window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota GR Supra 2022 Siap Dipasang Transmisi Manual, Bakal Meluncur Juga di Indonesia?

Ilham · 20 Apr, 2022 14:11

Toyota GR Supra 2022 Siap Dipasang Transmisi Manual, Bakal Meluncur Juga di Indonesia? 01

  • Toyota GR Supra selama ini hanya punya transmisi otomatis.
  • Toyota UK (Inggris) turut menyebar bocoran versi manualnya.
  • Indikasi GR Supra manual hadir juga dengan setir kanan.

Transmisi manual saat ini terbilang langka untuk mobil-mobil modern. Beragam penggantinya bermunculan, mulai dari otomatik konvensional, CVT hingga tipe sequential. Semuanya tak dilengkapi tiga pedal di kaki!

Padahal, transmisi manual dengan pedal kopling khasnya masih mendapat tempat tersendiri. Terutama di hati pada penggemar mobil kencang. Termasuk produk keluaran tuner resmi Toyota Gazoo Racing (GR).

Hal ini membuat model seperti Toyota GR Yaris dilengkapi dengan transmisi manual. Selain untuk kebutuhan penggemarnya, juga demi homologasi kejuaraan WRC.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota GR Supra 2022 Siap Dipasang Transmisi Manual, Bakal Meluncur Juga di Indonesia? 01

Toyota Supra saat ini hanya tersedia varian transmisi matic

Namun lain halnya dengan GR Supra yang hanya dibekali transmisi otomatik 8-speed. Dianggap kurang punya roh racing bagi penggemarnya yang bahkan kerap menyuarakan melalui hastag #savethemanual di media sosial.

Meski begitu, Toyota dikabarkan tengah menyiapkan versi transmisi manual dari GR Supra tak lama lagi. Dan ditengarai bakal masuk ke Indonesia juga. Kenapa?

Baca Juga: Subaru Forester 2022 Siap Tantang Honda CR-V Bulan Depan, Harganya Kompetitif!

Bocoran Toyota GR Supra Manual dari Amerika

Teaser dari Toyota GR Supra manual ini hadir justru dari pihak pabrikan tersebut. Melalui akun Twitter resminya, tampak foto tiga pedal di-Tweet oleh Toyota USA dengan tagar #Supra dan #Manual, yang diikuti oleh rilis resmi oleh Toyota UK dan Toyota EU di Eropa.

Postingan dari Toyota UK (Inggris) menjadi angin segar bagi penggemar GR Supra di Indonesia yang menanti kehadiran versi manualnya. Ini karena Inggris menerapkan setir kanan, seperti di Indonesia.

Toyota GR Supra 2022 Siap Dipasang Transmisi Manual, Bakal Meluncur Juga di Indonesia? 02

Foto di Twitter Toyota ini jadi sinyal hadirnya GR Supra manual

Sehingga kemungkinan besar pasar yang dituju Toyota GR Supra manual adalah segmen global. Tidak spesifik menyasar segmen setir kiri seperti Amerika dan Eropa saja.

Menariknya lagi GR Supra versi transmisi manual akan menampilkan emblem Supra berkelir merah di pintu bagasi belakangnya. Emblem tersebut akan jadi ciri pembeda dengan versi otomatik yang berlapis krom.

"Dikembangkan untuk memenuhi tuntutan mengemudi murni, transmisi manual Toyota GR Supra telah direkayasa untuk menawarkan sesuatu yang lebih dekat dengan DNA balap Gazoo dan akan meningkatkan pengalaman berkendara," jelas Toyota dalam keterangan resminya.

Eksistensi Toyota GR Supra Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Toyota GR Supra diboyong oleh beberapa importir umum, serta pabrikan resminya yaitu PT Toyota Astra Motor (TAM). Peluncuran Toyota GR Supra dilakukan melalui ajang GIIAS 2019 lalu.

Toyota GR Supra 2022 Siap Dipasang Transmisi Manual, Bakal Meluncur Juga di Indonesia? 03

Spekulasinya akan meluncur di akhir April 2022

Dipantau dari website resmi Toyota Astra, mobil sport tersebut dibanderol dengan harga Rp 2,051 miliar. Spesifikasi mesinnya 3.000 cc 6-silinder segaris twin turbo. Tenaga maksimumnya mencapai 387 PS di 5.800-6.500 rpm. Serta torsi 500 Nm di 1.800-5.000 rpm.

Versi Manual Dirilis Akhir April 2022?

Meski belum mengumumkan jadwal resminya, namun sederet kabar mengisyaratkan peluncuran Toyota GR Supra manual akan hadir pada akhir April. Tapi belum jelas waktu masuk ke Indonesia terkait produksi versi setir kanannya.

Menariknya, BMW belum mengisyaratkan apakah mereka akan menawarkan transmisi manual juga pada varian Z4, yang merupakan saudara satu platform dari GR Supra.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Supra 3.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil