Toyota Fortuner Hybrid dan Toyota Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan, Pakai Mesin Diesel GD dan Produksinya di Indonesia!

Prasetyo · 28 Apr, 2021 10:04

Toyota Fortuner Hybrid dan Toyota Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan, Pakai Mesin Diesel GD dan Produksinya di Indonesia! 01

Kabar mengenai akan datangnya Toyota Fortuner hybrid dan Toyota Innova hybrid memang sudah santer sejak awal tahun. Dan sedikit demi sedikit, informasi mengenai dua mobil hybrid Toyota ini mulai terkuak.

Di awal januari 2021, Yoshiki Konishi, Chief Engineer Toyota Motor Corporation sudah menjelaskan jika mereka tengah meracik generasi terbaru dari Fortuner dan Innova. Toyota pun sudah mempertimbangkan untuk menggunakan mesin hybrid.

"Sepertinya kami perlu beralih dari sistem diesel konvensional ke diesel plus-hybrid, atau mungkin juga sistem powertrain lainnya. Karena mempertahankan mesin diesel itu sulit untuk mengejar kualitas emisi yang lebih baik," ucap Yoshiki.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 Segera Meluncur, Apa Keunggulan Dibanding Versi Sebelumnya?

Keduanya Pakai Mesin Diesel GD Hybrid

Toyota Fortuner Hybrid dan Toyota Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan, Pakai Mesin Diesel GD dan Produksinya di Indonesia! 02

Mesin diesel 2GD-FTV yang ada di Fortuner saat ini

Informasi terbaru mengenai Toyota Fortuner hybrid dan Toyota Innova hybrid pun sedikit demi sedikit mulai terbuka. Dikutip dari Autoindustriraya, Toyota diketahui sedang meracik mesin GD Hybrid.

Mesin GD Series pada Toyota mungkin Anda sudah paham betul jika ini adalah jenis mesin diesel dari raksasa otomotif Jepang tersebut. Adapun mesin GD dipakai untuk beberapa model Toyota seperti Fortuner, Hilux, Innova, dan juga Hiace. Beberapa model dari keempat mobil itu ada yang menggunakan mesin 1GD-FTV 2.8L dan ada juga yang pakai mesin 2.4L 2GD-FTV.

Informasi dari sumber internal Toyota menyebutkan jika mesin GD Hybrid yang tengah dikembangkan bakal mengawinkan antara mesin diesel GD series dengan motor listrik. Dan untuk project mesin baru ini, Toyota pun sudah memberikan nama "188D".

Baca juga: Ludes dalam 1 Jam, Toyota Kijang Innova Limited Edition Edisi 50 Tahun Tak Akan Ditawarkan Lagi

Toyota Diesel Hybrid Diluncurkan Kuatral Kedua Tahun Depan

Toyota Fortuner Hybrid dan Toyota Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan, Pakai Mesin Diesel GD dan Produksinya di Indonesia! 03

Selain Fortuner, Innova juga akan datang dengan model hybrid

Informasi berikutnya yang muncul dari sumber internal Toyota adalah, jika proses pengembangan mesin GD Hybrid ini sudah cukup masif. Sehingga jadwal peluncurannya diperkirakan bakal terjadi di kuartal kedua tahun 2022.

Selain dari sisi mesin, perubahan pada Toyota Fortuner diesel hybrid dan Toyota innova diesel hybrid juga mengalami rombakan hampir disemua lini. Utamanya akan digunakan teknologi Toyota Safety Sense.

Toyota Fortuner dan Innova Hybrid Bakal Diproduksi di Indonesia?

Toyota Fortuner Hybrid dan Toyota Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan, Pakai Mesin Diesel GD dan Produksinya di Indonesia! 04

Besar kemungkinan mesin diesel GD Hybrid ini diproduksi TMMIN

Kabar selanjutnya terkait kemunculan Toyota Fortuner dan Innova bermesin diesel hybrid ini adalah kedua mobil tersebut bakal diproduksi di Indonesia. Pihak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) beberapa waktu lalu memang telah memberikan sinyalemen akan hal ini.

Baca juga: Siap-siap Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner Juga Bakal Dapat Diskon PPnBM

Menurut Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, pihaknya berniat untuk memproduksi mobil hybrid dalam waktu dekat. Namun Bob menuturkan model hybrid ini menggunakan model yang sudah ada yang kemudian dibuat hybrid. "Alternatifnya membuat model yang sama sekali baru atau kita meng-hybrid-kan model yang sudah ada," ucapnya.

Bob juga menjelaskan, tahap awal untuk model hybrid yang akan diproduksi TMMIN adalah menggunakan model yang sudah ada sebelumnya. "Teman-teman media pasti sudah baca lah modelnya apa," pungkas Bob.

 

Komentar