadi mobil compact SUV yang memberikan suasana perjalanan menjadi nyaman dan tenang. 

Berikut ini kelengkapan pada eksterior Toyota Corolla Cross Hybrid:

  • Lampu proyektor 
  • Lampu DRL 
  • Lampu sein LED 
  • Antena Shark Fin 
  • Power Moonroof 
  • Automatic Power Back Door with Kick Sensor 
  • LED Foglamp

Fitur Kekinian Toyota Corolla Cross Hybrid

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 04

Toyota Corolla Cross juga unggul soal fitur kenyamanan. Crossover ini menawarkan dua hal utama seperti Power Seat serta Power Moonroof pada sisi atapnya. Hal ini, tentu akan memberikan kesan lebih elegan serta premium bagi seluruh penumpang.

Corolla versi SUV ini juga dilengkapi berbagai fitur lain untuk menunjang kenyamanan, mulai dari Near Field Communication (NFC) untuk mengecek saldo uang elektronik, AC dual zone, head unit 9 inci, voice command, rain sensor, sampai power back door dengan kick sensor. 

Corolla Cross memiliki setir berteknologi tilt dan teleskopik. Hadir juga fitur setelan elektrik jok untuk memberikan rasa nyaman di belakang kemudi. 

Fitur Keselamatan Melimpah, Tapi Bukan yang Terlengkap

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 05

Keselamatan dan keamanan pengemudi maupun penumpang sudah menjadi fokus utama Toyota saat ini. Untuk fitur keamanan mengandalkan immobilizer dan alarm. 

Adapun fitur perlindungan dan keselamatan juga tak kalah melimpah. Corolla Cross Hybrid didukung pengereman ABS, EBD, 7 airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, sampai sensor parkir sisi depan dan belakang yang dilengkapi dengan kamera mundur. 

Sayangnya Corolla Cross yang dijual di Indonesia ini belum disematkan paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Toyota Corolla Cross Hybrid Didukung Mesin Irit, Bertenaga, dan Ramah Lingkungan

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 06

Toyota All New Corolla Cross tipe hybrid yang masuk dalam segmen SUV  mengandalkan mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE. Artinya, ada dua sumber tenaga selain dari mesin juga dari motor elektrik. 

Mesin berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i sanggup menghasilkan power maksimal sebesar 98 PS dan torsi 142,1 Nm. Mesin itu dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 162,7 Nm.

Secara total power yang dihasilkan mencapai 170 Ps dengan torsi mencapai hampir 305 Nm. Mesin ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari varian bermesin bensin. 

Mesin HEV berkode 2ZR-FXE memiliki rasio kompresi lebih besar yakni 13:1. Rasio kompresi ini membuat ruang bakar lebih sempit sehingga konsumsi bahan bakar lebih ekonomis.  Dari hasil uji coba versi New European Driving Cycle, Toyota All New Corolla Cross Hybrid mengkonsumsi bahan bakar per liter untuk menempuh jarak 23,25 kilometer.

Platform DNGA Bikin Toyota Corolla Cross Hybrid Punya Handling Lincah

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 07

Corolla Cross memiliki radius putar 5,2 meter, memang cukup besar. Namun, Toyota memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas.

Karena memakai platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C), membuat sasis Corolla Cross lebih rigid. Platform ini juga mencakup sistem suspensi memberikan peredaman yang empuk. Artinya, handling bisa tetap lincah namun kita tetap nyaman dalam mobil sepanjang perjalanan. 

Kesimpulan

Raih 23,25 km/liter, Ini 5 Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid Yang Jadikannya SUV Hybrid Terlaris 08

Dari beberapa poin di atas bisa kita simpulkan kalau Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi compact SUV yang serba pas. Mungkin bila melihat harga akan sedikit mahal, namun akan dikompensasi dengan kenyamanan dan kesan premium dari sebuah crossover.

Toyota juga tidak pelit dalam fitur keselamatan pada Corolla Cross Hybrid. Fitur perlindungan sudah melimpah walaupun tidak selengkap versi luar negeri. Desain dan dimensinya juga pas untuk berkendara sehari-hari kalangan menengah atas. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Corolla Cross Gasoline

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru